Kemenkomaritim Resmikan Desa Maritim Kota Pariaman


Sejumlah pejabat Kemenkomaritim, Wako dan wawako Pariaman serta Forkopimda Kota Pariaman meresmikan secara simbolis Desa Maritim Kota Pariaman

Tachi | 8 September 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Desa Maritim adalah salah misi dari Pemerintahan Joko Widodo dan Yusuf Kalla yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan Nasional.

Untuk itu Kementerian Koordinator Maritim, Minggu (8/9) mengadakan peresmian Desa Maritim Kota Pariaman di Pantai Gandoriah. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL), Mayjen TNI Marinir Bambang Suswono, yang juga didampingi oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, dan rombongan lainnya menabuh dendang sebagai simbolis peresmian delapan desa maritim di Kota Pariaman.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa konsep Desa Maritim ini adalah hasil diskusi dari Pemerintah Daerah, Kemenko Maritim dan juga Kemendes, yang isinya bagaimana caranya mereka melakukan intervensi yang integriti atau irtervensi yang terpadu kepada desa-desa maritim yang ada di Indonesia ini.

“Dalam kesempatan ini saya langsung mengacungkan diri bahwa saya mau Kota Pariaman dilaunching untuk yang pertama kalinya, jadi dimana nanti kurang tambahnya kita akan tambah belakangan yang penting kita jalani dulu, sesuai dengan ide yang diberikan oleh Staff Ahli Menko Bidang SDM, Laksda Purn Agus Purwoto kepada saya”, ujarnya.

“Desa Maritim sebenarnya adalah sebuah konsep desa-desa kepulauan, tetapi dikarenakan tidak ada inisiatifnya dari desa-desa tersebut maka Kota Pariaman yang mengambil inisiatif duluan memulainya”, tuturnya.

“Biasa nya di Desa Maritim ini diidentikan dengan ekonomi masyarakat yang tidak mampu , pendidikan yang kurang tinggi infrastruktur yang belum baik dan segala macamnya oleh karena itu diperlukan intervensi pemerintah yang lebih, keterpaduan yang lebih, dan nanti dibawah kepemimpinan Kemenko Maritim bisa mengundang Kemendes, Kementrian Koperindag semuanya nya secara terpadu dan bersama-bersama untuk bisa menjalankan programnya di desa maritim tersebut”, jelas Genius Umar.

Untuk Desa Maritim sendiri di Kota Pariaman ada delapan desa yang ditunjuk sebagai percontohan Desa Maritim, diantaranya adalah Desa Maritim, Desa Pasir Sunur, Desa Marunggi , Desa Taluak, Desa Padang Biriak-Biriak, Naras I ,Naras Hilia, Desa Ampalu dan Desa Apar.

Beliau berharap dengan diresmikannya desa maritim tahun 2019 ini mari sama-sama kita gali potensi nelayan kita yang ada di desa tersebut dengan segala keterbatasan yang mereka punya, sehingga  desa-desa maritim kita bisa maju dan tujuan kita untuk mensejahterakan nelayan pun tercapai.

Sementara itu Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL), Mayjen TNI Marinir Bambang Suswono menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah mencanangkan Desa Maritim di Kota Pariaman ini dan juga sebagai pelopor desa maritim, dan ini merupakan terobosan yang luar biasa karena ini sesuai dengan paradigma Presiden Republik Indonesia yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Acara Peresmian ini juga dihadiri oleh Staff Khusus Menko Peneliti Botani Ary Priharyadi, Deputi I Kemenko Maritim Dedi Miharja, Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago, Staff Khusus Menteri Desa Febi Datuk, Staff Ahli Kepala Staff Angkatan Laut Laksmana Madya Hery, Danlatamal II Laksmana Madya Dafit Santoso, Staff Khusus Walikota Padang Bidang Hukum dan Politik Aswin, Kepala OPD dan Bagian yang ada di Lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Ketua PKK dan Ketua GOW.(Desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kota Pariaman Akan Gelar Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Untuk menurunkan angka HIV AIDS, Pemko Pariaman Gelar...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Sampaikan Program Andalan Ke Kantor Staf...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Udara mulai tidak sehat, Pemko Pariaman bagikan 14...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan SDM Pokdarwis, 60 Orang Peserta Studi Banding...
    18 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sampai di Kota Pariaman, Genius Sambut Piala dan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • 12 Orang Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintahan Kota...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sosialisasikan anak-anak untuk gemar makan ikan, Ketua Forikan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
  • 935 Pelajar SMAN 2 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi...
    16 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Kampanye Anti Narkoba, Walikota Pariaman Pimpin Upacara Bendera...
    16 September 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumumam Tenaga Kontrak pada Dishub
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Lowongan Kerja
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah...
    13 Juni 2019
    Selengkapnya >>