Luas dan Batas Wilayah Administrasi

Berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kota Pariaman sebagai salah satu Kota yang berada dalam wilayah Propinsi Sumatera Barat mempunyai luas wilayah sebesar 73,36 Km2 dan luas lautan 282,56 km2, dengan panjang garis pantai 12,00 Km2 yang mencakup 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Tengah dan  Kecamatan Pariaman Selatan. Dan kemudian berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pariaman No. 10 Tahun 2009, kecamatan di Kota Pariaman telah bertambah menjadi 4 (empat) kecamatan yakni: Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Tengah, Kecamatan Pariaman Selatan dan Kecamatan Pariaman Timur.

Kota Pariaman secara administratif berbatasan langsung dengan daerah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara : Kecamatan V Koto Kp. Dalam dan V Koto Timur (Kab. Padang Pariaman)
  • Sebelah Selatan : Kecamatan Nan Sabaris (Kab. Pd. Pariaman)
  • SebelahTimur   : Kecamatan VII Koto Sungai Sarik (Kab. Pd. Pariaman)
  • Sebelah Barat    : Samudera Hindia

 

Letak dan Kondisi Geografis

Kota Pariaman secara geografis terletak pada 0° 33’00” – 0°40’43‘’ Lintang Selatan dan  100°10‘ 33’’ – 100° 10’55” Bujur Timur. Kota Pariaman terbentang pada jalur strategis lintas Sumatera Bagian Barat yang menghubungkan Propinsi Sumatera Utara dan Propinsi Sumatera Barat, berjarak kira-kira 56 kilometer dari Padang, atau kira-kira 45 jam perjalanan dengan bis dari Bandara Internasional Minangkabau. Letak geografis Kota Pariaman di daerah perlintasan antara beberapa kota di Sumatera Barat khususnya dan regional umumnya merupakan faktor strategis bagi kota ini. Jalan raya Padang-Lubuk basung dan Pasaman Barat merupakan jalan negara yang penting bagi pemerintah, karena itu kondisinya selalu terjaga dengan baik. Kondisi ini menguntungkan bagi kota Pariaman. Disampingdilalui oleh lalu-lintas barang, Kota Pariaman juga memiliki kawasan pesisir yang terbentang dengan potensi perikanan dan pariwisata yang tinggi. Dengan berkembangnya kegiatan perdagangan dan pariwisata, maka posisi Kota Pariaman sebagai pusat perdagangan hasil pertanian dan pariwisata pantai akan menjadi semakin penting.

Klimatografi

Kota Pariaman merupakan daerah yang beriklim tropis basah yang sangat dipengaruhi oleh angin barat dan memiliki bulan kering yang sangat pendek. Curah hujan rata-rata pertahun mencapai angka sekitar 336 mm  dengan lama hari hujan 199 hari. Suhu rata-rata 25,14°Celcius, dengan kelembaban udara rata-rata 86,57% dan kecepatan angin rata-rata 1,80 km/jam.

Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang berhawa cukup panas, hal ini disebabkan karena secara geomorfologi wilayah Kota Pariaman berada di daerah pesisir pantai dengan panjang garis pantai sekitar 12,00 Km dan ketinggian rata-rata 0-15 M dpl sehingga suhu rata-rata pada siang hari cukup panas dan kelembaban yang cukup tinggi.