Kemenkumham Sumbar gelar Penyuluhan Hukum dan HAM bagi pelajar Kota Pariaman


Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat gelar acara Ceramah Penyuluhan Hukum di Aula SMKN 1 Air Santok Pariaman, Kamis (7/2) siang.

Erwin | 7 Februari 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat menggelar acara Penyuluhan Hukum bagi pelajar Kota Pariaman di Aula SMKN 1 Air Santok Pariaman, Kamis (7/2) siang.

Kegiatan penyuluhan hukum bagi pelajar ini berlangsung selama 2 (dua) hari dengan peserta berasal dari 17 sekolah perwakilan SMA, SMK dan MA se-Kota Pariaman beserta guru.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, Ajub Suratman, dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk pelajar tentang norma-norma hukum yang berlaku di masyarakat serta mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik.

"Setiap anggota masyarakat menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mewujudkan budaya hukum baik dalam sikap maupun prilaku sadar hukum, patuh dan taat terhadap hukum serta menghormati hak asasi manusia", terangnya.

Sesuai dengan Keputusan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar nomor: W3-06.HN.04.05 tahun 2019 tentang penunjukan tim panitia pembinaan sekolah sadar hukum Provinsi Sumatera Barat", lanjutnya lagi.

Ia juga menambahkan bahwa dari kegiatan penyuluhan hukum inilah diharapkan akan mewujudkan sekolah dasar hukum pada 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumbar sekaligus melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten maupun Kota.

"Kita akan membentuk Sekolah Sadar Hukum (SSH) di Sumbar salahsatunya di Kota Pariaman ini, semoga dapat kita wujudkan segera karena semua sekolah yang ada di Kota Pariaman ini memiliki kriteria SHH", kata dia.

Mari mewujudkan sekolah sadar hukum bagi pelajar di Kota Pariaman tahun 2019, dalam rangka  tercapainya tujuan pembangunan hukum nasional, meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat dan pelajar yang cerdas serta berbudaya hukum.

Sementara itu, Walikota Pariaman diwakili oleh Sekdako Pariaman, Indra Sakti mengatakan bahwa pelajar harus memiliki kesadaran tentang hukum dengan tujuan agar siswa dapat menjaga ketertiban, keadilan dan kemakmuran dilingkungan sekitarnya.

"Diminta kepada seluruh peserta baik siswa maupun guru agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik serius, agar kita dapat paham tentang ilmu hukum dan HAM ini", terangnya.

Semoga dengan digelarnya kegiatan penyuluhan hukum ini dapat mewujudkan kesadaran hukum bagi masyarakat Kota Pariaman yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya.

Turut hadir, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sumbar, Kadis Dikpora Kota Pariaman, Kadis DP3AKB Kota Pariaman, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah se-Kota Pariaman dan Kepala Sekolah SMA, SMK, MA.(Win)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN