Kota Pariaman Raih Penghargaan APE dari Kementerian PPPA


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak DP3AKB, Darmi saat mengikuti vidcon di Ruang Rapat Walikota, Rabu (13/10/2021)

Rika | 13 Oktober 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Kota Pariaman meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kategori pratama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak DP3AKB, Darmi saat mengikuti vidcon di Ruang Rapat Walikota, Rabu (13/10/2021) mengungkapkan bahwa penghargaan APE dari Kementerian PPPA baru pertama kali diraih Kota Pariaman.

“Kota Pariaman di tahun 2020 kemaren baru pertama mengikuti APE. Dan alhamdulillah langsung meraih penghargaan APE kategori pratama”, ungkapnya.

Gusniyeti Zaunit menjelaskan bahwa penghargaan APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

“Sebelumnya piagam dan piala penghargaan APE telah diterima Walikota Pariaman, Genius Umar di Rumah Dinas Walikota, Senin (27/9/2021). Dan hari ini kita mengikuti secara virtual acara pemberian penghargaan Anugerah APE 2020 oleh Menteri PPPA”, sebutnya.

Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen  Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarustamaan Gender (PUG) di Kota Pariaman.

“Mudah-mudahan dengan tingginya komitmen Pemerintah Daerah bagi pemberdayaan perempuan, perlindungan anak termasuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender  dengan harapan bisa naik kategori. Hal ini tentu butuh upaya dan kerjasama dari OPD di Pemko Pariaman dan stakeholder saling berkoordinasi dan sinergi sehingga prestasi ini dapat ditingkatkan”, pungkasnya.

Sementara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan bahwa implementasikan pengarustamaan gender dalam pembangunan diharapkan dapat memperkecil kesenjangan gender di kalangan masyarakat.

“Pengarustamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat pengarustamaan guna mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif, sehingga dapat menjadi katalis pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera dan berkeadilan”, terangnya.

Pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan strategi pengarustamaan gender di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sendiri dilakukan dengan indikator-indikator yang dapat mengukur pengarustamaan gender. Dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari tujuh prasyarat pengarustamaan gender dan sebagai bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dianggap berhasil mengimplementasikan pengarustamaan gender dalam program dan kegiatannya.

Menteri PPPA juga menyebutkan Kementerian PPPA memberikan pengharagaan APE setiap dua tahun sekali, sejak tahun 2006. Dengan empat kategori yakni kategori pratama, kategori madya, kategori utama dan kategori mentor.

“APE tahun 2020 yang sedianya diberikan ditahun 2020, karena kendala covid-19 mengalami perubahan jadwal dan dilaksanakan tahun 2021. Terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 556 kabupaten/kota yang menerima penghargaan APE tahun 2020, dengan harapan agar lebih meningkat ditahun mendatang”, tutupnya.(rika)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Walikota Pariaman Tinjau Kondisi Terkini Youth Center (ex...
    24 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Akan Buatkan Joging Track Selingkar Lapangan...
    24 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Cek Fisik Kendaraan Dinas
    24 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Imbau Pedagang Pantai Gandoriah Jaga kebersihan...
    24 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Jadi Inspektur Upacara Wako Genius Umar Motivasi Siswa...
    24 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Hadiri Anniversary 1st AXS Pariaman
    23 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Jadi Pembicara Pada GMERS 12
    23 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Silaturahmi dengan DPP dan DPW PKDP...
    22 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Ny.Lucyanel Genius Lantik Ketua TP PKK Kecamatan Pariaman...
    22 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Dilantik Jadi Camat Pariaman Tengah, Inilah Program 100...
    22 Januari 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PERATURAN DAERAH KOTA PARIAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT NO....
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN WALIKOTA PARIAMAN, PROVINSI SUMATERA BARAT NO. 86...
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN WALIKOTA PARIAMAN KOTA PARIAMAN NO. 67 TAHUN...
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN DAERAH KOTA PARIAMAN NO. 4 TAHUN 2021
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan CPNS Kota Pariaman TA...
    4 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Hasil Integrasi SKD - SKB CPNS Pemko Pariaman...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Pemberitahuan Perpanjangan Pengumuman Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemko Pariaman
    8 November 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan P3K Tahap 1 Pemerintahan Kota Pariaman
    12 November 2021
    Selengkapnya >>
  • Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS TA. 2021
    12 November 2021
    Selengkapnya >>
  • Hasil Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemko Pariaman
    12 November 2021
    Selengkapnya >>