Genius Umar paparkan Program Sagasaja di Antara Media Digital


Juned | 22 September 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Pendidikanlah yang akan memperbaiki kehidupan manusia, dan Kota Pariaman sangat memahami hal tersebut dengan membuat program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika menandatangani MoU dengan Antara Digital Media, yang merupakan anak perusahaan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, dan langsung disaksikan oleh Deputi 7 Kementerian Polhukam RI, Marsda TNI Arif Mustofa, yang mana dirinya membawahi beberapa kementerian, termasuk Kominfo dan Antara, terkait layanan informasi publik, bertempat di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Rabu siang (22/09).

Genius mengatakan, bahwa kita harus menciptakan generasi muda yang mempunyai daya saing, yang dapat berbicara di pentas nasional dan internasional, karena itu diperlukanya generasi muda yang mumpuni untuk itu.

"Setiap kita harus mempunyai kemampuan, ketrampilan dan skill yang dapat diandalkan, sehingga kita dapat menjadi generasi unggul, yang nantinya akan berimbas kepada peningkatan taraf hidup mereka dan keluargnya," tuturnya.

Walikota Pariaman ini mengatakan bahwa Program Satu Keluarga Satu Sarjana ini, merupakan program unggulan yang kami angkat ketika maju dalam Pilkada tahun 2018 yang lalu

"Dalam program ini, kita menginginkan dalam satu keluarga yang ada di Kota Pariaman, kami harapkan mempunyai satu orang yang lulusan sarjana, atau sarjana muda. Dengan Pendidikan yang kita inginkan adalah pendidikan vokasi, sehingga mereka mempunyai ketrampilan dan skill ketika lulus nanti, yang kita harapkan dapat bekerja untuk perbaikan tingkat kesejahteraan keluarganya nanti", tukas Genius.

"Kami meyakini, bahwa pendidikan adalah formula paling ampuh dalam mengentaskan kemiskinan, dan memutus mata rantai kemiskinan itu sendiri," tambahnya.

Untuk menampung pelajar yang akan kita kirim ke Perguruan Tinggi Vokasi, Pemerintah Kota Pariaman telah membuat Memorendum of Understanding (MoU) dengan beberapa Perguruan Tinggi antara lain dengan Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), Politeknik Perikanan dan Kelautan Padang Pariaman, Batam Tourism Polyteknik (BTP), vokasi Insititute Teknologi Bandung (ITB) dan vokasi Universitas Indonesia (UI).

"Program Satu Keluarga Satu Sarjana ini juga telah termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, sehingga akan menjadi program yang kita harapkan dapat mengentaskan angka kemiskinan yang ada di Kota Pariaman", kata walikota yang bergelar Doktor (S3) di IPB ini.

Sebab ada teori sosiologi, yaitu lingkaran kemiskinan. Bahwa kemiskinan itu ada karena tidak bisa sekolah. Jadi orang tidak bisa sekolah karena dia miskin dan orang miskin karena tidak sekolah, dan hal terus berputar, ucapnya.

"Program Sagasaja ini adalah salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan tersebut, dan ini harus dengan intervensi pendidikan yang sedang dilaksanakan oleh Pemko Pariaman dalam beberapa tahun terakhir ini, karena mahasiswa tersebut setelah tamat kuliah, dapat langsung bekerja di perusahaan yang menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi tempat mereka kuliah,” jelasnya.

Para mahasiswa ini akan menerima uang saku dan biaya pendidikan, yang dibayar sepenuhnya oleh pemerintah. Untuk uang saku diterima masing-masing anak Rp.3 juta/semester dan uang semester tergantung dari kampus yang mereka pilih.

"Selain itu, Pemko Pariaman juga memberikan bonus kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,75 sebesar Rp 1 juta, dimana dengan adanya bonus ini, akan membuat mereka lebih bersemangat untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dengan belajar secara sungguh-sungguh, “ terangnya.

Pembayaran biaya Program Sagasaja untuk semester 1, 2 dan 3, semua biaya ditanggung oleh Badan Amil Dzakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, Sementara untuk semester 4, 5 dan 6 biaya akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pariaman, tutupnya.

Deputi VII Kementerian Polhukam RI, Marsda TNI Arif Mustofa, yang juga Ketua Lemhanas ini mengapresiasi atas terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Walikota Pariaman ini.

"Kami sangat mendukung program yang digagas oleh Pemko Pariaman, Sumatera Barat ini, tidak banyak kepala daerah yang konsen dan peduli dengan pendidikan,  karena seyogyanya dengan semakin tinggi tingkat pendidikan suatu daerah, maka akan semakin meningkatkan pemahaman tentang indeks ketahanan daerah," Jelasnya.

Arif Mustofa juga menerangkan bahwa Kementerian Polhukam telah mengeluarkan Indeks ketahanan daerah yang ada di indonesia, dimana dengan adanya indeks ini, kita dapat memetakan tingkat kepedulian daerah terhadap penanaman nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, yang menjadi acuan untuk menunjukkan ketahanan suatu daerah, tukasnya mengakhiri. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Gelar Pertemuan Bulanan Perdana, Ini Pesan Ketua DWP...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Telah...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Tinjau Pembangunan Desa yang ada di...
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • BKOW Sumbar Lakukan Pembinaan Terhadap GOW Kota Pariaman
    27 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Kader Posyandu Cimparuh Indah II dinilai Tim Provinsi...
    25 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Ketok Palu, Rancangan KUA dan PPAS APBD Kota...
    26 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Lepas Tukik Bersama Gubernur Sumatera Barat, ini harapan...
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Minta Dukungan Provinsi Majukan Kota Pariaman
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Diapresiasi Gubernur, Kota Pariaman Sukses tuan rumah BBKT...
    24 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Bakar Semangat Karang Taruna se Provinsi...
    23 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemerintah Daerah Kota...
    25 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi...
    19 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Perpanjangan Jadwal Pendaftaran dan Tambahan Persyaratan Umum Seleksi...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI...
    6 Oktober 2021
    Selengkapnya >>
  • Profil Gender Kota Pariaman Tahun 2020
    27 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Perpindahan Lokasi Ujian Pengadaan CASN Kota Pariaman TA...
    23 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Lokasi Ujian Mandiri BKN Pengadaan CASN Kota Pariaman...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN DAN PEMBAGIAN SESI SELEKSI KOMPETENSI...
    7 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi Setelah Sanggah Pengadaan...
    19 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Tentang Penundaan Hasil Sanggah Seleksi Administrasi Calon...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>