Desa Sikabu Wakili Kota Pariaman Lomba Desa/Lurah Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar


Dewan juri saat penilaian Lomba Desa dan Lurah Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar di Kantor Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Selasa (11/6/2019).

Erwin | 11 Juni 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Walikota Pariaman, Genius Umar membuka Penilaian Lomba Desa dan Lurah Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Desa Sikabu, Pariaman Selatan. Penilaian ini diadakan di Kantor Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan,  Selasa (11/6/2019) yang dihadiri oleh tim juri dari Dinas PMDes Provinsi Sumbar, Kesbangpol Provinsi Sumbar, Mantan Sekda Prov Sumbar, Rusdi Lubis, serta didampingi Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Indriati Mardison, Forkopimda, Camat, Kepala desa/lurah, OPD dilingkungan Pemko Pariaman serta Bundo Kanduang Kota Pariaman.

Wako dalam sambutannya mengatakan bahwa Kota Pariaman cukup spesifik, untuk kebersihan desa kita membentuk namanya barakai desa, untuk keamanan desa ada dubalang desa dan untuk kegiatan keagamaan kita membentuk penyuluh agama satu orang tiap desa, petugas ini dibayar dari dana desa, itulah berbagai hal kegiatan yang bisa diakomodir melalui dana desa guna mengembangkan percepatan pembangunan di masing-masing desa tersebut.

" Ada beberapa inovasi khusus yang telah dilakukan desa sikabu ini, desa sikabu memiliki staf ahli dibidang masing-masing yang diangkat oleh kepala desanya sendiri ", ujarnya.

" Kami juga telah membuat kebijakan bahwa semua eselon II untuk menjadi Penanggung Jawab (PJ) kepala desa, tujuannya ialah supaya program Pemko Pariaman dalam rangka membangun daerah ini bisa langsung masuk ke desa/kelurahan, dan selain itu tujuannya agar eselon  II ini juga dapat membantu bagaimana upaya untuk memperbaiki administrasi di pemerintah yang ada di desa serta membantu manajemen pemerintahan yang ada di desa ", sambung dia.

Kami mengupayakan, agar melalui Dinas PMDes Kota Pariaman nanti mantan PJ kepala desa ini dapat kita buatkan SK nya kembali untuk menjadi pendamping di desa masing-masing dimana dia pernah menjadi PJ di desa tersebut, sehingga kita bisa melakukan percepatan antara kualitas pekerjaan yang ada di pemerintahan dengan di desa dapat seimbang.

" Kita di Kota Pariaman memiliki program smartcity, kemudian di desa saya meminta adanya program smart village atau desa pintar. Sekarang di Desa Sikabu sudah memiliki sistem informasi desa ada pojok literasi dan wifi desa dengan ketentuan pada jam sholat wifi di non aktifkan. Ini sangat bagus, anak-anak agar bisa berkumpul untuk mendorong berbagai pelajaran disekolahnya dengan tidak perlu lagi kewarnet ", tuturnya.

Diharapkan Desa Sikabu bisa menjadi contoh untuk semua desa yang ada di Kota Pariaman bagaimana bisa memulai program smart village ini di masing-masing desa, pemerintah desa dapat berkonsultasi langsung melalui Dinas Kominfo Kota Pariaman tentang bagaimana mengelola sistem informasi desa smart village ini ", tutup dia.

Desa Sikabu juga memiliki produk unggulan UKM seperti pengolahan talas, kuliner  katupek gulai tunjang, bordir dan rajut, membuat mabel/prabot dan pengrajin tas. Kemudian juga memiliki perhatian khusus untuk pendidikan disabilitas melalui sarana pendidikan SDLB SABILUNA dan kegiatan keagamaan mengaji malam di surau gonjong.

Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan ekspose dari Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi Koto yang langsung dinilai oleh dewan juri Provinsi Sumbar. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Karang Taruna Kota Pariaman "Goes To School"
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Dibalik Sukses World Cleanup Day (WCD) 2019 di...
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • World Clean Up Day Kota Pariaman Di Ikuti...
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Desa Balai Kuraitaji Kota Pariaman Siap Kelola Sampah...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Akan Gelar Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Untuk menurunkan angka HIV AIDS, Pemko Pariaman Gelar...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Sampaikan Program Andalan Ke Kantor Staf...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Udara mulai tidak sehat, Pemko Pariaman bagikan 14...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan SDM Pokdarwis, 60 Orang Peserta Studi Banding...
    18 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sampai di Kota Pariaman, Genius Sambut Piala dan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumumam Tenaga Kontrak pada Dishub
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Lowongan Kerja
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah...
    13 Juni 2019
    Selengkapnya >>