Kominfo Kota Pariaman — Kepada semua pihak, mulai dari pemerintah, legeslatif, pelaku usaha dan masyarakat umum, baik selaku produsen mupun konsumen, hendaknya memahami hak dan kewajibannya, sehingga akan tercipta nantinya kondisi ekonomi yang baik, dan nantinya akan tercipta Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri, sesuai dengan tema dalam peringatan Hari Konsumen Nasional tahun 2017, yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman dalam sambutanya pada acara jalan santai berhadiah dan Grand Final Pemilihan Duta Konsumen Cerdas (Koncer) Kota Pariaman tahun 2017, dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional yang dilaksanakan di Pantai Gandoriah Pariaman, Minggu (16/4).

Kegiatan ini juga diikuti Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin beserta istri, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Zalman Zaunit, Sekdako Pariaman Indra Sakti beserta istri, Forkopimda, Ketua Kadin Kota Pariaman Jomohor, Asisten, Staf Ahli, Kepala SOPD, Kabag, Camat, para panitia dari Dinas Perindagkop dan UKM serta masyarakat Kota Pariaman yang meramaikan dan mengikuti jalan santai ini

“Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, dapat memotivasi kita dalam mewujudkan Konsumen Cerdas dan pelaku usaha yang semakin beretika dalam usahanya, seperti para pedagang yang mengambil hak para pengunjung yang akan bersantai dengan tidak memberikan ruang dan tempat bagi mereka untuk menikmati suasana pantai yang ada di kawasan pantai gandoriah ini,” ungkap Mukhlis.

Sebagai Konsumen, kita harus paham dan mengetahui produk yang akan kita beli, baik dari segi kualitas, kadaluarsa produk, dan beli sesuai kebutuhan bukan keinginan, dan yang utama, cintai produk dalam negeri umumnya dan produk-produk Kota Pariaman khususnya, jelasnya.

“Dalam perlindungan Konsumen, pemko pariaman juga telah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), yang mana lembaga ini yang akan menjembatani penyelesaian kasus-kasus antara konsumen dan pelaku usaha, yang mengedepankan penyelesaian dengan prinsip win-win solution,” pungkasnya.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Gusniyeti Zaunit mengatakan, bahwa Hari Konsumen Nasional adalah hari yang ditujukan untuk mengingat tertibnya Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999, tentang Perlindungan Konsumen, yang kemudian diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 13 tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, yang diperingati setiap tanggal 20 April setiap tahunnya, ulasnya.

“Kami juga menggelar berbagai kegiatan seperti Jalan santai berhadiah dan pemilihan duta konsumen cerdas kota pariaman yang mana acara grand finalnya kita laksanakan bersamaan dengan jalan santai berhadiah ini,” tuturnya.

Dalam pemilihan Duta Konsumen Cerdas Kota Pariaman tahun 2017 ini, terpilih sebagai Juara I Amelia Ananda Putri, mahasiswi Akper Pemda Padang Pariaman, untuk Putri dan Ahmad Iqbal, siswa SMAN 2 Pariaman untuk Putra. Untuk posisi Runner Up Putri diraih oleh Nur Afriani, mahasiswi STIE Pariaman dan Putra diraih oleh Yoland Ardiyan Putra, yang juga siswa SMAN 2 Pariaman.

.