Audiensi Dengan KKP RI, ini yang diminta Walikota Pariaman, Genius Umar


Walikota Pariaman, Genius Umar menyerahkan proposal kepada Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI, Muhammad Zaini pada Audiensi Pemko Pariaman dengan KKP, di Gedung Mina Bahari (GMB) IV, Lantai 16, KKP RI, Jalan Medan Merdeka Timur No. 16 - Jakarta Pusat, Rabu siang (2/3).

Juned | 2 Maret 2022

Kominfo Kota Pariaman --- Audiensi Dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, ini yang diminta Walikota Pariaman, Genius Umar. Audiensi ini dilakukan di Gedung Mina Bahari (GMB) IV, Lantai 16, KKP RI, Jalan Medan Merdeka Timur No. 16 - Jakarta Pusat, Rabu siang (2/3).

Rombongan Pemerintah Kota Pariaman ini diikuti oleh Asisten II, Elfis Candra, Kadis PUPRP,  Arizal dan jajaran, Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan, Dasril dan jajaran, Kadis Perhubungan, Afwandi, dan diterima oleh beberapa Direktorat Jenderal (Dirjen), yaitu Dirjen Perikanan Tangkap, Dirjen Perikanan Budidaya dan Dirjen Pemanfaatan Ruang Laut, Asisten dan Staf Khusus Menteri, Karo Perencanaan serta Katimlak Unit Kerja Menteri.

Dalam Audiensi ini, Genius Umar memaparkan tentang Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman, serta potensi bahari dan wisata yang ada di Kota Pariaman, dimana saat ini Kota Pariaman menjelma menjadi destinasi wisata bahari, apalagi pembangunan dengan konsep WFC (Water Front City) yang sedang dikembangkan beberapa tahun belakangan ini.

"Kota Pariaman sedang menata kawasan tepi pantai dan sungainya menjadi kawasan yang menarik, dan kita sedang menata pembangunan Kampung Nelayan di Desa Naras I, Kecamatan Pariaman  Utara, dan juga Pembangunan Dermaga Perikanan untuk Nelayan di kawasan pesisir utara tersebut," ujarnya.

Genius yang memahami betul program-program yang ada di pusat, khususnya di KKP RI, untuk disinkronkan dengan program yang ada di daerahnya ini, seperti program Kampung Nelayan, Program Kampung Perikanan Budidaya, dan Program Pembangunan Dermaga Perikanan.

"Dengan adanya Penataan Kampung Nelayan ini, nantinya akan menjadi tertata dengan baik dengan sarana dan prasarana pendukungnya, mulai dari bantuan untuk nelayan dan para UMKM nya, sehingga ekonomi daerah tersebut nantinya akan tumbuh," jelasnya.

Lulusan S3 IPB ini juga menuturkan bahwa Program Kampung Perikanan Budidaya, merupakan suatu kawasan yang berbasis komoditas unggulan atau komoditas lokal, yang disinergikan dengan berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha pembudidayaan ikan yang digerakkan oleh masyarakat.

"Selain itu, juga agar terwujud usaha pembudidayaan ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan, serta menjaga kelestarian sumber daya ikan. Sehingga, akan mampu menjamin produksi yang berkelanjutan dan terjadwal,” tukasnya.

Lebih lanjut Genius menjelaskan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan juga berpesan untuk mewujudkan "Perikanan Terukur", bahwa menangkap ikan itu, ada maksimumnya, yang tidak merusak lingkungan, ulasnya.

"KKP sebelumnya telah memberikan bantuan kepada Kota Pariaman, seperti Dermaga Pulau Angso Duo, dan Apar Pariaman Mangrove Park, dan mereka meminta apa dampak ekonomi kepada masyarakat terhadap bantuan yang telah diserahkan tersebut, dan nantinya akan dijadikan best practice di indonesia," ungkapnya.

Ia juga menerangkan bahwa sangat besar dampak ekonomi yang ditimbulkan terhadap bantuan yang diterima dari KKP oleh Kota Pariaman, mulai dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) sampai masyarakat sekitar yang meningkat derajat ekonominya, berkat UMKM dan kreasi mereka dalam memanfaatkan banyaknya kunjungan wisatawan di dua lokasi tersebut, dan hal ini sangat bisa  dijadikan percontohan untuk daerah lainya di indonesia, tutupnya. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>