516 Dubalang dan Barakai Siap Bantu Kemananan dan Kebersihan


Wako Genius Umar berfoto bersama dengan Dubalang dan Barakai Usai Pengukuhan

Phaik | 12 April 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Walikota Pariaman Genius Umar, Jumat (12/4) secara langsung mengukuhkan Dubalang dan Barakai se-Kota Pariaman bertempat di Balairung Rumah Jabatan Wako Pariaman.

Disaksikan juga langsung Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, Kepala DPM Efendi Jamal, Kasatpol-PP dan Damkar Handrizal Fitri serta Kapolsek Pariaman dan Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Pariaman.

Keberadaan Dubalang dan Barakai ini adalah sebuah program sejak kepemimpinan Wako Pariaman Mukhlis Rahman yang berpasangan dengan saya sebagai Wawako pada periode 2013-2018.

Wako Genius Umar mengungkapkan Dubalang dan Barakai dapat difungsikan sebagai bentuk upaya kemandirian masyarakat dalam menjaga keamanan dan kebersiahan tiap desa yang penganggarannya bersumber pada APBN dan APBDes.

" Untuk Kota Pariaman, setelah kita evaluasi, dan kembali di tahun 2019 ini kita kukuhkan kembali sebanyak 344 orang Dubalang dan 172 Barakai," ucapnya saat berpidato.

Lebih lanju, Wako Pariaman itu menjelaskan Dubalang merupakan penjaga keamanan desa untuk membantu menjaga keamanan dan ketenteraman di wilayah dusun. Dubalang ini sebagai perpanjang tangan Satpol PP dalam penegakan Perda di Kota Pariaman, sedangkan Barakai adalah petugas kebersihan desa.

" Walaupun Kota Pariaman tidak memiliki pemerintahan nagari namun keberadaan Dubalang dan Barakai ini mampu sebagai pelopor kehidupan ber-nagari di Sumatra Barat," ujar Genius menambahkan.

Ia berharap kedua fungsi Dubalang dan Barakai ini mampu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya, terkhusus Dubalang pihaknya akan selalu mintak koordinasi dan arahan dari Kapolres Pariaman terkait pelaksanaan aturan dan tata cara proses hukum yang akan terjadi nantinya setelah Dubalang ini bekerja di wilayah desa/kelurahan masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pariaman AKBP. Andri Kurniawan mensuport penuh dan siap untuk membantu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para Dubalang tersebut.

Ia juga memberikan apresiasi yang baik terhadap Pemko Pariaman yang telah mampu bersinergi dengan pihak kepolisian dalam upaya menjaga keamanan, ketertiban masyarakat umum.(phaik)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN