Genius Umar “Dasawisma ujung tombak pembangunan daerah”


Juned | 17 April 2023

Kominfo Kota Pariaman --- Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa Dasawisma merupakan ujung tombak pembangunan daerah, karena dengan kehadiran dasawisma yang berakar ditengah masyarakat, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan hingga ke tingkat Kota Pariaman, mereka menjadi motor penggerak pendataan di pemerintahan daerah.

“Semua program daerah, yang ada di beberapa OPD semua programnya ada di desa dan kelurahan, dengan penggeraknya melalui dasawisma, sehingga keberhasilan kelompok dasawisma ini, menjadi sangat penting sebagai penentu keberhasilan pembangunan daerah,” ujarnya ketika menyerahkan bantuan operasional Ketua Kelompok Dasawisma se Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Senin (17/4/2023).

Genius menuturkan bahwa berbagai program yang telah Pemko Pariaman cetuskan, kesemuanya adalah untuk peningkatan kesejahteraan dan SDM masyarakat Kota Pariaman, sehingga berbagai program tersebut mengacu kepada data yang dikumpulkan dari Ketua Dasawisama, ucapnya.

“Dasawisma yang merupakan kader PKK ini, adalah ujung tombak pemerintahan kita saat ini, karena mereka langsung yang mendata setiap rumah ke rumah yang ada di masyarakat kita, sehingga data tersebut dapat menjadi acuan kita dalam mengambil sebuah kebijakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Genius menuturkan bahwa substansi dari kerja PKK itu, adalah output nya dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat, karena itu peranan dari setiap OPD sangat diperlukan dalam memback up kegiatan PKK, dan nantinya kegiatannya akan dilakukan oleh dasawisma yang ada diakar rumput, ulasnya.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pariaman, mengapresiasi tugas yang telah Ketua Dasawisma ini lakukan untuk Kota Pariaman, dan pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzhin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, karena sebentar lagi kita akan memasuki Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M, tingkatkan terus kinerja ibu-ibu semua, sehingga dapat kompak selalu memberikan yang terbaik untuk daerah kita," tutupnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius menyatakan, bahwa hari ini, kita menyerahkan bantuan operasional kepada 1059 Ketua Kelompok Dasawisma yanag ada di Kota Pariaman untuk 4 bulan pertama di Tahun 2023 ini, terangnya.

“Kota Pariaman mempunyai 1.059 Ketua Kelompok Dasawisma, dan selama dua hari kedepan, kita menyerahkan bantuan operasionalnya, dimana untuk hari ini, pagi untuk 219 Dasawisma Kecamatan Pariaman Timur, dan nanti siang 299 dasawisma Kecamatan Pariaman Tengah, dan besoknya untuk pagi 229 dasawisma Kecamatan Pariaman Utara dan siangnya 212 dasawisma Kecamatan Pariaman Selatan,” ungkapnya.

Istri Walikota Pariaman ini juga mengatakan bahwa, bantuan operasional ini sebagai bentuk dukungan terhadap Ketua Kelompok Dasawisma, dalam program kerja PKK dan kelancaran program pendataan keluarga terpadu satu pintu, sehingga Pemerintah Kota Pariaman melalui TP PKK Kota Pariaman, memberikan dana bantuan operasional senilai Rp.50 ribu per bulan, kepada masing-masing Ketua Kelompok Dasawisma yang ada di Kota Pariaman.

"Hari ini kita menyerahkan bantuan untuk  4 bulan pertama, memang bantuan dana ini tidak seberapa jumlahnya, tapi hal tersebut merupakan salah satu ungkapan rasa terimakasih kami atas dedikasi Ketua ibu-ibu semua, yang telah membantu kami dalam menjalankan program-program PKK, dan menjadi ujung tombak dari program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kota Pariaman,” tuturnya mengakhiri.

Pada acara ini, TP PKK Kota Pariaman juga memberikan doorprice sarung kepada para kader Ketua Kelompok Daswisma, yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan mulai dari Walikota, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Kepala DPMDes, dan Ketua Pokja. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>