Kota Pariaman Raih Juara I Anugerah Peduli Wisata Award 2018


Wako Pariaman Genius Umar menerima penghargaan dari Wagub Sumbar Nasrul Abit sebagai Juara I Anugerah Peduli Wisata Award kategori The Most Improved didampingi Deputi Kemnpar RI Rizky Handayani

Juned | 27 Oktober 2018

Kominfo Kota Pariaman --- Pemerintah Kota Pariaman, kembali menerima penghargaan. Kali ini dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat, kepada Walikota Pariaman, pada malam Penganugerahaan Peduli Wisata Award 2018, dimana penyerahan Piala diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani dan Piagam Penghargaan dari Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, kepada Walikota Pariaman Genius Umar, bertempat di Istana Bung Hatta, Sabtu malam (27/10).

Malam Anugerah Peduli Wisata Award 2018, juga bertepatan dengan Gala Diner Pemerintah Provinsi Sumbar dengan Kementerian Pariwisata RI, bersama peserta Seminar Nasional Pariwisata 4.O dan Minang Geopark Run, sekaligus peringatan 1 abad Institute Tekhnologi Bandung (ITB).

Penghargaan kali ini, adalah kali ke 3 Kota Pariaman menyabet sebagai yang terbaik pada kategori The Most Improved, sejak digelar tahun 2015 yang lalu.

Walikota Pariaman Genius Umar mengungkapkan hal ini sebagai bukti dari keseriusan Kota Pariaman dalam membenahi infrastruktur penunjang wisata di destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman dan semakin baiknya kesadaran masyarakat, terhadap isu pariwisata itu sendiri.

"Ini membuktikan bahwa kita Pemerintah Daerah sangat serius menggarap pariwisatanya, yang merupakan visi dan misi yang ada pada pemerintahan kami, baik yang lama, maupun yang sekarang", tuturnya.

Ia menambahkan bahwa penghargaan ini sebagai pemecut  bagi peningkatan kunjungan wisatawan yang melancong dan berekreasi ke Kota Pariaman, karena dengan begitu, perputaran ekonomi dan multi effect yang diimbulkannya, sangat baik bagi masyarakat dan daerah.

"Saat ini Pemerintah pusat juga sedang menjadikan Priwisata sebagai sumber pendapatan negara, ditambah dengan maraknya promosi dan evet yang diadakan, indonesia telah menjelma sebagai yang terbaik di Asia Tenggara", tukasnya.

Lebih lanjut ia memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, yang telah bekerja keras untuk dapat menjadi yang terbaik pada Anugerah Peduli Wisata Award 2018, kategori The Most Improved, mengalahkan Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani memaparkan tentang perlunya perhatian kepala daerah dalam mengemas dan menjadikan daerahnya sebagai sebuah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

"Menurut data dari World Travel and Tourism Council (WTTC), indonesia berada di peringkat 9 dunia, nomor 3 di Asia dan nomor satu di Asia Tenggara. Dan indonesia tercatat sebagai negara yang perkembangan pariwisatanya tercepat di dunia, dimana peresentase Growth indonesia mencapai 22%, dimana untuk ASEAN saja hanya 7% dan Dunia berada di 6,4%", ulasnya.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya anggaran APBN yang digelontorkan pemerintah pusat terhadap Kementrian Pariwisata RI, dimana formasi APBN tertinggi, ditujukan di bidang Pertanian, Pariwisata dan Perikanan.

"Kita berharap, pariwisata indonesia akan semakin maju lagi, sehingga target kita untuk penghasil devisa negara terbanyak di bidang pariwisata ini, dimana diproyeksikan sebesar US$ 20 Milyar, selain dampat perputaran ekonominya yang langsung dirasakan oleh masyarakat", tutupnya.

Hadir dalam acara ini, Wakil Rektor ITB, Miming Miharja, beserta jajarannya, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Walikota dan Bupati se Sumbar, Para sponsor, para peserta seminar, undangan dan pemerhati pariwisata serta stakeholder terkait yang datang. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>