Kominfo Kota Pariaman Luncurkan 4 Aplikasi Baru


Sosialisasi dan serah terima pengunaan aplikasi kepada admin di dinas dan instansi terkait bertempat di ruang rapat Bappeda, Rabu (6/11).

Erwin | 6 November 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Dalam rangka mengembangkan aplikasi e-government dan smart city di Kota Pariaman, Dinas Kominfo Kota Pariaman meluncurkan empat aplikasi baru sekaligus sosialisasi dan serah terima pengunaan aplikasi kepada admin di dinas dan instansi terkait bertempat di ruang rapat Bappeda, Rabu (6/11).

" Pada hari ini Diskominfo Kota Pariaman melalui bidang e-government meluncurkan empat aplikasi terbaru yaitu aplikasi SAMPAN, aplikasi SIPADEH, aplikasi SIAMIN dan aplikasi SIDATUK “, ujar Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi Diskominfo, Devi Hariadi.

" Empat aplikasi tersebut pada hari ini disosialisasikan dan diserah terimakan kepada BPBD, Dinas Satpol PP Damkar, Dinas PUPR, DPMDes, Dinas Sosial dan Bappeda, RSUD, Kecamatan, Desa dan Kelurahan ".

Pertama, aplikasi SAMPAN (Sistem Aplikasi Mitigasi Bencana dan Kedaruratan) yaitu aplikasi yang digunakan oleh masyarakat ketika kondisi darurat seperti bencana banjir, kebakaran atau tindakan kriminal yang harus mendapat bantuan secepatnya, bantuan mobil ambulan atau tindakan pelanggaran perda yang harus ditangani Satpol PP.

" Aplikasi SAMPAN ini memiliki fitur notifikasi warning yaitu peringatan darurat ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami, aplikasi akan memberikan peringatan kepada masyarakat untuk secepatnya melakukan evakuasi dan memberitahu dimana lokasi evakuasi ", terangnya.

Kedua, aplikasi SIPADEH (Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Desa dan Kelurahan) aplikasi ini ditujukan untuk pengelolaan surat menyurat yang ada di desa dan kelurahan.

" Kelebihan dari aplikasi ini ialah masyarakat bisa mengajukan permintaan secara online melalui aplikasi secara cepat, pengaduan tersebut nanti akan masuk ke operator di desa bersangkutan lalu operator melaporkannya kepada kepala desa ", ulasnya.

" Kepala desa juga bisa mengecek surat tersebut dan bisa langsung ditandatangani melalui aplikasi tanpa harus kekantor, begitupun juga untuk surat rekomendasi dari camat ".

Disamping itu, lanjut devi, aplikasi ini juga bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan aspirasi atau saran melalui operator desa.

Ketiga, aplikasi SIAMIN (Sistem Informasi Aplikasi Monitoring Infrastruktur) dimana masyarakat bisa memantau progres perkembangan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan dinas PU maupun desa.

" Admin dari PU akan memasukan data progres pembangunan mulai dari 0 persen, 30 persen sampai 100 persen, disana masyarakat juga bisa melihat berapa dana dan siapa pelaksana kegiatan tersebut ", jelas mantan guru SMKN 3 Pariaman ini.

Keempat, aplikasi SIDATUK (Sistem Informasi Data Terpadu Kemiskinan) merupakan database warga miskin yang berasal dari Basis Data Terpadu (BDT).  

" Aplikasi ini ditujukan sebagai rujukan data bagi instansi terkait yang ingin menyalurkan bantuan sosial yang memerlukan rujukan data yang falid ", pungkasnya lagi.

Disamping itu, menurut devi dengan aplikasi ini juga bisa dilihat bantuan yang diterima oleh warga berdasarkan KK dan KTP, nanti juga bisa dicek bantuan apa saja yang sudah diterimanya.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini, smart city di Kota Pariaman semakin maju sehingga Kota Pariaman dapat menjadi kota yang cerdas sesuai dengan visi dan misi Walikota Pariaman Genius-Mardison. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>