HPSN tingkat Kota Pariaman Tahun 2019, Pemko Pariaman Gelar berbagai kegiatan


Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Wawako dan Kapolres Pariaman, menimbang sampah botol plastik yang terkumpul di Stand Bank Sampah Sabiju Liber pada rangkaian kegiatan HPSN 2019 tingkat Kota Pariaman di Pantai Gandoriah, Jum'at (12/4/2019)

J | 12 April 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Pemerintah Kota Pariaman menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Pariaman Tahun 2019 yang dipusatkan di Pantai Gandoriah, Jum'at (12/4/2019).

Walikota Pariaman Genius Umar mengungkapkan bahwa sebagai daerah perkotaan yang sedang berkembang dan tengah melakukan pembangunan di berbagai aspek pembangunan di wilayah perkotaan, Kota Pariaman berkomitmen untuk mewujudkan Pariaman sebagai Kota Wisata yang berwawasan lingkungan atau yang dikenal dengan “Kota Hijau” (Pariaman Green City).

"Hal ini sejalan dengan Visi Misi Kota Pariaman 2018-2023, yakni mewujudkan 'Pariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa, Yang Religius Dan Berbudaya'. Namun komitmen ini, perlu didukung bersama oleh semua pihak, mulai dari Pemerintah, Swasta maupun masyarakat, karena ini hal ini merupakan tugas kita bersama", ujarnya.

Dan dalam upaya mewujudkan hal tersebut, salah satu aspek penting atau merupakan atribut Green City adalah Green Waste, sebagai bentuk pengelolaan sampah dengan pola 3R (Reduce, Reuse And Recycle).

"Kota Pariaman sampahnya mencapai 60 ton sehari dan 30 persenya bisa kita Reuse, Reduce dan Recycle (3R). 70 persen baru dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). TPA kita juga sudah hampir penuh, maka perlu dilakukan pengolahan sampah yang ada di TPA dan perluasan TPA yang kita punya", tuturnya.

"Sebagai Kota tujuan wisata, Kota Pariaman harus bersih dan nyaman. Saat ini, kami melihat masih banyak wisatawan dan masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat", tambah Genius

Saya imbau masyarakat dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya ulasnya mengakhiri.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim & LH) Kota Pariaman, Sumiramis mengatakan rangkaian kegiatan HPSN tingkat Kota Pariaman Tahun 2019 ini dimulai dengan senam bersama, bersih pantai, bazar hasil daur ulang, launching penggunaan tas belanja pakai ulang dan kampanye Bring Your own Tumbler (membawa botol minimuan sendiri) untuk pelajar.

"Selain itu, kami juga melaksanakan kampanye dan penandatanganan komitmen pengurangan sampah plastik oleh seluruh element pemerintahan di Kota Pariaman, serta ada barter sampah plastik jadi sembako yang disiapkan oleh Bank Sampah Sabiju Liber yang dikelola oleh Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman", katanya.

Tema untuk HPSN kali ini adalah "Kelola sampah untuk Pariaman Bersih, Sehat dan Bernilai", dengan mengkampanyekan gerakan Ayo Pilah Sampah, sehingga komitmen kita bersama untuk mengatasi permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, dapat kita tekan dan atasi, ucap Sumiramis. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN