DPMD Kota Pariaman Konsultasi ke Kemendes PDTT RI


Rombongan dari DPMD Kota Pariaman, yang dipimpin oleh Asisten dan Kadis PMD kota Pariaman, Efendi Jamal berfoto bersama di Kementerian Desa PDT, Selasa (19/3/2019)

J | 19 Maret 2019

Kominfo Kota Pariaman--- Pemko Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman lakukan konsultasi dan kunjungan ke kantor Kementeriaan Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta Selatan.

Rombongan yang diterima oleh Staf Ahli Kemendes PDTT, Febby Dt.Bangso dan Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Bito Wikantosa di gedung pertemuan Kemendes PDT, Selasa (19/3/2019).

Kadis DPMD Kota Pariaman, Efendi Jamal mengatakan bahwa konsultasi dan kunjungan ke Kemendes PDTT ini untuk mendiskusikan mengenai penggunaan dana desa dan desa adat.

"Ini juga pertama kali rombongan kepala desa dan lurah serta pengurus LKAAM berkunjung ke kantor Kemendes PDTT RI. Kemaren (Senin, 18/3) ke Kemen ESDM RI dan bertemu dengan Wamen ESDM, Bpk. Arcandra Tahar", ujarnya.

"Koordinasi ini juga bisa membuka wawasan dan pemahaman kades dan lurah tentang pembangunan desa. Kita harapkan dengan kegiatan ini kades lebih aktif dan kreatif mengelola dana desa", sambungnya.

Staf ahli Kemendes PDTT RI, Febby Dt.Bangso menjelaskan kepada 110 orang rombongan bahwa dana desa sudah dikucurkan  sejak tahun 2015 dan selalu mengalami kenaikan dari 25 Triliun hingga 70 Triliun tahun ini.

" Awalnya dana desa ini sempat diragukan penerapannya karena dikhawatirkan kepala desa tidak bisa mengelola dana yang cukup besar itu. Namun pada tahun 2015 itu realisasi dana desa di atas 80 persen", ujar urang awak itu dihadapan kepala desa, lurah dan pengurus LKAAM.

"Dana desa meningkatkan pembangunan infrastruktur di desa. Pembangunan infrastruktur di desa dapat cepat direalisasikan sesuai dengan kesepakatan musrembang desa", sambungnya.

Febby Dt.Bangso juga mengungkapkan bahwa tahun 2019 ini seharusnya dana desa menjadi 73 Triliun, namun karena ada desakan dari pemerintah daerah agar kelurahan juga ada dana seperti desa maka dianggarkan 3 Triliun untuk kelurahan dan desa 70 Triliun untuk desa", jelasnya.

Sementara itu Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT RI, Bito Wikantosa juga menyampaikan agar penggunaan  dana desa harus disesuaikan dengan RPJMD Kota Pariaman, karena visi misi kepala desa harus sejalan dengan visi misi kota.

"Di dalam Permen No. 16 Tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa salah satunya di bidang kesehatan yang meliputi penyediaan air bersih dan sanitasi, pemberian makan tambahan untuk bayi dan balita, hingga pelatihan pemantauan perkembanguan kesehatan ibu hamil atau ibu menyusui serta beberapa kegiatan lainnya", ujarnya.

"Makan tambahan pada bayi dan balita adalah untuk mencegah kasus stunting anak. Stunting membuat otak anak jadi rusak dan tumbuh kembang anak pun jadi tidak normal. Pemerintah desa sangat berperan untuk mencegah kasus stunting ini dengan memberi makanan tambahan pada bayi dan balita", harapnya. (Eri)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN