Kemenhub Adakan Sosialisasi Pengembangan Perkereta Apian Prov SUMBAR


Acara diskusi dan sosialisasi pengembangan perkereta apian di Provinsi Sumbar yang digelar Direktorat Jenderal Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan di Balairung rumdis Walikota Pariaman, Senin (18/3/2019).

Erwin | 18 Maret 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perkereta Apian menggelar diskusi dan sosialisasi pengembangan perkereta apian sumatera barat di Balairung rumdis walikota pariaman, Senin (18/3/2019).

Acara diskusi dan sosialisasi dengan tema pengembangan perkereta apian di Provinsi Sumatera Barat ini dihadiri Sekdako Pariaman Indra Sakti, Pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman, OPD di lingkungan pemko pariaman, Kepala desa dan sekretaris se-kota pariaman, mahasiswa, komunitas pencinta kereta api divre 2 Sumbar (kpkd2sb), panelis (narasumber).

Sekretaris daerah Kota Pariaman, Indra Sakti dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka mengembangkan perkereta apian di Kota Pariaman tentu perlu dilakukan diskusi dan sosialisasi kepada masyarakat. " Peran transportasi darat salahsatunya kereta api sangat penting bagi masyarakat di indonesia khususnya di Kota Pariaman", terangnya.

Menurutnya, jumlah penumpang kereta api di Kota Pariaman tiap tahun terus meningkat. Dominasi penumpang dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman.

Mengingat semakin meningkatnya jumlah penumpang, tentu perlu dibutuhkan pelayanan yang maksimal, kedisiplinan waktu keberangkatan maupun pelayanan atas keluhan dari penumpang.

Jalur transportasi kereta api di Kota Pariaman amat penting, diharapkan Direktur Jenderal lalu lintas perkereta apian Kementerian Perhubungan dapat meningkatkan kapasitas dalam rangka pengembangan perkereta apian di Provinsi Sumatera Barat khususnya Kota Pariaman.

Insyaallah, jumat 22 maret 2019 besok, melalui Kementerian Perhubungan akan kita resmikan reaktifasi stasiun serta jalur kereta api jurusan Nareh - Pariaman - Padang di Desa Nareh Kota Pariaman.

Sementara itu, Direktur Jenderal Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi, SE, M.Sc mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkereta Apian telah menyusun rencana jangka panjang pembangunan perkereta apian secara nasional. Sebagaimana telah kita susun target pada tahun 2030 nanti akan dibangun jalur kereta api sepanjang 12.100 km rel kereta api.

" Untuk dapat kita ketahui, hingga tahun 2019 ini dipulau jawa saja kurang lebih 4000 km panjang rel kereta api yang telah dibangun. Masih ada sekitar 11 tahun lagi untuk mencapai realisasi target dari yang telah direncanakan ", terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa rencana pembangunan rel kereta api ini juga sudah kita lakukan di pulau kalimantan, sulawesi dan papua. Untuk pulau sumatera sendiri kita akan lakukan pengembangan perkereta apian disepanjang pulau sumatera (trans sumatera railways) dari provinsi lampung sampai aceh.

" Kalo kita lihat dibelahan dunia manapun angkutan masal terbesar adalah melalui jalur kereta api. Kita jauh tertinggal dari kota-kota lain, semisal ibukota negara yang sudah memiliki MRT dan LRT ", tukasnya.

Pada saat ini, lanjutnya lagi, kami juga sedang melakukan pembangunan stasiun 2 (dua) Padang, untuk keberangkatan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan menggunakan kereta api (KA Sibinuang) dan selanjutnya reaktifasi stasiun dan jalur kereta api yang tersebar diseluruh wilayah Sumbar.

Untuk Kota Pariaman, kami sudah melakukan upaya reaktifasi stasiun dan jalur kereta api di Desa Naras Pariaman. Ini merupakan kabar baik untuk masyarakat Naras Pariaman karena dengan begitu transportasi masyarakat menjadi lebih mudah.

Ia mengimbau, berkaitan dengan jalur perlintasan kereta api adalah bersifat prioritas, maka kami ingatkan kepada pengemudi jalur darat agar lebih berhati-berhati ketika akan melintasi jalur kereta api, perhatikan rambu-rambu yang ada untuk mengurangi resiko kecelakaan yang sering terjadi di perlintasan kereta api tersebut.

Ia juga menambahkan, untuk pembelian tiket kereta api, Kemenhub juga sudah menggunakan sistem informasi KA Access dimana pemesanan tiket melalui online atau digital. Aplikasi ini bisa didownload playstore.

Sementara itu, menurut Dosen Fakultas Teknik UNAND Yossyafra, ST., M.Eng.Sc., Ph.D selaku panelis mengungkapkan bahwa sesuai dengan adanya Perda 21 2012 RT/RW Kota Pariaman perkereta apian sebagaimana dimaksud dalam pasal  18 ayat  2 meliputi jalur kereta api dan stasiun kereta api ditetapkan dilintas Padang - Duku - Lubuk Alung - Pariaman dan jalur yang akan dikembangkan Naras - Sunga Limau.

Rencana pengembangan jalur kereta api yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan dalam metropolitan Kota Padang dan Pariaman dan terintegrasi dengan modal angkutan lainnya yang ditetapkan di Stasiun Pariaman Kecamatan Pariaman Tengah.

Sedangkan menurut pasal 51 tentang kawasan strategis bidang pertumbuhan ekonomi sebagaimana dimaksud dalam pasal 50 ayat 1 merupakan kawasan yang memiliki nilai strategis kota dengan kepentingan pertumbuhan ekonomi kota. Kawasan strategis Naras Manggung yang menjadi pusat industri kecil/rumah tangga di Kecamatan Pariaman Utara.

Ia juga menambahkan bahwa untuk pengembangan kawasan stasiun Transit Oriented Development (TOD), keterkaitan dengan pengembangan kawasan Naras perlu menjadi perhatian pemerintah Kota Pariaman, pengembangan kawasan transit terfokus tiap lokasi berupa penyusunan master plan TOD kawasan. (Win)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>