Di Tengah Pandemi, Rafif Ukir Prestasi Juara Hafiz Al Quran


Rafif Malfaizul Akbar (10) Juara I Lomba Hafiz Al Quran Padang TV

Tachi | 22 Mei 2020

Ditengah pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat akibat Covid-19 sekarang ini tidak menghalangi Rafif Malfaizul Akbar (10) mengukir prestasi.  Siswa kelas 4, SD Negeri 08 Kampung Jawa, Kota Pariaman ini menjuarai lomba hafiz Al Quran yang diselenggarakan oleh Padang TV secara daring. Lomba melalui aplikasi zoom ini, ketika babak final nya disiarkan langsung pada hari Rabu, 20/5 lalu.
Anak pertama dari tiga bersaudara ini mampu menyingkirkan 50 orang peserta lainnya dari berbagai daerah di Sumatera Barat.
“Rafif sudah beberapa kali mengikuti lomba tilawah dan tartil Al Quran, dan lomba hafiz ini merupakan pertama kali dan Alhamdulillah langsung juara I”, ujar orang tua Rafif, Hadi Siswanto di ruangan Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Jumat, 22/5/2020.
“Saya mengenalkan Rafif dengan Al Quran sejak umur 2,5 tahun, mulai dari belajar Iqra’ hingga bisa membaca Al Quran ketika sudah kelas 1 SD”, jelasnya.
Kemudian Rafif belajar membaca Al Quran di Mesjid Nurul Hidayah, Kapmpung Pondok. Di sanalah Rafif belajar tartil, tilawah dan hafiz Al Quran.
Tidak hanya belajar di masjid, Hadi juga mengulang-ulang hafalan Al Quran Rafif setiap hari di rumah selama 2 hingga 3 jam.
Usaha orang tua Rafif tidak sia-sia, Rafif pernah mewakili Kota Pariaman pada MTQ Nasional tingkat Sumbar di Kota Pariaman pada Tahun 2017. Juara pertama MTQ cabang tartil tingkat Kota Pariaman pada Tahun 2018.
Rafif ditargetkan oleh orang tuanya bisa mewakili Kota Pariaman pada tingkat propinsi dan nasional, untuk menjaga hafalannya, Hadi selalu merutinkan setiap hari mengulang hafalan anaknya di rumah.
“yang namanya anak-anak, Rafif juga suka bermain, sehingga kami harus mampu membagi waktunya sehingga tidak terlalu banyak bermain daripada menghafal. Kalau sedang Rafif sedang malas, kami memotivasinya dengan melihatkan video-video hafiz anak berkebutuhan khusus seperti anak tunanetra namun hafal tiga juz, dan lain sebagainya, sehingga bisa membangkitkan semangatnya lagi untuk menghafal”, ujar pria asal Surabaya ini.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Hertati Taher sangat bangga karena disaat pembatasan aktivitas karena Virus Corona ini, Rafif masih mampu mengukir prestasi.    
“Kami sangat bangga dan senang dengan prestasi yang diraih oleh siswa Kota Pariaman karena sudah dua bulan lebih aktifitas belajar dipindahkan ke rumah untuk mengantisipasi penularan Virus Corona yang masih melanda daerah kita”, terang mantan Kabag Aset ini.
“Peran orang tua sangat kami harapkan untuk mendampingi anak dalam proses belajarnya di rumah. Apalagi untuk menghafalan Al Quran dibutuhkan peran orang tua untuk kembali melatih hafalan anak di rumah. Oleh sebab itu kami juga memberikan bonus tambahan kepada Rafif sebagai ungkapan rasa bangga kami”, tutupnya. (Eri)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • LKPD 2019 Walikota Pariaman Capai Target Realisasi APBD...
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Malam ini Dinas Dikpora kota Pariaman umumkan kelulusan...
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Sambil Berolahraga, Danrem 032/WBR Kunjungi Kota Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Bentuk Tim Monitoring BST
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Salurkan Bantuan dari Pengurus DMI Pusat...
    4 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Berikan Bantuan Korban kebakaran
    4 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Wako Pariaman Genius Umar Dengarkan Rekomendasi LKPJ 2019...
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Ikuti Jejak Kota Bukittinggi, Kota Pariaman Akan Terapkan...
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Bappeda Gelar Vidcon Lintas Sektor Tentang Inovasi Daerah
    3 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Manajemen PT. WIKA Di Kota Pariaman Bentuk Satgas...
    2 Juni 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN