Sosialisasikan anak-anak untuk gemar makan ikan, Ketua Forikan Kota Pariaman kunjungi TK di Kota Pariaman


Ketua Forikan Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius bersama dengan Kepala DP3 dan Kadis Kesehatan beserta jajaranya masing-masing ketika memberikan sosialisasi Gemarikan kepada anak-anak TK ABA Desa Apar, Selasa (17/9/2019)

Juned | 17 September 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Ikan banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh, dan meningkatkan kecerdasan anak. Untuk mensosialisasikan anak-anak agar gemar makan ikan, Ketua Forum Peningkatan Konsumen Ikan Nasional (Forikan) Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius kunjungi beberapa Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kota Pariaman, Selasa (17/9/2019).

Ada 2 TK yang dikunjungi beliau, yaitu TK Aisyiah Bustanul Adhfal (ABA) Desa Apar dan TK Harapan Bangsa Desa Sikapak Barat, dan didampingi Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) dan jajaran serta Dinas Kesehatan Kota Pariaman beserta jajarnya.

Ny. Lucy Genius mengatakan bahwa ikan tidak hanya kaya akan protein saja, tetapi juga sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak, apalagi anak-anak yang baru menginjak usia TK.

“Guna mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), kita juga menyasar mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Hal ini kita lakukan karena daerah kita pesisir pantai, tetapi tingkat konsumsi makan ikan kita masih sangat rendah dibandingkan daerah lainya”, ucapnya.

Lebih lanjut istri Walikota Pariaman ini juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat harus dimulai sejak dini, itulah kenapa perlu dilakukan sosialisasi kepada anak-anak PAUD/TK. Anak-anak adalah aset yang sangat berharga, kualitas mereka akan menjadi penentu masa depan daerah bahkan bangsa ini.

“Untuk itu, kita perlu menjaga anak-anak ini dengan baik, salah satunya lewat asupan gizinya, dengan mendidik mereka agar gemar makan ikan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak, maka kita dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan tangguh di masa yang akan datang”, jelasnya.

Banyak orangtua saat ini menyediakan makanan yang instan dan cepat saji saja, padahal kualitas asupan gizi dan kesehatan makanan tidak diperhatikan. “Kadang juga orangtua hanya masak telor saja, yang gampang membuatnya dan tidak ada durinya, padahal ikan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan beragam, seperti dibikin bakso ikan, sop ikan, mpek-mpek, tekwan, dan olahan makanan lainya”, tutupnya.

Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan disamping menunjang kesehatan dan kecerdasan, Gemarikan juga akan mampu membawa dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Karena, jika makin banyak orang yang gemar makan ikan, tentu kebutuhan akan ikan juga ikut meningkat.

“Dengan tingginya permintaan akan ikan, tentu akan berimbas kepada nelayan dan para petani ikan di Kota Pariaman, sehingga mereka semakin bersemangat dalam menjalankan usahanya dan meningkatkan produksinya”, ucapnya.

Tidak hanya itu, sambung Dasril, melalui program Gemarikan ini, pemerintah juga ingin mendorong bertumbuhnya usaha-usaha kecil yang memproduksi dan mengolah berbagai makanan berbahan dasar ikan, yang dapat menjadi mata pencarian baru bagi masyarakat, ulasnya. Pihaknya juga membagikan makanan olahan ikan, berupa Tekwan kepada anak-anak dari 2 TK ini.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kota Pariaman ini juga membagikan masker kepada anak-anak TK dan orangtua murid yang datang, berhubung dengan tingkat kualitas udara di Kota Pariaman yang terpapar kabut asap yang datang dari Provinsi tetangga, akibat kebakaran hutan yang kian meluas. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>