Kota Pariaman berpacu dengan inovasi


Walikota Pariaman Genius Umar ketika memberikan sambutan pada Sosialisasi dan Bimtek Permendagri 90 Tahun 2019 dan SIPD Kemendagri, The Balcone Hotel Bukittinggi, Minggu (2/8/2020)

Juned | 2 Agustus 2020

Kominfon Kota Pariaman --- Kota Pariaman belajar inovasi daerah langsung dari Kepala Badan Litbang (Penelitian dan Pengembaan) Kementrian Dalam Negeri, Agus Fatoni, dimana beliau didaulat menjadi Narasumber dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (Bimtek) Permendagri 90 Tahun 2019 dan SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah), yang diadakan di The Balcone Hotel  Bukittinggi, Minggu (2/8/2020).

Karena itu untuk meningkatkan indek inovasi daerah Kota Pariaman, Walikota Pariaman Genius Umar mengundang pembicara utama inovasi daerah yakni Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, yang juga sebagai kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri RI.

Acara yang dibuka oleh Walikota Pariaman, Genius Umar ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Kasubag Program/Perencanaan di tiap-tiap OPD. Genius Umar mengatakan bahwa untuk membangun daerah di era globalisasi ini dengan tantangan yang semakin besar, maka inovasi daerah merupakan strategi yang jitu dalam pembangunan daerah.

“Apalagi Pariaman yang memiliki potensi unggulan adalah di bidang pariwisata, maka dengan kondisi penurunan sektor pariwisata karena covid perlu dicarikan strategi percepatan pertumbuhan melalui berbagai inovasi,” ujarnya.

Genius juga meminta semua jajaran mengeluarkan ide dan inovasi baru untuk membuat destinasi baru pariwisata yang inovatif. Dengan demikian produk wisata Kota Pariaman akan mampu bersaing dengan destinasi lain di Indonesia.

“Misalnya bagaimana memaksimalkan keberadaan Kereta Api di Kota Pariaman dengan membuat destinasi dan sistem yang terpadu, termasuk membangun wisata edukasi perkereta apian, dan kita juga sedang meminta kepada Divre II PT KAI Sumbar untuk sebuah Kereta Api bekas beserta gerbongnya untuk kita jadikan museum Kereta Api Kota Pariaman,” tukasnya.

Lebih lanjut Wako Pariaman ini juga mengatakan bahwa potensi pariaman yang berada di pinggir laut dengan pantai yang indah akan menjadi destinasi wisata yang hebat dengan memanfaatkan inovasi serta sungai sungainya, dimana saat ini kita tengah mengembangkanya menjadi kawasan waterfront city, yang akan kite integrasikan, mulai dari dana pusat, provinsi, kota, desa/kelurahan dan CSR,” ucapnya lebih lanjut.

Kepala Badan Litbang (Penelitian dan Pengembaan) Kementrian Dalam Negeri, Agus Fatoni, mengatakan bagi daerah yang menonjol dalam inovasi daerah, maka daerah tersebut akan mendapatkan tambahan APBD yang dinamakan Dana Insentif Daerah (DID), ucapnya.

“DID ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi pembangunan daerah, apalagi Kota Pariaman adalah daerah kecil. Total DID untuk tahun 2018 mencapai 121 milyar untuk beberapa daerah yang juara, dan ini adalah kesempatan emas bagi Kota Pariaman untuk meningkatkan inovasi daerah yang akan memberikan benefit untuk pembangunan daerah

“Teruslah berinovasi, karena dengan inovasi maka kita akan cepat untuk maju, dan saya melihat, sosok Walikota Pariaman sangat inovatif dan banyak ide yang dimiliki dan telah diterapkan, untuk itu maka kebijakan beliau harus mendapat dukungan dari seluruh jajaran yang beliau pimpin, disamping nantinya akan menerima reward berupa dana pembangunan untuk daerah,” tutupnya. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman Ikuti Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan...
    18 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Dana Hibah, Pemko Pariaman Bangun 1000 Septic Tank
    18 September 2020
    Selengkapnya >>
  • GOW Kota Pariaman Gelar Pertemuan Bulanan
    18 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Gelar Temu Ramah Pengurus Mesjid se...
    18 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan Ketahanan Pangan, Genius Umar Kucurkan bantuan untuk...
    17 September 2020
    Selengkapnya >>
  • TP PKK Kota Pariaman Gandeng Dinas Kesehatan Gelar...
    16 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Rapat Bersama Forkopimda Bahas Penerapan...
    16 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Dirut Bank Nagari Puji Lecut Tangan Genius Umar...
    16 September 2020
    Selengkapnya >>
  • 21 Unit Sepeda Motor Dan 1 Unit Ambulance...
    16 September 2020
    Selengkapnya >>
  • Masyarakat Kota Pariaman Sudah Bisa Nikmati Layanan PSC...
    16 September 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • ANALISIS JABATAN STRUKTURAL DAN JABATAN PELAKSANA DILINGKUNGAN PEMRINTAH...
    28 Agustus 2020
    Selengkapnya >>
  • SURAT EDARAN WALIKOTA PARIAMAN
    19 Agustus 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Jadwal Pelaksanaan dan Pembagian Sesi Seleksi Kompetensi...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • a
    12 Agustus 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Tes Wawancara Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi...
    30 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil TKK Calon Tenaga TIK Pemko Pariaman...
    29 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • PENDAFTARAN ULANG DAN PEMILIHAN LOKASI UJIAN SKB BAGI...
    30 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PEMBAYARAN TAGIHAN AIR BAGI PELANGGAN UPT. PENGELOLA...
    23 Juli 2020
    Selengkapnya >>
  • SURAT EDARAN TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN KURBAN DAN PENGAWASANNYA...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pendaftaran Calon Pimpinan Badan Amil Zakat Kota...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>