Jelang Serah Terima, Dinas Perkim dan LH Lakukan Pengecekan IPAL


dewi | 14 Februari 2020

Kominfo Kota Pariaman---Menjelang dilaksanakannya serah terima Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman hari ini Jum’at (14/2) melakukan pengecekan IPAL. Pengecekan dilakukan ke seluruh desa yang mendapat bantuan pembuatan IPAL.

“Hari ini kita melakukan pengecekan kesiapan IPAL langsung kedesa – desa yang mendapat bantuan. Pengecekan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah IPAL tersebut selesai dengan semsetinya atau ada permasalahan seperti penyumbatan, “ ungkap Kepala Dinas Perkim dan LH M.Syukri saat dihubungi oleh Tim Media Center Kota Pariaman hari ini Jm’at (14/2).

Pembuatan IPAL ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Pariaman dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memperhatikan pengelolaan dan pengolahan limbah yang ada di masyarakat baik limbah produksi ataupun limbah rumah tangga (domestik).

“Memberikan bantuan  hibah IPAL ke masyarakat di Kota Pariaman merupakan salah  satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. IPAL ini sangat penting untuk memproses air sisa produksi pabrik dan rumah tangga serta fasilitas lain baik perorangan maupun komunal agar masyarakat di Kota Pariaman terjamin dari sisi kesehatannya, “ terangnya.

Pembuatan IPAL merupakan salah satu kegiatan dari Sanitasi  Berbasis Masyarakat Islamic Development Bank (SANIMAS IDB). Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan IPAL ditanggung oleh IDB. Tahun anggaran 2019, Kota Pariaman kembali mendapat bantuan pembuatan IPAL sebanyak 12 lokasi yang tersebar di Kota Pariaman dengan total bantuan Rp 5,1 m.

“Bantuan IPAL dari APBN Tahun 2019 sebanyak Rp 5, 1 m ini dibagi menjadi 12 lokasi pembuatan ipal. Lokasi tersebut telah dicek terlebih dahulu oleh tim yang dibentuk dan diseleksi langsung dari provinsi. Mereka turun kelapangan dan melakukan pengecekan dengan  3 kriteria yaitu kepadatan penduduk, rawan sanitasi dan pastisipasi masyarakat. Adapun lokasi pembuatan IPAL tersebut adalah 5 di kelurahan Jawi – Jawi II, 1 Kelurahan Kp.Pondok, 1 di Desa Pauh Barat, 2 di Desa Ampalu, 2 di Alai Gelombang dan 1 di Desa Apar, “ tambahnya.

Saat ini masyarakat harus memahami fungsi semboyan kebersihan sebagian dari iman dan pemerintah ikut membantu dalam penyediaan sarana kebersihan lingkungan melalui alat IPAL baik bagi keluarga maupun komunal atau masyarakat. Berdasarakan  kesadaran masyarakat inilah dengan menghibahkan sedikit tanahnya, maka pembuatan IPAL tersebut bisa dilaksanakan.

Ia berharap kepada masyarakat yang telah diberikan bantuan IPAL ini agar bisa memanfaatkan IPAL ini dengan semestinya, selalu menjaga kebersihan IPAl dan lingkungan sekitarnya agar IPAL ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu Eni (58 Th) salah serang warga Desa Pauh Barat yang mendapatkan bantuan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemko Pariaman yang telah memberikan bantuan IPAL di Desa Pauh Barat.

“Saya mewakili masyarakat sekitar sangat berterima kasih kepada Kota Pariaman yang telah memberikan bantuan IPAL ini. Selama ini pembuangan kami hanya mengandalkan lubang yang dikasih cincin dan seadanya dan sering tersumbat bahkan kalau hujan sering meluap dan berbau, tapi sekarang karna IPAL sudah ada kami sudah tidak khawatir lagi dengan aroma dari pembuangan tersebut, “ tutupnya.(dewi lestari)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Realisasi Investasi untuk Gerakkan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden Jokowi "Jangan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Presiden RI Joko Widodo, Genius Umar Hadiri...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Masuk Nominasi Penilaian Kalpataru tingkat Sumbar...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Millenial Beach Runner Warnai Wisata Kota Pariaman
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Desa Tungkal Selatan Segera Bangun Sistem Sanitary Landfill
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Bundo Netti Ajak Guru PAUD Di Kota Pariaman...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kelurahan Jawi-Jawi II Akan Launching Usaha Budidaya Magot
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • HIMPAUDI Kota Pariaman Gelar Workshop Tingkatkan Kreatifitas Guru...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • MKP Bantu Dukung Pariwisata Kota Pariaman Dalam Pariaman...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN SAYEMBARA MERANCANG ALAT TTG
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN...
    14 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN SELEKSI TERBUKA  JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    30 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • HIMBAUAN WALIKOTA PARIAMAN
    28 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) PENGADAAN...
    24 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemko Pariaman
    22 Januari 2020
    Selengkapnya >>