Kominfo Kota Pariaman — Usai dilantik pada bulan Februari lau, kepengurusan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Pariaman peridoe 2016-2021 yang diketuai Humahyun Akbar, Wakil Ketua I Asman Yahya dan Wakil Ketua II Jamohor gelar rapat koordinasi dan silaturrahim dengan Kepala Desa/Lurah se-Kota Pariaman di Balairung Rumah Dinas Wako Pariaman, Rabu (5/4) pagi.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman secara langsung membuka rapat dan diskusi silaturrahmi ini, dan dihadiri dihadiri Kepala Dinas Sosial Afnil, Kabag. Kesos Adri, Camat se-Kota Pariaman dan perwakilan dari Diskoperindag Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Wako Mukhlis menuturkan untuk saat ini dari terbentuknya, BAZNAS Kota Pariaman baru melakukan pengumpulan zakat dari ASN Pemkot Pariaman, yang dipotong dari gaji PNS setiap bulannya sebesar 2,5% dikumpulkan melalui BAZ Kota Pariaman dimana realisasinya memberikan dampak yang positif untuk membantu pengembangan usaha masyarakat miskin dan beasiswa bagi yang tidak mampu.

“ Tak dapat dipungkiri, awal dibentuknya BAZNAS Kota Pariaman tahun 2009 terdapat banyak tantangan dari beberapa golongan tertentu, dan upaya penyalurannya selalu di awasi dengan terkoordinir dan memang harus tepat sasaran,” ucap Mukhlis.

Jadi, harap Mukhlis dengan digelarnya koordinasi ini, pada pimpinan dan pengurus BASNAS harus mampu berkoordinasi dengan Kades dan Lurah dalam meyakinkan masyarakat yang mampu untuk mengeluarkan zakat dengan kunci kejujuran dan tidak fiktif dalam pengelolaan dan penyaluran zakat.

Sementara itu, Humahyun Akbar Ketua BAZNAS Kota Pariaman menuturkan koordinasi ini bertujuan demi tercapainya  efektifitas dan elektabilitas kerja BAZNAS yang tepat sasaran berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat untuk lebih mempertegas fungsi BAZNAS sebagai amil zakat.[phaik]