Genius Umar Paparkan Program "Saga Saja Genius" Dalam Webinar AMIK Daparnas LP3I Padang


Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi dihadapan seluruh peserta webseminar (webinar) AMIK Daparnas Lembaga Pendidkan dan Pengembangan Profesi (LP3I) Padang melalui video conference (vidcon) di Ruang Kerja Walikota Pariaman, Jumat (19/6/2020).

Rika | 19 Juni 2020

Kominfo Kota Pariaman --- Pentingnya  pendidikan vokasi bagi generasi milenial karena pendidikan vokasi memegang peranan sentral pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi dihadapan seluruh peserta webseminar (webinar) AMIK Daparnas Lembaga Pendidkan dan Pengembangan Profesi (LP3I) Padang melalui video conference (vidcon) di Ruang Kerja Walikota Pariaman, Jumat (19/6/2020).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa menurut UU Nomor 20 Tahun 2003, Pendidikan Tinggi di Indonesia terbagi : Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Profesi/ Spesialis.

“ Pendidikan Vokasi adalah Pendidikan Tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan cakupannya meliputi : Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3), Diploma IV (D4)” ujarnya.

Sedangkan menurut arahan Presiden RI adalah menciptakan Sumber Daya Manusia(SDM) Unggul Indonesia Maju.

“ Presiden Joko Widodo saat ini lebih fokus pada pendidikan vokasi dan peningkatan keterampilan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan Jokowi pada rapat terbatas mengenai pembangunan SDM untuk akselerasi ekonomi tahun 2018 “, katanya.

“ Maka dari itu, pendidikan vokasi memegang peranan sentral pendidikan di Indonesia. Dengan tujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional “, sambungnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Hubungan dengan Kota Pariaman adalah sesuai dengan Visi dan Misi Kota Pariaman yaitu untuk mewujudkan berbagai program tersebut kita memiliki banyak program unggulan.

“ Ada 19 program unggulan Kota Pariaman, salah satu program unggulan yang relevan dengan seminar hari ini untuk memperkuat pendidikan vokasi adalah Satu Keluarga Satu Sarjana Ciptakan Generasi Intelektual dan Religius (Saga Saja Genius) “, jelasnya.

Program ini memberikan pemberian beasiswa kepada Keluarga Kurang Mampu untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (Vokasi). Biaya mencakup biaya kuliah dan juga biaya hidup selama kuliah.

“ Satu tahun kita menargetkan 100 orang dikirim, maka dalam 5 tahun kedepan ada 500 orang. Dari 500 orang ini merekalah yang nantinya mengeluarkan keluarganya masing-masing keluar dari kemiskinan “, ulasnya.

Peguruan Tinggi yang sudah MoU dengan Kota Pariaman yakni Politeknik Negeri Padang, Batam Tourism Polytechnic, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Universitas Negeri Padang, Universitas Dharma Andalas, Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Universitas Indonesia.

Genius Umar menuturkan bahwa motivasi untuk mahasiswa Saga Saja Genius adalah Mahasiswa Saga Saja yang memperoleh IP dibawah 2.75 akan dihentikan bantuan beasiswa untuk semester selanjutnya, tetapi jika kembali mendapatkan IP > 2.75 akan diberikan bantuan kembali. Sedangkan mahasiswa yang mendapatkan IP diatas 3.75 maka akan ditambah insentif uang saku sebesar Rp. 1.000.000,-

“ Untuk pendidikan vokasi saya ucapkan selamat atas kerja selama ini dan diharapkan selalu berbuat untuk bangsa sehingga angka pengangguran akan berkurang dan angka kemiskinan juga ikut berkurang serta kualitas pendidikan semakin meningkat. Sedangkan untuk mereka yang sedang belajar selalu semangat dan masa depan menunggu kalian semua “, pungkasnya mengakhiri. (rika)

 

 

 

 

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>