3 Keltan Kota Pariaman dapat program Desa Mandiri Pangan dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar


Juned | 6 Oktober 2022

Kominfo Kota Pariaman --- 3 (Tiga) Kelompok Tani (Keltan) di Kota Pariaman mendapat bantuan bibit pokat dan manggis unggul, dari program Desa Mandiri Pangan, Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

“Keltan tersebut yaitu Keltan Jaya Bersama, Keltan Jaya Mandiri dan Keltan Sampang Jaya, yang sama-sama berada di Kecamatan Pariaman Selatan. Adapun bantuan tersebut yaitu bibit pokat sebanyak 230 batang dan bibit manggis sebanyak  2000 batang,” ujar Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, Dasril, ketika dihubungi oleh Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, Kamis (6/10).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Dinas Pangan Provinsi dan diterima oleh Bidang Ketahanan Pangan dan Koordinator BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Pariaman Selatan di lokasi Gapoktan Rampak Jaya, Desa Punggung Ladiang.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Murni Kurniaty, mengatakan, bantuan ini merupakan kegiatan Desa Mandiri Pangan dari provinsi sumatra barat berupa penyerahan bibit untuk Keltan Desa yang telah ditunjuk.

“Tujuan Desa Mandiri Pangan ini adalah meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi, sehingga dapat hidup sehat dan produktif secara berkelanjutan, khususnya di daerah-daerah yang rawan pangan,” ujarnya.

Ia berharap, agar bantuan bibit ini segera ditanam dan dipelihara dengan baik oleh kelompok tani yang ditunjuk, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri, ucapnya.

Sementara itu Koordinator BPP Pariaman Selatan, Mulyadi, saat menerima bantuan tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada pemerintah Provinsi Sumbar yang telah membantu kelompok tani di wilayahnya.

"Mungkin saat ini hasilnya belum bisa kita lihat, tapi yakinlah apabila ini dijaga dan dirawat dengan baik, akan memberi manfaat bagi kelompok beberapa tahun lagi, dan harapan kami, bantuan ini betul-betul dirawat dengan sebaik-baik, sehingga berdaya guna dan menghasilkan nantinya,” tutupnya. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Bersihkan Genangan Air di Pinggir Jalan, Genius Umar...
    27 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar dan Rombongan Pemko Pariaman, silaturahmi dengan...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikuti Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se Indonesia...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Target Dua Juta Pengunjung, Pemko Pariaman Launching CoE...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikut bermain Futsal, Genius Umar ajak generasi muda...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Tantang SMA N 2 Untuk Buat Event...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Berikan Bantuan Ayam Hasil Pokir Dewan
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • 4507 KPM di Kota Pariaman Terima BLT BBM,...
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Lepas Kontingen PGRI Kota Pariaman
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Apresiasi Dusun Padang Tampaik, Desa Marunggi...
    23 November 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN