Dibuka oleh Wakil Presiden, Ny. Lucyanel Genius ikuti Peringatan Harganas ke-28 secara virtual


Juned | 29 Juni 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius ikuti Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 secara virtual, yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, Selasa (29/6/2021).

Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28, Wakil Presiden, Maruf Amin juga meluncurkan dimulainya Vaksinasi Covid-19 (virus Corona) bagi ibu hamil, menyusui, dan anak usia 12-18 tahun, ia mengatakan bahwa kelompok tersebut, termasuk rentan terhadap Covid-19.

"Dengan memanfaatkan momentum peringatan Harganas tahun ini, saya menyambut baik dimulainya program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun, yang dikategorikan sebagai kelompok sasaran yang lebih rentan terhadap pandemi covid-19,” katanya.

Maruf mengatakan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki peran strategis dalam pelaksanaan vaksinasi ini. Pasalnya BKKBN telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk penanganan Covid bagi ibu hamil, menyusui dan anak-anak.

“Peran BKKBN sebagai lembaga yang sangat dekat dengan pembinaan keluarga, sangatlah tepat untuk menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan vaksinasi yang menyasar anggota keluarga inti termasuk anak dan ibu yang sedang hamil,” ungkapnya.

Dimana untuk vaksinasi bagi anak usia 12-18 tahun telah dapat dilaksanakan menyusul keluarnya rekomendasi dari Badan POM. Maruf menyambut baik vaksinasi ini karena mortalitas penderita covid usia 12-18 tahun cukup tinggi.

“Keputusan ini sangat tepat mengingat mortalitas penderita Covid-19 usia 10-18 cukup tinggi yaitu 30 persen,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Wapres juga menyampaikan penghargaan kepada BPOM dengan dukungan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Pasalnya dalam waktu singkat telah mengeluarkan rekomendasi pemakaian vaksin produksi PT BIO Farma untuk digunakan pada anak usia 12-18 tahun, ulasnya mengakhiri.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, mengatakan Pada Harganas ke 28, Tema untuk tahun ini adalah "Keluarga Keren Cegah Stunting", dimana dengan tema ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bayi dan menghindari stunting.

"Hasil dari Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) 2019, menunjukkan bahwa terjadi penurunan Angka stunting Nasional berada pada 27,67 persen. Untuk Angka stunting Provinsi Sumbar 24 persen dan Kota Pariaman angka stuntingnya jauh di bawah angka Nasional dan provinsi yakni 9,1 persen," ungkapnya.

"Selamat Hari Keluarga Nasional ke 28 tahun 2021, mari kita jadikan setiap hari sebagai hari keluarga, Hari dimana kita berkumpul dan bercengkrama, saling berbagi kisah dalam keseharian kita senang maupun sedih. Saat berkumpul bersama akan menjadi saat terindah yang kenangannya akan terus terbawa oleh anggota keluarga kita, hari keluarga harus menjadi milik kita semua," tukasnya.

Terkait dengan dilaunchingnya Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun, istri walikota pariaman yang berprofesi sebagai dokter ini akan menindaklanjuti dan menjalankan arahan dari Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin.

"Kita akan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada, sehingga vaksinasi untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun di Kota Pariaman, dapat kita laksanakan, dimana saat ini, kita sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi untuk masyarakat umum dan pelayanan publik, dengan membuka posko vaksinasi di beberapa titik yang ada di Kota Pariaman," tutupnya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 secara virtual ini, juga diikuti oleh Assiten I Pemko Pariaman, Yaminurizal dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Wawako Pariaman Ingatkan Petugas Medis Untuk Ramah Dalam...
    16 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan Mutu Pendidikan, Genius Umar Teken Mou Sekolah...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Goro Bersihkan Saluran Irigasi Desa Cubadak...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Dua Atlet Kota Pariaman Ikuti PON XX di...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Rotasi Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Distribusikan 300 Zakat Pariaman Peduli
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Umar Serahkan Mesin Pencacah Makanan Ternak
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Rekruitmen PPPK Guru Lahirkan Guru...
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Raih Opini WTP dari Kementerian Keuangan...
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Sah!!! DPRD Kota Pariaman Setujui Rancangan KUA &...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Lokasi Ujian Mandiri BKN Pengadaan CASN Kota Pariaman...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN DAN PEMBAGIAN SESI SELEKSI KOMPETENSI...
    7 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi Setelah Sanggah Pengadaan...
    19 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Tentang Penundaan Hasil Sanggah Seleksi Administrasi Calon...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Walikota Pariaman
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PRA SANGGAH PENGADAAN CALON APARATUR...
    2 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Akreditasi
    23 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perbaikan CPNS Kota Pariaman Tahun 2021
    12 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN CPNS KOTA PARIAMAN 2021
    30 Juni 2021
    Selengkapnya >>
  • PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SAGA SAJA
    22 April 2021
    Selengkapnya >>