935 Pelajar SMAN 2 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Narkoba


Tachi | 16 September 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Menurut Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukan bahwa 2,3 juta pelajar atau mahasiswa di Indonesia pernah mengkonsumsi narkotika, dan angka itu setara dengan 3,2 persen dari populasi kelompok tersebut.

Angka ini menjadi peringatan untuk kita semua bahwa upaya penanganan permasalahan narkoba tidak hanya dapat dilakukan secara masif saja tapi juga harus lebih agresif lagi khususnya bagi generasi yang terlahir pada era milenial ini.

Merujuk pada permasalahan tersebut Wakil Walikota Pariaman dalam hal ini diwakili oleh Kasat Reserse Narkoba dari Polres Kota Pariaman, Suhardi bertindak sebagai pembina upacara di SMAN 2 Kota Pariaman dan sekaligus memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang narkoba dan bahaya memakai narkoba tersebut di hadapan seluruh pelajar dan para guru yang hadir pada saat upacara bendera tersebut.

Suhardi mengatakan dalam peredaran gelap narkoba di Kota Pariaman Tahun 2019 ini sudah agak meningkat dari tahun-tahun sebelumnya dan banyak juga pelajar yang sudah terkontaminasi obat berbahaya ini dan sepertinya sosialisasi ini sangat tepat sekali dilakukan untuk mencegah peredaradan dan pemakaian narkoba dikalangan pelajar yang ada di Kota Pariaman ini.

“Ada tiga faktor yang menyebabkan terjadinya penyalah gunaan narkoba pada pelajar, yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dilingkugan keluarga  mungkin kurangnya perhatian dari kedua orang tua karena kesibukan mereka bekerja sehingga perhatian pada anak jadi berkurang bahkan tidak ada sama sekali, di lingkungan sekolah kurangnya pengawasan dari para guru tentang aktivitas yang mereka lakukan, dan dalam lingkungan masyarakat adanya pengaruh pergaulan yang tidak baik yang mereka lakukan sehingga mereka terjerumus dalam lingkaran narkoba tersebut”, jelasnya.

Kasat Resnarkoba berharap semoga seluruh pelajar yang ada di Kota Pariaman ini terhindar dari penyalah gunaan narkoba dan pelajar juga harus dapat pengetahuan terhadap bahaya peredaran narkoba ini secara kontinue dan apa saja jenis-jenis narkoba itu sendiri, apa efek jelek yang ditimbulkan narkoba itu, mereka harus mengetahui sehingga mereka tidak jadi korban dari narkoba tersebut.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Pariaman Jaslidar atau yang lebih dikenal dengan panggilan buk adek ini menyambut baik sekali kunjugan yang dilakukan oleh pihak Pemko Pariaman yang diwakili oleh Kasat Resnarkoba Suhardi , dan sangat tepat sekali rasanya memberikan sosialisasi secara langsung tentang narkoba kepada siswa-siswanya agar mereka tidak salah langkah dan menjadi korban dari obat terlarang tersebut.

“Sebelum sosialisasi ini dilakukan kami sudah membuat langkah-langkah dalam program kerja kami tentang bagaimana caranya mencegah peredaran dan pemakaian narkoba ini yaitu dengan memberikan pelajaran tambahan kepada mereka supaya mereka bisa lebih aktif lagi dalam belajar dan meningkatkan kompetensinya sehingga mereka tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal terlarang itu lagi, dan kami para guru yang ada disini akan lebih meningkatkan lagi pengawasan kami kepada mereka dan apa yang mereka lakukan di lingkungan sekolah”, jelasnya

Beliau berharap agar anak didiknya yang berjumlah lebih kurang 935 siswa ini menjauhi narkoba dan jangan coba-coba untuk mengenalnya, kemudian mereka hendaknya harus bisa saling menasehati sesama mereka untuk tidak memakai narkoba. (Desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • LKPD 2019 Walikota Pariaman Capai Target Realisasi APBD...
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Malam ini Dinas Dikpora kota Pariaman umumkan kelulusan...
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Sambil Berolahraga, Danrem 032/WBR Kunjungi Kota Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Bentuk Tim Monitoring BST
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Salurkan Bantuan dari Pengurus DMI Pusat...
    4 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Berikan Bantuan Korban kebakaran
    4 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Wako Pariaman Genius Umar Dengarkan Rekomendasi LKPJ 2019...
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Ikuti Jejak Kota Bukittinggi, Kota Pariaman Akan Terapkan...
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Bappeda Gelar Vidcon Lintas Sektor Tentang Inovasi Daerah
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Manajemen PT. WIKA Di Kota Pariaman Bentuk Satgas...
    2 Juni 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN