Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakrulloh, Kunjungi Dinas Dukcapil Kota Pariaman


Juned | 14 Oktober 2021

Kominfo Kota Pariaman ---- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H, M.H, Kunjungi Dinas Dukcapil Kota Pariaman, dalam rangka Kunjungan kerja untuk monitoring dan evaluasi pelayan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman, Kamis (14/10).

Pada Kunjungan Kerja Dirjen Dukcapil Kemendagri ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat, Besri Rahmad, Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman, Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Dukcapil Kota Pariaman, Syahfirman serta rombongan yang datang, baik dari Kemendagri, Provinsi Sumbar , Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Zudan melihat, apa yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman ini telah baik, tinggal memoles sedikit ruangan yang ada dan menambahkan satu ruangan khusus untuk pusat informasi.

“Pelayanan yang diberikan sudah baik, dan saya langsung menanyakan kepada masyarakat yang sedang mengurus surat-surat kependudukan, mulai dari pembuatan KK, KTP, penggantian KTP yang rusak dan pelayananyapun juga maksimal,” tukasnya.

Dirjen Dukcapil Kemendagri ini juga mengapresiasi salah satu pojok yang ada di Dinas Dukcapil Kota Pariaman ini, yang menyediakan Teh dan Kopi bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen, dan dirinya langsung membuat sendiri minuman yang ia suka untuk menemaninya duduk dipojok tersebut.

“Luar biasa pelayanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman, dimana masyarakat bisa membuat minuman sendiri, karena sudah disediakan Kopi, Teh dan Gula serta Air Panas yang tersedia di Dispenser, jadi kalau ingin ngopi atau ngeteh, tinggal bikin sendiri, semoga hal ini dapat ditiru oleh Dukcapil lainya, sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Sekda Kota Pariaman, Yota Balad mengungkapka bahwa kunjungan orang nomor satu di Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri ini ke Dinas Dukcapil Kota Pariaman, menandakan Dinas Dukcapil kita sebagai salah satu yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat.

“Dinas Dukcapil Kota Pariaman telah membuktikan menjadi salah satu Dinas Dukcapil yang terbaik di Sumbar, dan kita terus berkomitmen untuk menjadikan pelayanan kependudukan dan catatan sipil, menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Yota Balad juga menegaskan saat ini Dinas Dukcapil Kota Pariaman sudah mempunyai ruangan yang representative, dan mengakomodir seluruh lapisan masyarakat yang akan mengurus dokumentnya, dan disini juga sudah menfasikitasi pelayanan untuk disabilitas, dan juga disediakan kursi roda untuk mereka, tuturnya.

“Selain itu, berbagai macam upaya kita permudah dalam pelayanan dan memfasilitasi masyarakat,  kita juga jempuk bola dengan mengunjungi desa dan kelurahan yang warganya tidak bisa datang ke kantor, maupun untuk penyandang disabilitas, selain inovasi pelayanan mobile yang kami dinamakan Dukcapil Dilayani Dengan Genius (DIGI) mobile,” jelasnya.

Lebih lanjut Yota Balad juga menuturkan bahwa Pelayanan mobile merupakan layanan pengurusan administrasi kependudukan online yang guna mempermudah masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian dan pengurusan lainnya.

“Kami berharap, aplikasi DIGI nantinya akan membantu dan mempermudah masyarakarat dalam pengurusan dan pengambilan dokumen administrasi kependudukan masyarakat. DIGI juga sangat gampang untuk digunakan, dan bisa didownload di playstore menggunakan perangkat android,” ulasnya mengakhiri. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Gelar Pertemuan Bulanan Perdana, Ini Pesan Ketua DWP...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Telah...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Tinjau Pembangunan Desa yang ada di...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • BKOW Sumbar Lakukan Pembinaan Terhadap GOW Kota Pariaman
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Kader Posyandu Cimparuh Indah II dinilai Tim Provinsi...
    25 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Ketok Palu, Rancangan KUA dan PPAS APBD Kota...
    26 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Lepas Tukik Bersama Gubernur Sumatera Barat, ini harapan...
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Minta Dukungan Provinsi Majukan Kota Pariaman
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Diapresiasi Gubernur, Kota Pariaman Sukses tuan rumah BBKT...
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Bakar Semangat Karang Taruna se Provinsi...
    23 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemerintah Daerah Kota...
    25 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi...
    19 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Perpanjangan Jadwal Pendaftaran dan Tambahan Persyaratan Umum Seleksi...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI...
    6 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Profil Gender Kota Pariaman Tahun 2020
    27 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Perpindahan Lokasi Ujian Pengadaan CASN Kota Pariaman TA...
    23 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Lokasi Ujian Mandiri BKN Pengadaan CASN Kota Pariaman...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN DAN PEMBAGIAN SESI SELEKSI KOMPETENSI...
    7 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi Setelah Sanggah Pengadaan...
    19 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Tentang Penundaan Hasil Sanggah Seleksi Administrasi Calon...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>