Kota Pariaman Dapat 25.000 Bibit dari Pemerintah Provinsi Sumbar


angga | 19 Maret 2019 | Dinas Komunikasi dan Informatika

Kominfo Kota Pariaman --- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Provinsi Sumatera Barat  melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan  Kota Pariaman  pada Tahun 2019 mendapat alokasi tanaman  varietas pisang jantan sebanyak 25.000 bibit dengan cakupan mencapai 40 hektar.

Kepala Seksi Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Ismadi, mengatakan bahwa untuk menindak lanjuti kegiatan tersebut, kita menyiapkan Calon Petani Calon Lahan  (CPCL) petani, yang berasal dari pelaku usaha pisang, ujarnya Selasa (19/3) di Kantor Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan  .

“Petani kita dibantu  bibit untuk satu hektar  sebanyak 625 batang, selain itu bantuan juga berupa pupuk kimia dan pupuk kompos”, jelasnya.

Secara admininistrasi Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) telah selesai dan akan direncanakan terealisasi bulan April mendatang.

Menurut Keputusan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Nomor 521.8/1290/Sk/DIPERTA-PANGAN-2018, bahwa sesuai dengan potensi dan lahan yang ada di Kota Pariaman sebanyak 40 hektar, dibagi untuk dua kecamatan dengan masing-masing kelompok mendapat 2-5 hektar.

Dua Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pariaman Timur dengan tiga kelompok  tani yaitu Tabing Indah, Bungo Sejahtera, dan Jaya Bersama.

“Untuk Kecamatan Pariaman Utara, sebanyak 11 Kelompok Tani diantaranya Hulu Sikijang I, Andesik, Rambai Sakato, KWT Bunda Sejahtera, Tunas Harapan I, Andestura, Serumpun, Tunas Harapan II, Jembatan Baru, KWT Tunas Harapan I, dan Tunas Muda”, ujarnya.

Saat ini, Kota Pariaman sebelumnya sudah memiliki kebun induk  yang sudah disertifikasi  yang terdapat di Sikapak Barat atas nama Jumadil Asri dan Sungai Rambai atas nama Saharman.

“Kota Pariaman merupakan satu-satunya pemasok pisang jantan  untuk kabupaten/ kota yang ada di Sumatera Barat bahkan sampai di luar provinsi”, tukas Ismadi.

"Kami berharap kepada stakeholder terkait dapat mengembangkan usaha, menambah nilai ekonomis dan bisa meningkatkan daya saing" ulasnya mengakhiri.(rika)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN