145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman Tahun 2024


Juned | 20 April 2024

Kominfo Kota Pariaman --- 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pariaman Tahun 2024. Sebanyak 145 siswa tersebut berasal dari seluruh SMA/SMK/MA yang ada di Kota Pariaman.

“Kalian adalah generasi muda calon penerus pembangunan bangsa, terutama kepada Calon Paskibraka Kota Pariaman, kami berharap jadilah pemuda yang berkomitmen menjaga keutuhan bangsa dan negara, yang dapat diandalkan menjadi generasi yang kuat dan mumpuni,” ujar Pj Wali Kota Pariaman, Roberia Ketika membuka acara Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman 2024, di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (20/4/2024).

Roberia mengatakan bahwa siswa hendaknya memahami esensi dari Pancasila yang menjadi pondasi sebagai perjanjian luhur bangsa, karena nilai dalam sila Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia, yang kesemuanya mengarah kepada persatuan dan kebersamaan.

“Inti sari dari Pancasila adalah kita selalu bergotong royong, yang mana kita tidak bisa hidup sendiri atau individualistis, dalam bergotong royong, leluhur kita, para pendahulu dan pendiri bangsa kita, tidak mengenal hari kerja, tetapi hari kalender, disaat negara butuh kita, maka seorang pemimpin akan menugaskan bawahanya untuk bekerja secara bersama-sama,” tukas Roberia yang pernah menjabat sebagai Plt Kepala Biro Hukum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Dirinya juga mengapresiasi para siswa calon Paskibraka ini yang duduk dengan tegap dan rapi serta mempunyai semangat yang tinggi, sehingga Ketika dirinya baru memasuki ruangan, atmosfer semangat muda yang adek-adek miliki, menular kepada semua yang hadir, dan ini sangat baik untuk ditiru, ulasnya.

“Saya juga berpesan, agar adik-adik yang mengikuti seleksi, agar kalian dapat jujur dengan diri kalian sendiri, jangan sampai seleksi yang akan dilaksanakan selama 8 hari kedepan dengan berbagai ujian, terkhusus ujian fisik, kalian harus jujur dengan diri kalian, jangan sampai terjadi kasus seperti salah satu daerah, karena dipaksakan, akhirnya dirinya drop dan meninggal, dan saya tidak mengininkan hal ini terjadi di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Direktur di Kementerian Hukum dan HAM RI ini juga berharap kepada siswa yang lolos nantinya menjadi Paskibraka Kota Pariaman, yang terbaiklah yang akan terpilih, sehingga tugas penting nanti pada tanggal 17 Agustus yang ada di pundak kalian, dapat diaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena inti suksesnya HUT Kemerdekaan RI, berada pada Paskibraka, ucapnya mengakhiri.

Sementara itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, Ferry Ferdian Bagindo Putra mengatakan, kegiatan yang kita laksanakan hari ini, sebagai upaya membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan berkarakter Pancasila, sekaligus untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang memiliki kemampuan dan kecakapan untuk melaksanakan tugas Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT-RI ke 79 tahun 2024 di Kota Pariaman.

“Selain itu, seleksi ini juga bertujuan untuk menyaring dan memilih calon anggota Paskibraka dari Kota Pariaman yang akan mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan kalua bisa dan harapan kita Bersama ada wakil dari siswa Kota Pariaman, yang mengikuti seleksi di Paskibraka tingkat Nasional,” tuturnya.

Peserta yang mengikuti seleksi Paskibraka Kota Pariaman 2024, yaitu sebanyak 145 orang, dengan rincian Putra 66 orang dan Putri 79 orang, yang berasal dari pelajar Kelas X SMA sederajat di Kota Pariaman, yang telah mendaftar  dan telah lulus seleksi administrasi melalui system pendaftaran online yang telah ditetapkan oleh BPIP, dan nanti akan mengikuti seleksi selama 8 hari kedepan, dengan berbagaii ujian yang sudah ditetapkan.

“Adapun untuk kuota anggota Paskibraka yang dibutuhkan untuk bertugas di tingkat Kota Pariaman, sebanyak 36 orang, dengan rincian Putra 20 orang dan Putri 16 orang. Kemudian, melalui hasil seleksi ini, kami juga akan mengirimkan 2 putra dan 2 putri sebagai peserta dari Kota Pariaman untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tutupnya.

Pembukaan seleksi calon Paskibraka Kota Pariaman Tahun 2024 ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, drh. Erinaldi, MM beserta jajaranya, perwakilan Forkopimda yang hadir, serta Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se Kota Pariaman. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kota Pariaman Raih Prestasi Kinerja Terbaik II Penyelenggaraan...
    2 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Sekda Yota Balad Pimpin Upacara Hardiknas
    2 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj. Wali Kota Pariaman
    29 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>