Genius Umar Hadiri The Vast Piaman Fest yang digelar DPP PKDP di Blok M Square


Walikota Pariaman Genius umar mengambil sirih dalam carano ketika menghadiri The Vast Pariaman Fest yang digelar DPP PKDP Pusat di Bok M Square, Jum'at (5/4/2019)

Juned | 5 April 2019

Kominfo Kota Pariaman, Jakarta --- Walikota Pariaman H Genius Umar mengatakan, Festival Piaman Laweh (The Vast Piaman Fest) Tahun 2019 yang digelar Dewan Pengurus Pusat Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPP PKDP) dari tanggal 5-7 April 2019 di Jakarta, merupakan bagian kepedulian perantau yang tergabung dalam paguyuban PKDP untuk memperkuat keberpihakan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Piaman.

"Ada harapan, melalui forum ini akan lahir berbagai masukan positif untuk mendukung pelaku UMKM, khususnya produsen sala, agar dapat berkembang lebih baik dan profesional lagi", ujar Walikota Genius pada saat berbicara sebagai narasumber di forum Ota Lapau The Vast Piaman Fest 2019, yang digelar DPP PKDP di Blok M Square Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Selain Genius, narasumber lain diantaranya Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Guru Besar Unand Fashbir Noor Sidin, Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network Global, Burmalis Ilyas dan Freesca Syafitri (Tenaga Ahli DPR RI).

Lebih jauh dikatakan oleh Walikota Genius Umar, upaya menduniakan produk sala Piaman sebagai kuliner khas Piaman butuh peran serta PKDP sebagai organisasi paguyuban yang telah mendunia.

"PKDP dapat mengambil peran strategisnya, karena PKDP memiliki global network dan kapasitas untuk itu", ujar Genius Umar.

Saat menanggapi saran Vita Gamawan Fauzi agar Pemko Pariaman membuat iven festival sala,

Genius Umar mengatakan bahwa produk sala selalu ditampilkan di ajang festival Pesona Gandoriah yang digelar tiap tahun di Pariaman.

"Namun, kalau khusus hanya sala, Pemko Pariaman juga siap. Tapi syaratnya PKDP harus berperan dalamnya. Saya minta DPW dan DPD PKDP se Indonesia harus ikut sebagai peserta", tantang Genius Umar.

Sementara itu, Wabup Padangpariaman Suhatri Bur mengatakan, menduniakan sala Piaman telah dilakukan oleh Pemda di Piaman. Menurut Suhatri Bur, ekspor tepung sala telah dikirim ke negara tetangga, terutama Malaysia. Dengan diekspor dalam bentuk tepung sala, bisa menjadi lebih tahan lama. Dengan dalam bentuk tepung, ada lebih banyak varian sala yang bisa disajikan konsumen ketimbang mengekspor sala yang sudah digoreng.

"Jangan ada di pikiran kita, sala Piaman hanya yang bulat-bulat itu saja. Itu salah. Banyak varian sala di Piaman, ada sala cumi, sala baledang, sala mansi, sala lauak busuak, sala udang, dll. Mengenai sala yang sudah seminggu masih juga dijual, itu hanya isu belaka", tegas Suhatri Bur.

Ketua Umum DPP PKDP H Refrizal Sikumbang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak. Menurut Refrizal, iven The Vast Piaman Fest merupakan kegiatan kebudayaan dan pariwisata, sehingga adat basandi syarak tidak lapuk karena panas dan tidak lekang karena hujan.

Refrizal juga menyarankan pada Pemda di Piaman untuk mengajak dan memanfaatkan PKDP se Indonesia sebagai agen wisata Piaman. "PKDP akan siap mensupport itu", ujar anggota DPR RI itu.

Iven The Vast Piaman Fest 2019 dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta diwakili Walikota Jakarta Selatan. Marullah Matali Acara yang berlangsung dari tanggal 5-7 April itu menampilkan festival jajanan Sumbar, fashion show, atraksi budaya dan kesenian dari Piaman. Acara dimeriahkan dengan penampilan legenda artis Minang Cik Uniang Elly Kasim dan Ernie Djohan serta penampilan Ajo Bule, Rani Sagita dan Kesenian dari Sanggar Darak Badarak Kota Pariaman.

Tampak hadir pada acara pembukaan itu, pengusaha Minang asal Piaman H Sagi, Camat Kebayoran Baru Tomi Fudihartono, Kadis Pariwisata Kota Pariaman Elfis Candra, Kabag Umum Kota Pariaman Ferry Ferdian, Ketua GOW Kota Pariaman Indri Mardison serta isteri-isteri beberapa duta besar negara sahabat. (Rusdi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>