Kota Pariaman Raih Kota Paling Berkelanjutan di indonesia pada Anugerah UI Green City Metric Rankings 2023


Juned | 1 Agustus 2023

Kominfo Kota Pariaman --- Kota Pariaman kembali mendapatkan penghargaan nasional, kali ini meraih Penghargaan Anugerah Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia. Penghargaan ini diserahkan pada acara Anugerah UI Green City Metric Rankings Tahun 2023, yang diumumkan di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Selasa sore (1/8/2023).

UI Green City Metric, merupakan pemeringkatan Kabupaten/Kota di Indonesia dalam bidang keberlanjutan yang diinisasi oleh UI Green Metric. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc (Kepala UI Green Metric) dan dihadiri oleh Dr. Safrizal ZA, M.Si., (Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri RI), Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D (Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI), Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A (Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), Dr. Vivi Yulaswati, MSc (Kepala Sekretariat Nasional SDGs, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia), dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D (Sekretaris UI), Dr. Junaidi, S.S, MA (Wakil Kepala UI Green Metric), dan Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, M.Arch, Ph.D (Staf Ahli UI Green Metric).

"Alhamdulillah, hasil penilaian UI ini menyatakan Kota Pariaman sebagai kota yang paling berkelanjutan di Indonesia, dan kita berada pada  peringkat kelima di Indonesia, naik satu peringkat dari tahun kemaren," ujar Asisten I, Yaminurizal, ketika menerima penghargaan ini.

Lebih lanjut ia mengatakan Pemerintah Kota Pariaman selalu menjaga lingkungan dan program yang berkelanjutan, sehingga terjalinnya kelanjutan ekosistem lingkungan hidup dan memanfaatkan nya untuk kita jadikan destinasi eco tourism, seperti Pariaman Mangrove Park yang bersama dengan masyarakat dan komunitas terus merawatnya, dan juga penangkaran penyu, yang telah menjadi kunjungan wisatawan nasional dan  internasional, karena Kota Pariaman mempunyai visi sebagai kota wisata, ucapnya.

“UI Green Metric, menggunakan peran penting dari institusi perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan setiap daerah terhadap pembangunan yang berkelanjutan, dan atas penghargaan ini, kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih," tuturnya

Sementara itu Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang dihubungi oleh Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, yang tidak bisa hadir diacara ini karena dijam yang sama juga menghadiri Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, menuturkan bahwa Program Green City Kota Pariaman, menerapkan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan 3 aspek.

“Kita di Kota Pariaman menerapkan 3 (tiga) aspek pembangunan berkelanjutan yaitu pengembangan ekonomi, ekology dan sosial, secara berimbang dengan berbagai program yang kita cetuskan, seperti ekowisata, waterfront city, tata ruang berbasis ekology dan daya dukung lahan, pelibatan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan, sehingga membawa para tim penilai dari UI memandang apa yang telah dilakukan oleh Kota Pariaman, adalah praktek best practice yang bisa di contoh oleh daerah lain di Indonesia,” terangnya.

Genius juga menuturkan bahwa telah banyak membuat kebijakan yang pro terhadap program lingkungan yang terus berkelanjutan, baik dibidang lingkungan hidup, dan pembangunan infrastruktur, yang harus tetap memperhatikan akan keberlangsungan lingkungan, ulasnya.

Lulusan S3 IPB ini juga menjelaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan kesadaran tentang permasalahan keberlanjutan Keikutsertaan dapat membantu kesadaran di pemerintahan dan sekitarnya, tentang pentingnya permasalahan keberlanjutan.

“Semoga kita bersama dapat terus menjaga dan memelihara lingkungan untuk menjaga pembangunan yang berkelanjutan, sehingga Kota Pariaman dapat mempertahankan penghargaan ini untuk tahun-tahun selanjutnya, dan Kota Pariaman akan menjadi Kota terbaik di indonesia,” tutupnya.

Pada Anugerah UI Green City Metric Rankings Tahun 2023, Kota Pariaman menempati peringkat Kelima Kota Paling berkelanjutan di Indonesia, kemudian ditempat keempat, Kota Blitar, Peringkat Ketiga Kota Madiun, Peringkat Kedua Kota Surabaya dan Peringkat Pertama diraih oleh Kota Kediri. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • GSM Minggu Pagi, Bersihkan Pantai Gandoriah
    10 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pemuda Hari Ini Untuk Pemimpin Dimasa Depan
    9 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Sekdako, Yota Balad Resmikan Mushala Al Fattah Perumahan...
    8 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • ASN Kembali Ikuti Wirid Bulanan Di Musholla Balaikota...
    8 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Mulai hari ini, Penumpang Kereta Api Stasiun Pariaman...
    8 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • PAD Meningkat, RSUD dr. Sadikin Kota Pariaman Terus...
    8 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Wujudkan “Pariaman Barasiah”, Kepala Desa dan Lurah Tanda...
    7 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pj Wali Kota Pariaman Berikan Kuliah Umum ke...
    7 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Terima Kunjungan Asdep BPJS Ketenagakerjaan, Pj Wali Kota...
    7 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Kafilah MTQ Kota Pariaman Siap Ikuti MTQ Nasional...
    6 Desember 2023
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL REKAM JEJAK PESERTA SELEKSI TERBUKA JABATAN...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>