Gelar Seminar Pembangunan Berbasis SDM Unggul dan industri 4.0, Pemko Pariaman undang Mantan Mentri KKP jadi Narasumber


Mantan Menteri KKP RI era Gusdur dan Megawati, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, ketika menjadi pembicara dalam Seminar pembangunan berbasis SDM unggul dan industri 4.0 untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Jum'at (13/9/2019)

Rika | 13 September 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Untuk membangun suatu daerah yang paling utama dibangun adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar saat membuka seminar pembangunan berbasis SDM unggul dan industri 4.0 untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman, Jumat (13/9).

"Dari sisi sekolah pendidikan formal, Kota Pariaman sangat kosentrasi untuk mengembangkan SDM dengan melaksanakan wajib belajar 12 tahun. Karena SMA/SMK pindah ke provinsi, maka Pemko Pariaman membayar subsidi ke provinsi untuk membantu biaya pendidikan anak-anak SMA/SMK Kota Pariaman", ungkapnya.

"Untuk perguruan tinggi, Pemko Pariaman memiliki program satu rumah satu sarjana (sagasaja) bagi keluarga kurang mampu. Keluarga kurang mampu minimal memliki satu orang yang sarjana di keluarganya, sekurangnya pendidikan D3. Sehingga setelah tiga tahun tamat dari pendidikan tersebut, mereka bisa bekerja dan mengangkat keluarganya dari kemiskinan", sambungnya.

Selama ini Pemko Pariaman telah memberikan program-program penanggulangan kemiskinan dari tahun ke tahun, bahkan program tersebut ditambah terus, tetapi penurunan angka kemiskinan tidak signifikan.

"Tahun ini dengan program Satu rumah satu sarjana (Sagasaja), kita sekolahkan anak-anak dari keluarga kurang mampu ini dan nanti anak tersebut bertanggungjawab untuk mengangkat keluarga keluar dari kemiskinan", jelasnya.

Pemko Pariaman memiliki anggaran yang terbatas, untuk itu, kepada BUMN untuk dapat ikut berpatisipasi untuk membantu Kota Pariaman dan mendukung program Sagasaja. "Mengapa demikian, karena untuk membangun Kota Pariaman tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, tetapi juga termasuk tanggungjawab kita semua", ulasnya.

"Di era industri 4.0, kita tidak lagi secara manual melakukan sesuatu, kita dituntut cepat dalam melakukan segala hal. Ketika Pemerintah lambat dalam melaksanakan pelayanan, rakyat langsung protes, sehingga Pemko melaksanakan program smartcity, bagaimana pelayan publik itu dengan sistem online", ujarnya.

"Dari sisi pembangunan, kita melaksanakan pembangunan berbasis ekologi, mengembangkan waterfroncity dimana sungai menjadi harapan kita, sungai menjadi bersih sehingga bisa menjadi tujuan wisata", ucapnya lebih lanjut.

Lebih lanjutnya, dari segi kesehatan, kita mengembangkan healty city yaitu kota sehat. bagaimana masyarakat sekitar sehat, SDM nya bagus, otaknya pintar dan sehat, sehingga ketika kita membangun infrastuktur fisik pun bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Banyak program yang kita kerjakan, diminta semua unsur baik pemerintah daerah, kalangan masyarakat, ulama dan semua unsur sama-sama membangun Kota Pariaman yang lebih baik lagi", pungkasnya mengakhiri.

Sementara itu pembicara utama, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, yang merupakan mantan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, era Gusdur dan Megawati ini mengatakan, untuk membangun Kota Pariaman, harus memiliki konsep pembangunan yang benar dan jitu dan mengimplementasikan konsep pembangunan tersebut secara  berkelanjutan.

"Syaratnya, Kota Pariaman harus memiliki SDM unggul dan berbasis teknologi. Dalam perencanan yang bagus dapat menentukan 50 persen dalam pembangunan. Kita harus belajar dari kota-kota lain yang ada di Indonesia, yang lebih maju dari kita untuk membangun Kota Pariaman kedepan", tuturnya.

Guru Besar IPB ini juga mengungkapkan bahwa indonesia, masih jauh tertinggal dari negara-negara lain, baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan,  infrastruktur dan pariwisata.

"Masih banyak penduduk kita yang berada di bawah garis kemiskinan, untuk itu, pemerintah perlu meningkatkan pendapatan bagi warga miskin ini, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan wajibnya, baik sandang, pangan dan pekerjaan" tukasnya.

"Dengan perkembangan industri 4,0 saat ini, kita berharap, generasi Kota Pariaman kedepan, mempunyai SDM yang unggul dibidangya, sehingga Kota Pariaman menjadi unggul, maju, dan sejahtera", tutupnya.  (rika/J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman Gelar Rapat Tim Terpadu dan Kawasan...
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Tandatangani MoU dengan GI
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Indeks SPBE Kota Pariaman Meningkat Di Tahun 2020
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • BPBD Gelar Rapat Persiapan Jelang Apel Siaga Bencana
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Realisasi Investasi untuk Gerakkan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden Jokowi "Jangan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Presiden RI Joko Widodo, Genius Umar Hadiri...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Masuk Nominasi Penilaian Kalpataru tingkat Sumbar...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Millenial Beach Runner Warnai Wisata Kota Pariaman
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Desa Tungkal Selatan Segera Bangun Sistem Sanitary Landfill
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN SAYEMBARA MERANCANG ALAT TTG
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN...
    14 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN SELEKSI TERBUKA  JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    30 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • HIMBAUAN WALIKOTA PARIAMAN
    28 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) PENGADAAN...
    24 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemko Pariaman
    22 Januari 2020
    Selengkapnya >>