Alat Pengering Kopra Tenaga Surya Inovasi Warga Desa Ampalu Mewakili Sumbar pada Lomba TTG Tingkat Nasional XXII


Erwin | 7 September 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Mesin pengering produk pertanian, Syafri Hendri yang biasa dipanggil Ipen warga Desa Ampalu Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman melaju ke ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional XXII yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tanggal 9 September 2021 secara daring/online.

Oven Serba Guna Tenaga Surya atau alat pengering Kopra Tenaga Surya temuannya tersebut sudah masuk daftar 10 besar TTG tingkat Nasional dan siap untuk mengharumkan nama Sumatra Barat khususnya Kota Pariaman di kancah nasional.

“Oven Serba Guna Tenaga Surya ini saya temukan pada tahun 2016. Kegunaannya bisa untuk menjemur atau mengeringkan berbagai komoditi pertanian yang dihasilkan masyarakat. Semula ia menciptakan alat tersebut untuk kebutuhan pribadi saja yakni untuk mengeringkan produk olahan kelapa yang dijualnya ,” kata Ipen, Selasa (7/9).

Ipen mengakui, bahwa keinginannya untuk mengembangkan inovasinya tersebut didasari oleh kesulitan masyarakat petani saat mengeringkan berbagai hasil pertanian. Kemudian, berbekal kayu bekas dan bahan-bahan lain dengan modal sangat terbatas, ia pun berhasil menciptakan oven pengering dengan suhu mencapai 66 °C.

“Dengan suhu setinggi itu bisa lebih cepat mengeringkan padi, kulit manis, cabe, dan produk pertanian lainnya. Termasuk untuk menjemur emping malinjo dan produk ikan sebagai mata pencarian terbesar di daerah itu. Jadi, petani tak perlu risau lagi saat hujan datang, karena tetap bisa menjemur hasil pertanian dan perikanan,” katanya.

Ipen pun optimis, temuannya bisa menang pada TTG tingkat Nasional. Ia pun bertekad untuk tidak akan menjual alat temuannya tersebut, dan lebih memilih untuk mengajarkan cara membuat oven tersebut ke masyarakat, agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh petani lainnya.

Inovasi sederhana berupa alat pengering Kopra Tenaga Surya yang diciptakan oleh Ipen ini diakui telah berhasil membantu masyarakat Kota Pariaman, terutama usaha kecil dalam hal menekankan biaya produksi, efektifitas dari segi waktu dan hieginis.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman, Adi Junaidi mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh bagi Ipen, sebagai warga Kota Pariaman yang akan berpartisipasi pada ajang TTG Kemendes PDTT tingkat Nasional.

“Lomba itu berawal dari sayembara yang kita laksanakan di Kota, Oven Sebar Guna ini lalu keluar sebagai pemenang, dan diutus mewakili Kota Pariaman ke tingkat Provinsi, dan menang juga,” kata Adi Junaidi.

Setelah itu, sambung Adi, Ipen dan temuan miliknya juga menjadi yang terbaik di tingkat provinsi, bahkan sampai masuk 10 besar di tingkat nasional. Ia pun berharap agar oven tersebut dapat menjadi yang terbaik di tingkat nasional, serta manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.

“Memang sangat bermanfaat dan kita berharap semoga bisa menang. Nanti Pemko Pariaman juga akan menfasilitasi agenda penilaian dari dewan juri yang akan berlangsung secara virtual pada 9 September nanti. Alat-alat persentasinya kita siapkan di Balai Kota. Semoga semua berjalan lancar dan bisa menang tingkat nasional,” katanya menutup.

Pada babak final TTG tingkat nasional ini, Syafri Hendri dengan Oven Serba Guna miliknya bersaing Smart Cabai dari Natuna, Alat Penghancur Tandan Kosong Kelapa Sawit dari Riau, Tulang Bawang dari Lampung, serta temuan Mesin Penghasil BBM, Gas, dan Listrik dari Sampah Plastik di Banten.

Selain itu, juga ada Temuan Fermentor Kopi Luak Tanpa Luak dari Jawa Barat, Alat Lading Penata Purun dan Mesin Pembersih Purun dari Kalimantan Tengah, Alat Penggorengan Serba Guna dari Kalimantan Utara, Alat Pertanian Multifungsi Berbasis Panel Surya dari Bali, dan Alat Jemur Efek Rumah Kaca dari Kalimantan Timur. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
  • PTK SD se Kecamatan Pariaman Timur Salurkan infaq...
    3 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025
    3 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Atas izin Allah, Eks KRI Teluk Bone 511...
    1 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>