BPJS Sumbar Sosialisasikan Kenaikan Iuran BPJS di Kota Pariaman


Asyraf Mursalina, Kepala Cabang BPJS Provinsi Sumatera Barat Sedang Memberikan Penjelasan tentang Kenaikan Iuran BPJS

Tachi | 18 November 2019

Kominfo Kota Pariaman--- Untuk meningkatkan kualitas dan kesinambungan program jaminan kesehatan perlu dilakukan penyesuaian beberapa ketentuan dalam Peraturan Presiden No.82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Berdasarkan pertimbangan itulah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Pariaman, mengadakan Sosialisasi Penyesuaian Perpres No.75 Tahun 2019 tersebut tentang perubahan Perpres No.82 Tahun 2018, Senin (18/11) di Aula Balaikota Pariaman.

Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Asyraf Mursalina, Kepala Cabang BPJS Provinsi Sumatera Barat, kepada seluruh instansi yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan,  Pemerintah Daerah, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, Para Bendahara Desa/Kelurahan, dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Cabang BPJS Provinsi Sumbar Asyraf Mursalina menyampaikan, bahwa besaran iuran BPJS akan naik per 1 Januari 2020. Besaran iuran BPJS tersebut naik karena adanya Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Perubahan Iuran BPJS ditegaskan dalam Pasal 34 Perpres 75 tahun 2019 yaitu untuk Kelas I sebesar Rp.160.000,00/orang/bulan, Kelas II sebesar Rp.110.000,00/orang/bulan dan Kelas III sebesar Rp.42.000,00/orang/bulan.

“Iuran yang diberlakukan ini bukanlah atas kemauan dari BPJS, akan tetapi adalah amanah dari Undang-undang, jadi ada Undang-undang yang dasarnya menyelenggarakan itu adalah UUD 1945 yang mengatakan bahwa Negara itu harus memberikan jaminan kesehatan dan sosial supaya masyarakat itu bisa hidup dengan layak”, ujar Lily, begitu beliau dipanggil sehari-hari.

“UUD 1945 itu juga ada turunannya yaitu UU No.40 tahun 2004 yang isinya tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Pada pasal 19 ayat 1 pada UU tersebut dikatakan bahwa Jaminan Kesehatan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas, jadi jaminan kesehatan itu prinsipnya adalah diselenggarakan oleh asuransi sosial, dan bukan prinsip yang lainnya”, jelas Lily.

Beliau berharap dengan adanya sosialisasi ini peserta yang hadir akan dapat memahami dan mengerti penjelasan dari beliau, dan bisa menjadi penyambung lidah kepada masyarakat untuk menerangkan tentang kenaikan iuran BPJS ini

Selain itu, BPJS Kesehatan akan menggandeng mitra instansi lainnya yang berkaitan dengan program JKN, seperti pemerintah daerah, dan BPJS Kesehatan juga akan memaksimalkan sosialisasi di rumah sakit sebagai pintu masuk peserta.
Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga akan melakukan sosialisasi secara militan dengan menghubungi secara pribadi kepada peserta yang mungkin telat bayar lantaran tidak mendapatkan informasi kenaikan tarif.

"Ini adalah bagian dari solusi jangka panjang, kalau memang masyarakat ingin dipastikan kelayakannya memang kontribusinya harus diperbaiki dengan penyesuaian iuran, kenaikan telah mulai disesuaikan per Agustus 2019 untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan 2020 untuk kelas mandiri”,tutupnya. 

Sementara itu Kepala Dinas DPMDes Kota Pariaman, Efendi Jamal secara resmi membuka sosialisasi tersebut, dan beliau mengatakan khususnya untuk Kepala Desa/Lurah, Bendaharawan, dan yang mempunyai kewenangan dalam menyusun APBDes atau Anggaran Kelurahan pastikan untuk iuran BPJS ini ada dalam anggaran desa dan kelurahan, serta ketepatan dalam membayar iuran kepada BPJS harus diperhatikan, karena hitung-hitungannya nanti jika Desa/Kelurahan terlambat dalam pembayaran ke BPJS akan berdampak pada kinerja Desa/Kelurahan, DPMDes dan BPJS.

Beliau berharap semoga kita semua dapat memahami dan mendengarkan sosialisasi ini sebaik-baiknya, dan Narasumber diminta dapat menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut, bahwa kenaikan tarif itu juga untuk memperbaiki layanan di BPJS.

(Desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kota Pariaman Siap Menjadi Tuan Rumah RAKERWIL I...
    20 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • 84 Orang Warga Kota Pariaman Terima Sertifikat Tanah...
    20 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • 12 0rang Uda Uni Kabupaten Sijunjung, berwisata ke...
    19 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Liburan Ke Kota Pariaman, Mr. Moon Hoyong Dari...
    19 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Dukung Muhammadiyah Kembangkan Pendidikan Islam Di...
    18 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Dukung Puspa Indah Ikuti Ajang LIDA...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Wirid Bulanan Perdana di Tahun 2020, Mardison Mahyuddin...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Gadis Bersuara Merdu Ini Akhirnya Tampil di LIDA...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Paparkan Study Kelayakan Pelabuhan Penyebrangan Sunur...
    16 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kejari Aceh Singkil Lakukan Studi Banding Ke Kejari...
    16 Januari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • HASIL SANGGAHAN PELAMAR TERHADAP SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON...
    30 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI ADM CPNS 2019
    17 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Penetapan Tiga (3) Besar Nominasi Jabatan Tinggi Pratama...
    5 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • FUN TRIATHLON / EXECUTIVE RELAY
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • DUATHLON PELAJAR
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN...
    14 November 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Food Truck Festival 2019
    18 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JPT PRATAMA DILINGKUNGAN...
    23 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Kedua Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan...
    22 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Paratama...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>