Disdikpora Kota Pariaman Adakan Rakor Pendidikan


Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menghadiri acara Rakoor Pendidikan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman

Tachi | 18 Februari 2020

Kominfo Kota Pariaman--- Sebanyak 110 orang Kepala Sekolah yang ada di Kota Pariaman, yang terdiri dari Kepala Sekolah Dasar dan Kepala Sekolah Menengah Pertama, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakoor) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, berlokasi di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman Selasa (18/2).

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Disdikpora Kota Pariaman, Rakor ini diadakan selama 3 (tiga) hari yang dimulai dari tanggal 18 s/d 20 Februari 2020. Rakor ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan sinkronisasi dalam mengambil kebijakan dalam bidang pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Kota Pariaman Yurnal menyampaikan bahwa, “kebijakan yang diambil untuk menyamakan persepsi dan sinkronisasi yang akan dilaksanakan itu adalah kebijakan antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, bagaimana kordinasinya dengan kita di sekolah, karena sudah banyak sekali perubahan-perubahan yang mendasar dan kebijakan dari Kementrian Pendidikan terjadi, dan juga bagaimana kebijakan program-program unggulan dari pemerintah Kota Pariaman yang akan kita sinkronisasikan di lingkungan Disdikpora Kota Pariaman”.

“Dalam rakor yang kami gelar selama tiga hari ini, kami juga menghadirkan Narasumber-Narasumber dari OPD-OPD terkait agar tercipta sinkronisasi kerja dan persepsi yang sama antara OPD yang ada di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman dengan sekolah-sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Pariaman”, terang Yurnal

“Ada empat OPD yang jadi Narasumber dalam rakoor ini selain narasumber dari bidang pendidikan dasar Disdikpora kota Pariaman yaitu, yang pertama dari BKPSDM yang terkait dengan masalah cuti kerja dan disiplin para pegawai, yang kedua kami mengundang Inspektorat dengan tujuan untuk memberikan pengawasan dan pembinaan, baik itu pembinaan kepegawaian dan pembinaan dalam cara pengelolaan keuangan. Ketiga kami mengundang Badan Keuangan Daerah dan Aset agar kita tahu bagaimana cara kita mengelola tertib administrasi keuangan , dan narasumber yang ke empat adalah dari DP3AKB dan nantinyan akan menjelaskan bagaimana pelaksanaan sekolah ramah anak itu seharusnya dilakukan”, jelas Kabid Dikdas tersebut.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman Kanderi menyampaikan dalam sambutannya bahwa seharusnya rakor ini harus dilaksanakan setiap tahunnya karena kita dapat mengukur sampai sejauh mana terealisasinya program unggulan Pemerintah Kota dan Kebijakan Kementrian Pendidikan, serta juga renstra pendidikan yang tertuang dalam kegiatan-kegiatan bidang sehingga berada pada satu garis lurus yang nantinya akan mencapai hasil yang maksimal.

Ada 4 hal yang menjadi kebijakan belajar yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang harus kita laksanakan yaitu, pertama untuk ujian nasional kedepannya akan dihapuskan, kedua untuk ujian sekolah diserahkan kepada guru, ketiga untuk mengajar para guru harus mempersiapkan materi pengajarannya, dan yang keempat adalah mempersiapkan zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Untuk itu ikutilah rakoor ini sampai dengan selesai, sehingga ilmu apa yang kita dapatkan disini bisa diterapkan disekolah kita masing-masing untuk kemajuan sekolah dan demi mencerdaskan anak bangsa”, tutup Kanderi. (Desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>