Genius Umar "Bantuan agar dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga"


Walikota Pariaman Genius Umar menyerahkan bantuan untuk nelayan kota Pariaman di Dinas Pertanian pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Selasa (22/1/2019)

Juned | 22 Januari 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Dengan diberikannya bantuan untuk para nelayan dan para penjual ikan hasil tangkap yang kita serahkan hari ini, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga, yang nantinya akan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat, sehingga angka kemiskinan di kota pariaman, akan semakin berkurang.

"Gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, untuk mencari dan menambah rezky bagi para penerima, dan kita berharap bantuan ini betul-betul bermanfaat bagi mereka" ujar Walikota Pariaman, Genius Umar, ketika menyerahkan Bantuan Sarana dan Prasarana Pemasaraan Hasil Produk Perikanan, dan Pemberdayaan Usaha Skala Kecil Masyarakat Kelautan dan Perikanan, Program Pengembangan Perikanan Tangkap tahun 2018, kepada nelayan yang ada di Kota Pariaman, di kantor Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Jati, Selasa (22/1).

Genius Umar juga mengungkapkan, tujuan diberikannya bantuan ini adalah untuk menjaga kualitas ikan agar sampai ditangan konsumen dalam keadaan baik dan layak dikonsumsi sebagai bahan makanan.

"Tujuan lainya adalah untuk Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup nelayan, Meningkatkan perluasan lapangan kerja, serta kesempatan usaha, dan produksi usaha perikanan tangkap di sekitar kota pariaman", tuturnya.

Selain pengembangan pariwisata, Kota Pariaman merupakan salah satu Kota yang memiliki perairan laut yang sangat potensial. Kondisi tersebut didasari  oleh potensi  wilayah pesisir dan kelautan yang kita miliki.  Karenannya diperlukan penyesuaian fokus pembangunan daerah pada sumber daya pesisir dan kelautan.  

"Kedepan kita akan sinkronkan pengembangan perekonomian untuk daerah kita, mulai pembangunan pasar pariaman, pembangunan mesjid terapung, kedepan kita akan berupaya untuk pembangunan pelabuhan di sunur, serta kita akan terus berupaya untuk menarik investor dalam membangun Hotel yang representatif di Kota Pariaman", jelasnya.

"Apabila 4 hal tersebut telah tercapai, maka Kota Pariaman akan dapat berlari dengan kota besar lainya di indonesia, dan menjelma menjadi destinasi dan pertumbuhan ekonomi baru di pesisir barat sumatera", tutupnya.

Berdasarkan penuturan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril menjelaskan bantuan yang diberikan pada hari ini berupa sebanyak 9 buah Becak motor roda tiga, 20 buah mesin long tail, 80 buah Fish Box dan 20 paket alat penangkapan ikan jaring (gill net), yang diberikan kepada kelompok nelayan dan penjual hasil tangkap perorangan dan kelompok.

"Sebelumnya kita menerima masukan dan proposal dari para nelayan dan kelompok serta para penjual hasil tangkap, sehingga dari proposal tersebut kita membuat kebutuhan apa yang diperlukan oleh mereka, dan pada hari i ni, kita realisasikan dengan pemberian bantuan", ulasnya.

Bantuan ini juga merupakan hasil dari Pokok Pikiran (Pokir) dari anggota DPRD Kota Pariaman, dimana ada 5 anggota Dewan yang mengajukan Pokirnya untuk kegiatan ini di anggaran APBD P Kota pariaman 2018 kemaren, dimana kelima anggota dewan tersebut adalah Reza Saputra, Hamdani, M. Yasin, Jonasri dan Nasril, ucap Dasril.

"Untuk tahun 2019 ini, kita juga sedang berupaya untuk memberikan bantuan kembali kepada para nelayan beserta kelompok dan penjual hasil tangkap, yang pada kali ini belum menerima bantuan, sehingga para nelayan yang ada di Kota Pariaman, dapat menerima bantuan ini selluruhnya", tukasnya.

"Kepada para penerima kita juga mewanti-wanti, agar bantuan ini dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, dirawat dan dipelihara, tidak boleh digunakan untuk kegiatan lainya, apalagi dialih fungsikan serta diserah terimakan kepada yang lain, apabila kita temui hal tersebut di lapngan, maka bantuan ini akan kita tarik kembali" katanya mengakhiri. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>