Genius Umar paparkan kesiapan Kota Pariaman tuan rumah Hari Nusantara 2019 di Kompas TV


Walikota Pariaman, Genius Umar ketika menyampaikan kesiapan Kota Pariaman menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019 di Kompas TV, Kamis (29/11/2019).

J | 3 Desember 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Ditunjuknya Kota Pariaman sebagai tuan rumah Hari Nusantara 2019, membuat Kota kecil yang terletak di pesisir, Provinsi Sumatera Barat ini menjadi sibuk. Hari ini, Kamis (28/11/2019), Walikota Pariaman, Genius Umar tampil di acara Zona Inspirasi Kompas TV, yang tayang secara live pada pukul 14.00-14.30 WIB dengan topik peringatan Hari Nusantara Nasional 2019, yang kegiatannya dipusatkan di Kota Pariaman.

Diawal wawancara yang dipandu Melisa Gandasari yang menjadi host pada acara itu,  Genius Umar menceritakan tentang sejarah Hari Nusantara yang merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua.

"Melalui deklarasi tersebut, yang terbit pada tanggal 13 Desember, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat", ujarnya

Melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional, yang merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia.

Melisa Gandasari juga banyak bertanya kepada Genius mengenai persiapan-persiapan acara nasional yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Jokowi, bertepatan dengan puncaknya peringatannya pada tanggal 13 Desember 2019 mendatang, di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman.

Genius menjelaskan kenapa sampai Kota Pariaman bisa menjadi pusat kegiatan acara Hari Nusantara Nasional, karena sejarah panjang Kota Pariaman sebagai pelabuhan laut dari zaman Portugis datang ke Indonesia, dan sekarang pun laut menjadi andalan bagi wisata Kota Pariaman.

“Awalnya kami usulkan kepada Kemenko Maritim agar Kota Pariaman bisa menjadi pusat peringatan Hari Nusantara Nasional untuk tahun 2019, dan setelah hasil survey tim dari Kemenko Maritim selama di Kota Pariaman, alhamdulillah penetapan Hari Nusantara 2019 disetujui di Kota Pariaman. Dimana dulunya ketua Hari Nusantara ini selalu dari TNI, sekarang ketuanya adalah Menteri PUPR, Pak Basuki Hadimuljono,” ujar Genius.

Dalam rangkaian acaranya nanti, yang digelar dari tanggal 7 - 14 Desember, Wako Pariaman menjelaskan bahwa, kegiatan Hari Nusantara dimulai dari tanggal 7, yang diawali dengan acara Mancing Mania di perairan laut depan Kota Pariaman yang dikoordinir Lantamal II Teluk Bayur Padang.

"Kemudian, esoknya tanggal 8, adalah acara Marathon 10K dan 5K, dimana pesertanya sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 500 orang, mudah-mudahan menjelang hari H acara, akan terus bertambah,” tuturnya.

Rangkaian Hari Nusantara juga akan diisi dengan bakti lingkungan berupa penanaman mangrove dan pemungutan sampah di sepanjang pantai. “Pada puncak acara nya nanti, Pak Presiden RI Joko Widodo bersama dengan anak-anak, nantinya akan melepaskan sebanyak 5000 tukik (anak penyu) ke laut lepas,” ujar Genius.

Genius Umar yang didampingi Kepala Dinas Kominfo, Hendri, dan Kepala DPMPTSP & Naker, Alfian, mengucapkan syukur atas ditunjuknya Kota Pariaman sebagai pusat peringatan Hari Nusantara Nasional. Banyak berkah yang akan didapat, di samping Kota Pariaman akan diketahui banyak orang se-Indonesia, baik dari kunjungan dan tingkat pemberitaannya, juga nanti akan banyak pihak kementerian dan lembaga terkait, akan berhubungan dengan Pemko Pariaman.

“Kota Pariaman siap menjadi pusat perhatian nasional,  mudah-mudahan momentum Hari Nusantara ini, akan menarik wisatawan dan investor untuk datang. Selain itu, Kota Pariaman mendapat  1000 paket Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang akan dibedah oleh Kementerian PUPR di Tahun 2019 ini,” tutupnya. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Parade Marching Band IPDN Kampus Bukittinggi Sumbar Disambut...
    10 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Pemerintah Kota Pariaman Jalin Kerjasama Dengan Tokopedia
    10 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Nusantara Expo 2019 Meriah Jelang Hari Nusantara...
    10 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • 56 Stand se-Indonesia Meriahkan Pariaman Nusantara Expo 2019
    10 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Wako Pariaman menjadi Narasumber Diskusi Leterasi Di Fakultas...
    10 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Kodim 0308 Pariaman Gelar Kegiatan Apel Danramil dan...
    9 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Khitanan Massal Isi Kegiatan Hari Nusantara 2019
    9 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Lomba Mancing Mania resmi ditutup, Walikota Pariaman, Genius...
    9 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Wirabraja Run 10 dan 5 K Sukses,...
    8 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Wirabraja Run 2019 Diikuti Oleh 3.200 Peserta
    8 Desember 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Penetapan Tiga (3) Besar Nominasi Jabatan Tinggi Pratama...
    5 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • FUN TRIATHLON / EXECUTIVE RELAY
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • DUATHLON PELAJAR
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN...
    14 November 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Food Truck Festival 2019
    18 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JPT PRATAMA DILINGKUNGAN...
    23 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Kedua Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan...
    22 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Paratama...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
    26 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumumam Tenaga Kontrak pada Dishub
    11 September 2019
    Selengkapnya >>