Genius Umar Berikan Kiat Jitu Dalam Memilih Jurusan Dan Karir


Phaik | 29 Juni 2020

Kominfo Kota Pariaman - Dalam merekrut mahasiswa baru, Universitas Terbuka (UT) Padang mengundang Walikota Pariaman Genius Umar sebagai salah satu narasumber dalam Webinar melalui aplikasi zoom secara virtual melalui video conference (vidcon).

Webinar tersebut mengangkat tema "Memilih Jurusan Dan Karir Yang Tepat" dibuka oleh Direktur UT Padang, Yusrafiddin dengan moderator Fatia Fatimah.

Genius Umar, yang merupakan Doktor S3 Program Manajemen dan Kebijakan Pengelolaan SDA dan Lingkungan, menjadi mentor tersebut disela-sela aktivitasnya sebagai Wako Pariaman di ruang kerjanya, Senin (29/6/2020).

" If you wish to achieve worthwhile things in your personal and career life, you must become a worthwhile person in your own self-development (Jika kamu ingin mencapai hal-hal berharga dalam kehidupan pribadi dan karirmu, kamu harus menjadi orang yang berharga dalam pengembangan dirimu sendiri)," begitu ungkap Genius saat menjadi narasumber webinar melalui vidcon kepada peserta yang mendaftar sebelumnya melalui situs UT Padang.

Lebih lanjut, Genius Umar, menjelaskan setiap kita, dalam memilih program studi harus menyesuaikan dengan kemampuan diri, mengukur arah potensi diri pribadi demi mencapai masa depan.

" Karena, masa depan adalah salah satu motivasi seorang manusia untuk hidup. Sebab masa depan adalah tempat untuk setiap harapan, tujuan ataupun cita-cita seseorang. Oleh sebab itu, memiliki rencana yang matang akan masa depan adalah strategi yang sangat baik," ujarnya lagi.

Genius juga tak sungkan-sungkan membocorkan beberapa tips memilih jurusan yang tepat untuk berkuliah, diantaranya pahami potensi diri yang bermaksud sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri.

" Selanjutnya Kenali PASSION Dimiliki, passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi," jelas Genius kepada para peserta calon mahasiswa tersebut.

Selanjutnya, yang tak kalah pentingnya, tips dalam memilih jurusan yang tepat untuk berkuliah, dengan lihat peluang kerja, tidak ikut teman karena banyaknya teman yang berbondong-bondong mengambil jurusan tersebut.

" Dan, Yang tak kalah penting, nilai diri sendiri, karena dengan menilai diri sendiri akan menentukan arah jurusan dan kemampuan kita dalam menguasai bidang ilmu yang sesuai dengan diri sendiri sebelum anda memilih karir yang tepat," imbuh Genius.

Dan yang tak kalah pentingnya, sambung Genius, anda harus memahami minat, keterampilan, bakat, dan kepribadian untuk memilih pekerjaan yang cocok dilakukan.

" Bekerja di bidang yang diminati akan membuat anda lebih bahagia menjalaninya. Anda pun bisa mengembangkan kemampuan secara maksimal, pilihlah jurusan dan karier yang tepat untuk masa depan anda. sesuatu harus direncanakan dengan baik dan matang. jangan mengambil keputusan dengan tergesa – gesa tanpa pertimbangan yang baik. rencanakan dengan sempurna dan mantaplah pada keputusan yang telah diambil, " tutupnya mengakhiri.(Fadli)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Genius Umar Tinjau Kampung Tangguh “Tagok” Desa Cubadak...
    3 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Tanam Bibit Jagung Bersama Kelompok Tani...
    3 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Resmikan Jembatan Pelangi Desa Kandang
    3 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • 75 Orang Anak Kurang Mampu Ikut Sunat Masal...
    3 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Resmikan Jembatan Pelangi, Walikota Pariaman kagumi Keindahan Alam...
    3 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Jadi Narasumber Webinar International, Genius Umar Satu-Satunya Peserta...
    2 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • HUT Kota Pariaman Dimasa Pandemi Dilaksanakan Secara Virtual
    2 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • 18 Tahun Kota Pariaman, Genius Umar Sampaikan Percepatan...
    2 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Jajaran SOPD Kota Pariaman Ikuti Sidang Paripurna DPRD...
    2 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Peringati HUT Kota Pariaman ke 18, Empat Kecamatan...
    2 Juli 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumuman Pendaftaran Calon Pimpinan Badan Amil Zakat Kota...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAM HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM...
    12 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENGADAAN KOORDINATOR DAN TENAGA PENDAMPING...
    10 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP IT Al Furqan Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP IT Mutiara Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP Nurul Ilmi Bilingual Integrated Islamic...
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP N 9 Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP N 8 Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP N 7 Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan SMP N 6 Pariaman
    5 Juni 2020
    Selengkapnya >>