Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman Gelar Pelatihan Terhadap Pengurus Koperasi


Wako Genius Beri arahan kepada peserta Pelatihan Standar Operasional Manajemen (SOM), Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Kelembagaan Koperasi se-Kota Pariaman

Rika | 20 Agustus 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman menggelar Pelatihan Standar Operasional Manajemen (SOM), Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Kelembagaan Koperasi se-Kota Pariaman di Convention Hall Ananda Kampung Pondok Pariaman, Selasa(20/8).

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan koperasi memegang peranan penting sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas azas kekeluargaan.

“Dengan berdasarkan azas kekeluargaan, koperasi menjadi tulang punggung bagi perekomian Indonesia yang harus memiliki aturan-aturan yang tegas dan jelas sehingga koperasi dapat berjalan sesuai dengan aturan undang-undang”, ungkapnya.

Kalau menyebut koperasi kita bisa ingat dengan Bapak Koperasi Indonesia yang kita kenal Bung Hatta yang mengenalkan koperasi dengan istilah arisan atau julo-julo.

“Istilah arisan atau julo-julo yang kita kenal merupakan pengumpulan uang  dengan cara simpan pinjam bersama anggota”, tuturnya.

Dikatakan, Kota Pariaman merupakan homogen, artinya tidak ada pengusaha yang luar biasa, sehingga untuk menjadi tulang punggung keluarga, Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman  harus mengembangkan koperasi ini, dengan membuat usaha apabila kita kerjakan bersama.

Semua koperasi yang ada bisa tumbuh dan berkembang di Kota Pariaman dengan memberikan pembinaan ini. Apalagi daerah kita daerah wisata, banyak usaha-usaha yang bisa dibuka baik itu restoran, rumah makan, usaha kerajinan.

“kalau kita bekerja sendiri mungkin tidak bisa berkembang  dan tidak akan cukup tetapi kalau kita berkumpul sampai 20 orang dengan mengumpulkan modal bersama-sama, apabila yang 10 orang usahanya sudah maju dan anggota berikutnya juga semakin maju”, lanjutnya.

Sumber daya ekonomi itu dinikmati sebagian masyarakat Pariaman, prinsip koperasi dikumpulkan dengan modal kecil dan bersama-sama membentuk koperasi  untuk lebih besar sehingga dapat memulai suatu usaha.

Dilihat dilapangan, beberapa koperasi kita masih banyak yang mati suri atau down dan diharapkan kepada Dinas terkait terhadap koperasi yang down tersebut bisa diberikan pembinaan khusus agar dapat bangkit kembali. Disebakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) tidak ada dilaksanakan koperasi dan nanti ini kita akan evaluasi.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan koperasi  dapat melaksanakan RAT yang dibina oleh pengurus Koperasi Kota Pariaman dan mudah-mudahan bisa bermanfaat, maju dan berkembang”, tandasnya.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zunit mengungkapkan sebanyak 25 orang peserta mengikuti pelatihan SOM, SOP dan Kelembagaan Koperasi se-Kota Pariaman.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan badan koperasi yang mana setiap koperasi harus memiliki aturan yang jelas  baik dalam pengelolaan koperasi, penghimpunan simpanan maupun penyaluran keuangan”, tuturnya.

Kebanyakan koperasi tidak memiliki laporan koperasi disebabkan kesibukan pengurus, kurangnya pengetahuan pengurus, dan tidak adanya generasi muda yang melakukan pengurusan Koperasi.

“Oleh sebab itu, kami berinisiatif dan melaksanakan pelatihan ini, gunanya untuk memberikan arahan serta aturan undang-undang koperasi”, tutupnya. (rika)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Karang Taruna Kota Pariaman "Goes To School"
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Dibalik Sukses World Cleanup Day (WCD) 2019 di...
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • World Clean Up Day Kota Pariaman Di Ikuti...
    21 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Desa Balai Kuraitaji Kota Pariaman Siap Kelola Sampah...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Akan Gelar Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Untuk menurunkan angka HIV AIDS, Pemko Pariaman Gelar...
    20 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Sampaikan Program Andalan Ke Kantor Staf...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Udara mulai tidak sehat, Pemko Pariaman bagikan 14...
    19 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan SDM Pokdarwis, 60 Orang Peserta Studi Banding...
    18 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Sampai di Kota Pariaman, Genius Sambut Piala dan...
    17 September 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumumam Tenaga Kontrak pada Dishub
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Lowongan Kerja
    11 September 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah...
    13 Juni 2019
    Selengkapnya >>