Dinkes Kota Pariaman Jalin Kerjasama Dengan FKM UNAND


Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah pada saat membuka FGD tentang Sosialisasi Penguatan Implementasi Integrasi Kegiatan Lintas Program Dan Lintas Sektor Di Posyandu Lansia

Tachi | 2 Maret 2021

Kominfo Kota Pariaman--- Dalam rangka kegiatan pendampingan perguruan tinggi kegiatan posyandu lansia dengan penguatan integrasi lintas OPD Kota Padang dan Kota Pariaman, melakukan kerjasama dengan Direktorat kesehatan Keluarga Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, untuk mengadakan FGD secara virtual.

FGD tersebut digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman bekerjasama dengan UNAND Padang,  tentang Sosialisasi Penguatan Implementasi Integrasi Kegiatan Lintas Program Dan Lintas Sektor Di Posyandu Lansia Untuk Mendukung Active Aging Dan Pemberdayaan Lansia Dalam Keluarga Untuk Kesehatan Ibu dan Anak di Kota Pariaman, serta penerapan aplikasi e-Posyandu Lansia Smart di Kota Pariaman.

“Setiap lansia (Lanjut Usia) adalah unik, untuk itu kita harus meninggikan martabat Lansia agar Lansia tidak menjadi beban keluarga, oleh karena itu penanganannya pun harus dilakukan dengan cara memberdayakan mereka agar bisa ikut serta dalam membantu kesehatan ibu dan anak di dalam keluarga”, ujar Nazifah Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, sekaligus menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, pada saat membuka secara resmi acara FGD tersebut di Aula Pertemuan Dinkes Kota Pariaman, Selasa (2/3).

Dengan selalu meningkatkan program Lansia di Kota Pariaman, melalui berbagai kegiatan lansia yang sudah dilaksanakan sebelumnya seperti merajut, menyulam, senam lansia, lomba lansia sehat,periksa kegiatan lansia, perkawinan lansia dan banyak lagi kegiatan lansia yang sudah diprogramkan untuk mengisi aktifitas lansia di rumah lansia di Kota Pariaman, membuat Universitas Andalas (Unand) langsung melirik Pemko Pariaman sebagai percontohan dan langsung membuat MoU dengan Dinkes Kota Pariaman, untuk menerapkan aplikasi e- Posyandu Lansia Smart di Kota Pariaman.

“Untuk tahap awal ini kami menunjuk 4 Posyandu lansia dari 4 Desa yang mewakili Kota Pariaman dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah posyandu Desa Koto Marapak , posyandu Desa Ampalu, posyandu Desa Balai dan posyandu Desa Cimparuah, untudk diberikan pembinaan dan pendidikan di rumah lansia nantinya yang akan difasilitasi langsung oleh UNAND”, ungkap Nazifah.

“Dengan adanya kerjasama dengan UNAND tentang pemberdayaan lansia ini, komunikasi kita yang dilakukan nantinya dengan para lansia, bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-Posyandu Lansia Smart, tentu saja dengan dukungan dan bantuan dari keluarga mereka melalui hp android mereka masing-masing, guna menghindari tatap muka langsung dengan lansia dikarenakan pandemi covid-19 yang masih ada saat ini”, terang Kadis Dinkes Kota Pariaman ini.

“Kami ucapkan terimakasih pada peserta undangan yang sudah hadir dalam acara ini, sehingga FGD bisa berjalan sukses. Semoga apa yang disampaikan dalam FGD ini cepat terealisasi. Diminta kepada Dinas terkait  untuk bisa mendukung kerjasama ini, sehingga program ini bisa bermanfaat untuk lansia kita di Kota Pariaman, dan menjadi percontohan Nasional, karena hanya dua Kota yang dipilih untuk kegiatan ini yaitu Kota Padang dan Kota Pariaman”, pungkas Nazifah.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Pelaksana Swakelola FKM UNAND, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Camat dari 4 Kecamatan, Ketua TP PKK Kota Pariaman, DP3AKB, Dinsos, DPMDes, Bidan Kordinator Kota, Ketua TP PKK Kecamatan/Desa, dan Kades di 4 Desa yang terpilih. (Desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman dan BBPOM Padang Pantau Pasar Pabukoan...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Kota Pariaman Siap Ikuti Kompetisi...
    16 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Bunda PAUD Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius Serahkan...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Resmi Dilantik Genius Umar Sebagai Sekdako...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Dasril : Kota Pariaman Berpotensi Untuk Pengembangan Tanaman...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo Kunjungi Kawasan...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman serahkan beasiswa untuk 63 mahasiswa program...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Korban Kebakaran di Desa Rawang, Walikota Pariaman,...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Wakil Walikota Pariaman Langsung Meninjau Rumah Warga Korban...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Paparkan 6 Jurus Genius Pariwisata Kepada...
    13 April 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Penetapan Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang masuk...
    8 Maret 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka JPT Pratama...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETAR1S...
    25 Januari 2021
    Selengkapnya >>
  • Pemanggilan Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Pariaman Periode...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENAWARAN KERJA SAMA MEDIA MASSA UNTUK TA 2021
    1 Desember 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pemenang Kompetisi Foto Digital Majalah Tabuik Tahun...
    27 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Perubahan Terbaru : Hasil Seleksi Calon Pegawai Negeri...
    23 November 2020
    Selengkapnya >>
  • PENCABUTAN SURAT EDARAN WALIKOTA PARIAMAN
    20 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah...
    12 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Calon PNSD dari Formasi Umum...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>