Menpar RI Arief Yahya resmi tutup TdS 2018, Grand Finish TdS Stage 8 di Pantai Kata Kota Pariaman Sukses


Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin berfoto bersama dengan Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya pada Grnad Finish TdS Stage 8 di Pantai Kata, Minggu (11/11/2018)

Juned | 11 November 2018

Kominfo Kota Pariaman --- Menteri Pariwisata (Menpar)RI, Arief Yahya, Resmi  menutup Tour de Singkarak (TdS) Stage 8, atau Grand Finish TdS di Pantai Kata, Kota Pariaman, Minggu sore (11/11).

Kehadiran Arief Yahya sebagai Menpar RI, pada Grand Finish TdS stage 8 di Kota Pariaman, terasa sepesial, karena hal ini merupakan kunjungan pertama seorang Menteri Pariwisata ke Kota Pariaman, sejak pertama kali berdiri sebagai Kota Otonom, 16 tahun yang lalu.

Arif Yahya mengatakan bahwa Kota Pariaman punya potensi yang besar sebagai daerah tujuan destinasi wisata, sesuai dengan visi Kota Pariaman menjadi kota tujuan wisata, dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

"Saya melihat Kota Pariaman dengan potensi bahari yang dimilikinya, baik jajaran pantai dan gugusan  pulau serta wisata underwaternya, jika dikemas dengan baik, maka nantinya akan dapat menjadi destinasi wisata keluarga favorit, yang tidak kalah dengan kota dan kabupaten lainya di indonesia", ujarnya.

Untuk pelaksanaan TdS yang untuk tahun 2018 ini memasuki usia ke 10 tahun, Menpar menilai termasuk sukses, apalagi pada Grand Finish di Kota Pariaman, yang zero accident dan dari segi pengamanan dan penyelenggaranpun sangat sukses dan memukau.

"Kita apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kota Pariaman dan Kepolisian dan TNI serta jajaran, yang telah turut mensukseskan event TdS yang saat ini mendapat ranking 5 di dunia dari segi jumlah penonton dan penyelenggaraan", tuturnya.

Arief Yahya juga memaparkan bahwa Pariwisata, akan menjadi penyumbang terbesar devisa negara, dan hal ini telah kita buktikan, dimana Migas dan tambang telah mengalami penurunan, dan Presiden RI telah menginstruksikan untuk tahun 2019, dapat dikunjungi 20 Juta wisatawan asing, sehingga dapat menjadi nomor satu penyumbang devisa negara.

"Saat ini pariwisata menjadi penyumbang nomor 2 terbesar, dengan mencatat angka 190 Triliun dibawah Export Kelapa Sawit yang menjadi penyumbang terbesar di indonesia sebesar 239 Triliun, dan untuk nomor 3-5, diikuti export Textile, Migas dan Batubara," jelasnya.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan sangat bangga sekali, dimana Kota Pariaman dapat terpilih sebagai lokasi Grand Finish TdS 2018, dan hal ini semakin spesial dengan datangnya orang nomor satu di Kementerian Pariwisata RI ini.

"Kita sangat berterimakasih sekali kepada bapak Menteri Pariwisata yang dapat secara langsung menutup Grand Finish TdS 2018 di Kota Pariaman, dimana ketika grand Opening saja di Bukittinggi hanya dibuka dan dihadiri Staf Ahli Kemenpar RI", tukasnya.   

Dengan hadirnya Menpar RI di Kota Pariaman, akan semakin meningkatkan wisatawan untuk dapat berkunjung ke Kota yang terkenal dengan budaya Tabuiknya ini.

"Kami berharap, kepada bapak Arief Yahya, agar dapat mempromosikan Kota Pariaman, dan sekaligus dapat membantu penataan kawasan pantai dengan bantuan dananya, sekaligus mengajak para investor untuk dapat membuat Hotel berbintang di Kota Pariaman", ucapnya.

Dengan hadirnya penataan kawasan pantai yang dibantu oleh Kementerian Pariwisata dan adanya Hotel Berbintang di Kota Pariaman nanti, akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal dan mancanegara, sehingga target 20 juta kunjungan wisatawan asing di 2019 nanti, dapat terealisasi, kata mantan Wakil Walikota Pariaman ini.

Pada kesempatan ini, Menpar RI, Arief Yahya juga meresmikan Kawasan Wisata Pantai Kata, dan Hotel Safari Inn, serta Melaunching Pariaman International Triathlon, yang akan digelar pada tanggal 1-2 Desember mendatang

Pada Grand Finish Stage 8 TdS di Pantai Kata Kota Pariaman, masyarakat dan penonton juga disuguhkan dengan penampilan dari group band Naff, yang diundang khusus untuk memeriahkan gelaran tahunan event TdS di Kota Pariaman.

Acara ini dihadiri juga oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus, Anggota DPR RI, Jhon Kenedy John Azis, dan Refrizal, Danlanud Padang, Forkopimda Provinsi Sumbar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda Kota Pariaman, Panitia Sepeda Dunia dan indonesia, serta para Atlit yang berasal dari 20 negara yang datang. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
  • PTK SD se Kecamatan Pariaman Timur Salurkan infaq...
    3 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025
    3 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>