18 Tahun Kota Pariaman, Genius Umar Sampaikan Percepatan Pembangunan Kota Pariaman


Walikota Pariaman, Genius Umar sampaikan percepatan pembangunan Kota Pariaman dihadapan Pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, instansi vertical, perbankan dan tokoh masyarakat yang hadir di Gedung Utama DPRD Kota Pariaman, Pada peringatan HUT Kota Pariaman ke 18, Kamis siang (2/7/2020).

Juned | 2 Juli 2020

Kominfo Kota Pariaman --- DPRD Kota Pariaman menggelar Rapat Paripurna Istimewa, dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun ke-18 Kota Pariaman sebagai Daerah Otonom. Dalam kesempatan ini Walikota Pariaman, Genius Umar sampaikan percepatan pembangunan Kota Pariaman dihadapan Pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, instansi vertical, perbankan dan tokoh masyarakat yang hadir di Gedung Utama DPRD Kota Pariaman, Kamis siang (2/7/2020).

"Peringatan HUT ke-18 Kota Pariaman tahun ini masih dalam kondisi bencana nasional Covid-19, dimana pada sidang ini kita menerapkan protokol kesehatan untuk itu. Oleh karena itu, tanpa mengurangi makna peringatan hari jadi ke-18 Kota Pariaman sebagai kota otonom, marilah kita terus berupaya dan berdoa semoga wabah pandemi ini segera berlalu dan kita dapat melakukan aktifitas normal kembali seperti biasanya," ujar Genius Umar.

Sejak dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman pada tanggal 9 Oktober 2018 yang lalu. Selama 1 tahun 9 bulan terakhir ini, telah banyak upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan visi, misi dan program kerja yang telah tertuang ke dalam RPJMD Kota Pariaman periode 2018-2023, yang telah diimplementasikan ke dalam program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakata, dimana beberapa program strategis tersebut adalah :

1. Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

Di samping melanjutkan Program Pendidikan Gratis 12 Tahun, kita juga melaksanakan Program satu Keluarga satu Sarjana atau disingkat (Saga Saja) dengan sasaran keluarga miskin di Kota Pariaman. Program ini telah di-launching pada tanggal 11 April 2019 yang lalu dengan ditandatanganinya memorandum of understanding (MOU) dengan beberapa perguruan tinggi, baik di dalam Provinsi Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat. Sampai tahun 2020 ini, Pemerintah Kota Pariaman telah melakukan pembiayaan untuk 120 orang mahasiswa pada berbagai Perguruan Tinggi yang telah melakukan MoU dengan kita.

2. Pembangunan Pasar Pariaman

Pasar Pariaman adalah pusat kegiatan ekonomi Kota Pariaman dan juga merupakan pasar bagi beberapa daerah sekitar Pariaman, terutama Kabupaten Padang Pariaman, karena pasar ini dahulunya adalah pasar bagi kecamatan-kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

Melihat kondisi pasar yang semakin tidak kondusif, kumuh dan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, kami mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan pasar Pariaman ini.  Usulan kami tersebut dijawab oleh Pemerintah Pusat, dimana pada bulan November dan Desember 2018 lalu, kondisi Pasar Pariaman telah dikunjungi oleh Wakil Menteri ESDM, Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, pada akhir tahun 2019 lalu, proses pembangunan Pasar Pariaman telah dimulai dengan Lelang Manajemen Kontruksi di Kementerian PUPR. Di bulan Mei 2019, dimulai survey awal dari Tim Kementerian PUPR dan pada akhir 2019, telah dimulai  proses pembangunan fisik Pasar Pariaman, dimana proges pembangunanya saat ini sudah mencapai 60 persen, dan kita harap nanti selesai di akhir tahun 2020, sehingga awal Tahun 2021 mendatang, Kota Pariaman sudah mempunyai Pasar rakyat yang modern dan megah," katanya.

3. Program Pariwisata.

Khusus bidang pariwisata, sejak akhir tahun 2018 lalu, Pemerintah Kota Pariaman telah mengembangkan kawasan pariwisata terpadu dengan konsep green tourism. Kawasan pariwisata terpadu ini mengintegrasikan berbagai spot-spot menarik di sepanjang bibir pantai. Disamping itu juga dikembangkan wisata bawah laut, seperti snorkeling dan diving.

"Pemerintah Kota Pariaman juga fokus mengembangkan konsep pembangunan waterfront city, dimana dilakukan penataan sungai dan talao yang ada, sehingga tercipta ruang terbuka hijau. Pengembangan konsep waterfront city juga telah kita mulai sejak dua tahun lalu. Hingga saat ini telah menelan dana lebih dari Rp. 15 milyar, yang berasal dari berbagai sumber, mulai dari APBD, APBN hingga CSR perusahaan BUMN (PLN dan BRI)," tuturnya menjelaskan.

Adapun lokasi yang sudah dikembangkan menjadi waterfront city yaitu Muara Pariaman dan Talao Pauh, lalu menyusul nantinya beberapa lokasi di sejumlah sungai yaitu Batang Aia Pampan, Batang Piaman, hingga Batang Mangau. Nantinya secara bertahap semua sungai, pantai, dan talao di Kota Pariaman memiliki konsep Kota Tepi Air, sehingga memiliki multiflier effect untuk menunjang pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah, ulasnya.

"Indikasi itu dapat kita lihat dari keberadaan Waterfront City Talao Pauh, yang dibangun pada 2019 dari dana pusat (Kementerian PUPR) sebesar Rp.8,3 milyar, sekarang telah menjelma menjadi objek wisata baru Kota Pariaman yang disukai milenial untuk ber-swafoto," ungkapnya.

Dengan visi utama menjadi daerah pariwisata, selama tahun 2019, Kota Pariaman telah menerima kunjungan wisatawan nusantara sebanyak lebih dari 3 (tiga) juta orang. Tahun 2020 ini dan ke depan, Kota Pariaman sebagai tujuan wisata utama di Sumatera Barat, kita harapkan semakin banyak wisatawan yang akan datang ke Kota Pariaman.

"Kami bersama jajaran birokrasi Pemerintah Kota Pariaman serta seluruh unsur masyarakat akan bekerja keras untuk memajukan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata yang handal, tangguh dan terdepan di Sumatera Barat," tukas Genius.

"Atas semua keberhasilan tersebut, kita tentunya pantas bersyukur kepada Allah SWT. Untuk itu, melalui kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran birokrasi, baik di tingkat kota, kecamatan hingga ke tingkat desa dan kelurahan, karena tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesional, prestasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir dalam sejarah Kota Tabuik tercinta ini," ucapnya lebih lanjut.

Genius Umar juga mengajak kepada semua pihak untuk dapat lebih merekatkan hubungan, memperkuat barisan, untuk bersama-sama membangun Kota Pariaman ini. "Marilah kita semua menanamkan tekad dan membulatkan semangat, agar ke depan, seiring dengan semakin beratnya tantangan di berbagai sektor pembangunan, kita dapat memberikan karya terbaik kita, sesuai dengan profesi, tugas dan fungsi kita masing-masing," tutupnya yang disambut tepuk tangan dari seluruh peserta Rapat Paripurna Istemawa DPRD Kota Pariaman yang hadir. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>