H-4 Jelang Hoyak Tabuik Piaman 2019, Tabuik Piaman Siap 75 %


Seorang pekerja sedang membuat tabuik

dewi | 11 September 2019

Kominfo Kota Pariaman---Menjelang hari puncak pelaksanaan Hoyak Tabuik Piaman 2019 minggu 15 September 2019, proses pembuatan tabuik piaman sudah 75 % siap. Hal tersebut dikatakan oleh masing – masing pembuat tabuik.

Ade Ratman pembuat tabuik subarang menjelaskan hingga saat ini kondisi tabuik subarang sudah  siap 75 %. Intinya mereka membuat dua bagian, yakni bagian atas menyimbolkan beranda berbentuk menara yang dihias sedemikian rupa termasuk bunga salapan dan bagian bawah yang berbentuk buraq.

“ Kami yang saat ini ada 8 orang tenaga kerja membuat tabuik subarang dengan semaksimal mungkin untuk hasil yang memuaskan masyarakat. Dengan tidak mematokan jam berapa mulai dan jam berapa siap bekerja, kami tetap bersemangat utnuk hal ini, “ ungkap ade saat dijumpai Tim Media Center Kota Pariaman di Rumah Tabuik Subarang Rabu (11/9).

Sudah 2 tahun ini bapak satu anak ini diberi kepercayaan untuk membuat tabuik dalam rangka pesta budaya tabuik di Kota Pariaman. Bahan utama membuat Tabuik ada tiga yakni bambu dan kayu sebagai pasak atau tiang, serta rotan untuk pengikat.

“ Bambunya bambu betung yang besar dan lurus dibeli dadaerah sicincin sedangkan kayunya Kayu Mitangu sejenis pohon bakau yang dibeli dari daerah Pasaman dan rotan dibeli di Pasar Usang Kabupaten Padang Pariaman, “ terangnya.

Untuk Tahun 2019 tinggi masing – masing tabuik berbeda dengan tahun sebelumnya yang tingginya sekitar 13 sampai 14 meter, tahun ini tinggi kedua tabuik sekitar 11 meter dengan biaya pembuatan tabuik Rp 35 jt sama dengan tahun sebelumnya.

“ Biaya tersebut sudah termasuk biaya oprasional per harinya. Paling mahal untuk membeli bahan utama seperti kayu, bambu, dan rotan serta biaya lainnya untuk hiasan tabuik tersebut. Sebenarnya untuk membuat sebuah tabuik bisa dikatakan susah – susah gampang, namun tingkat kesulitan terdapat pada pembuatan buraq karena harus betul – betul meneliti agar imbang kiri dan kanan, “ imbuh ade yang berusia 37 th ini.

Ade yang tinggal di Kelurahan Taratak ini mempekerjakan 8 orang warga taratak untuk pembuatan tabuik subarang dan untuk menghias bungo salapan dan puncak bungo, pria yang kesehariannya bisnis pulsa ini menambah 2 orang anggotanya lagi. Untuk pembuatan tabuik, Ade tidak hanya membuat di Kota Pariaman saja tapi ada juga di Kerinci, Sungai Penuh dan Bukittinggi.

“ Untuk pembayaran upah, saya tidak mematokka berapa namun setelah semua biaya pembuatan tabuik dikeluarkan sisanya baru dibagi dan dibagi sesuai dengan bagian pekerjaannya. Alhamdulillah selain ahli membuat tabuik besar, ade juga punya bisnis lain yakni pembuatan souvenir  tabuik dan sampai saat ini sudah banyak orderan mulai dari luar kota sampai luar provinsi bahkan sauvenir yang dibuat ade ini telah dibawa ke Kenya Afrika, “ tambahnya.

Tidak banyak berbeda, pembuat tabuik pasa Samsurizal saat dijumpai di Rumah Tabuik Pasa oleh Tim Media Center mengatakan bahwa sampai saat ini dengan tenaga kerja 6 orang, tabuik pasa juga siap 75 %.

“ Saya bisa katakan kalau Jum’at besok tabuik pasa 95 % siap dengan pekerja yang tidak ada campur tangan orang lain kecuali bagian ukiran. Jadi untuk tenaga utama saya dibantu oleh adik, anak dan keponakan dalam proses pembuatan tabuik, sementara untuk ukiran saya sengaja menyerahkan kepada yang ahlinya agar terlihat indah Surya DM, “ ungkapnya.

Untuk ciri khas sendiri, tidak ada sama sekali hanya saja berbeda warna dan hiasan dari tabuik subarang. Tabuik pasa sejak tahun 2006 dipercayakan pembuatannya sampai saat ini untuk warna buraq tetap di pilih beludru hitam.

“ Membuat tabuik pasa sejak 2006 hingga saat ini tetap dengan ketinggian 12.5 meter namun tahun ini hanya 11 meter saja dengan waktu bekerja sampai jam 23 Wib, “ tambah pak Buyung sapaan akrabnya.

Bapak yang tinggal di Kelurahan Pasir ini menyebutkan juga bahwa membuat tabuik ini tidak hanya di Kota Pariaman saja tapi juga ada orderan dari luar seperti Palembang, Batam, Sawahlunto, Dhamasraya dan Dumai. Sementara untuk pembayaran upah sama dengan sistem yang dipakai Ade.

“ Membahas masalah tinggi tabuik untuk Tahun 2019 ini dengan tinggi 11 meter merupakan hasil rapat semua pihak, karena mengingat jalur tabuik yang cukup jauh hingga sampai ke laut dan mengingat berat tabuik, takutnya dengan tinggi yang melebihi 11 meter, tabuik akan rusak dijalan karena banyak halangan seperti kabel listrik, berat tabuik, “ terang bapak 3 anak ini.

“ Seperti diketahui bahwa Puncak Hoyak Tabuik Piaman 2019 ada dua opsi jalur yang dipersiapkan, yakni dari simpang Amadin ke pantai yaitu pertama jalan Tugu Perjuangan lalu dilanjutkan ke gerbang Pantai Gandoriah sedangkan jalur yang kedua yaitu jalan Tugu Perjuangan dilanjutkan ke depan Hotel Nan Tongga, “ tutupnya.(dewi lestari)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kota Pariaman Akan Gelar Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Untuk menurunkan angka HIV AIDS, Pemko Pariaman Gelar...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Sampaikan Program Andalan Ke Kantor Staf...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Udara mulai tidak sehat, Pemko Pariaman bagikan 14...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan SDM Pokdarwis, 60 Orang Peserta Studi Banding...
    18 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sampai di Kota Pariaman, Genius Sambut Piala dan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • 12 Orang Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintahan Kota...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sosialisasikan anak-anak untuk gemar makan ikan, Ketua Forikan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • 935 Pelajar SMAN 2 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi...
    16 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Kampanye Anti Narkoba, Walikota Pariaman Pimpin Upacara Bendera...
    16 September 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumumam Tenaga Kontrak pada Dishub
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Lowongan Kerja
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah...
    13 Juni 2019
    Selengkapnya >>