Kota Pariaman Terima 5 Penghargaan Pada Puncak HARGANAS Ke-30 Tingkat Sumbar 2023


Erwin | 22 Juli 2023

Kominfo Kota Pariaman - Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bertabur penghargaan Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diselenggarakan di Hotel Santika Padang, Sabtu (22/7/2023).

Setidaknya ada 30 kategori penghargaan yang diserahkan, di antaranya Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas, Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna Tingkat SLTA/Sederajat, Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna Tingkat SLTP/Sederajat, Pencapaian Pendampingan menggunakan Elsimil Terbanyak Semester I Tahun 2023, Kelompok BKB Terbaik Kategori Kabupaten, Kelompok BKB Terbaik Kategori Kota, dan lainnya.

Kota Pariaman menerima 5 penghargaan sekaligus diantaranya ialah, Juara 1 Pendampingan Elsimil Terbanyak, Juara 2 Pelaksanaan AKS Terbaik, Juara 3 Registrasi Aplikasi Go-Lantang Terbanyak, Juara 3 Pelaksanaan Mini Lokakarya Terbaik dan Juara 3 Jumlah Bapak Asuh Anak Stunting Terbanyak.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin didampingi Ibu Indriati Mardison, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB), Elidawati dan Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB), Ika Septia Maulana.

Juara 1 Pendampingan Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) Terbanyak merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) berupa pencatatan, pelaporan hasil pemantauan pendampingan sasaran terhadap catin, PUS, ibu hamil, ibu nifas dan baduta 0-24 bulan yang kemudian diinputkan dalam aplikasi Elsimil.

Kemudian, Kota Pariaman juga meraih Juara 2 pelaksanaan AKS Terbaik (kegiatan Audit Kasus Stunting merupakan kegiatan identifikasi resiko dan penyebab resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin dan sumber data lainnya yang dilaksanakan di tingkat kab/kota yang kemudian dilakukan rencana tindaklanjut (RKTL) dari kasus sasaran yang di audit bersama antara TPPS).

Selanjutnya, Juara 3 Registrasi Aplikasi Go-Lantang Terbanyak (aplikasi Go-Lantang merupakan aplikasi go lansia tangguh yang disiapkan untuk penduduk yang telah lanjut usia agar bisa menjadi lansia yang tanggung dan bisa melakukan konsultasi dengan petugas pendatanya terkait dengan permasalahan lansia itu sendiri serta keluarganya termasuk kesehatan lansia itu sendiri).

Juara 3 Pelaksanaan Mini Lokakarya Terbaik (merupakan kegiatan pertemuan yang dilakukan oleh TPPS Kecamatan dalam rangka mengawal dan mengevaluasi pelaksanaan pendampingan keluarga yang dilakukan oleh TPK terhadap sasaran keluarga resiko stunting yang ada di desa/kelurahan).

Juara 3 Jumlah Bapak Asuh Anak Stunting Terbanyak (bapak asuh anak stunting merupakan salah satu inovasi dari BKKBN untuk percepatan penurunan stunting dengan memberikan asupan gizi tambahan dari bapak asuh berupa susu dan telur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh tim ahli pakar yang terdiri dari dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, psikolog dan ahli gizi).

Kegiatan Harganas ke-30 Tahun 2023 Sumbar dengan tema "Menuju Keluarga Bebas Stunting, Untuk Indonesia Maju” ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN pusat Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiart, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, Bupati/Walikota se-Sumbar. Bersamaan dengan itu juga dilakukan pelantikan Pengurus Asosiasi Kelompok UPKKA (AKU) Sumbar masa bakti 2022-2026 dan penampilan stand up comedy, Rin Hermana dengan tema Stunting.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati mengatakan, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pihak di kabupaten kota di Sumbar yang telah menyukseskan program BKKBN Sumbar.

“Kami tidak henti-hentinya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membantu percepatan penurunan stunting. Pencegahan stunting dimulai hulu calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, sampai hilir bayi usia 0-2 tahun ,” jelasnya.

Kemudian, Bapak Asuh Anak Stunting juga sangat membantu keluarga yang memiliki anak stunting terutama bagi yang kurang mampu. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Evakuasi Eks KRI Teluk Bone 511, Pemko Pariaman...
    3 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Kembali raih Opini WTP ke 11,...
    3 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Raih Prestasi Kinerja Terbaik II Penyelenggaraan...
    2 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Sekda Yota Balad Pimpin Upacara Hardiknas
    2 Mei 2024
    Selengkapnya >>
  • Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj. Wali Kota Pariaman
    29 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>