Pemerintah Daerah diminta untuk aktif melakukan pengelolaan informasi pelayanan publik dalam aplikasi SIPPN


Rapat Kordinasi dengan  Unit Pelayanan Publik

Tachi | 19 Maret 2021

Kominfo Kota Pariaman--- Sesuai dengan amanah Permenpan RB Nomor 13 Tahun 2017 tentang “Sistim Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN)”, setiap Pemerintah Daerah diminta untuk aktif melakukan pengelolaan informasi pelayanan publik dalam aplikasi SIPPN yang dikelola oleh Kementerian PAN RB.

Terkait dengan hal tersebut, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pariaman menggelar Rapat Kordinasi dengan  Unit Pelayanan Publik, yang dikelola oleh Perangkat Daerah yang ditunjuk sebagai percontohan, diantaranya Dinas DPMPTSP dan Naker, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, BPKPD, Bappeda, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata dan Budaya, dan Camat Pariaman Tengah, untuk melakukan Evaluasi Pengelolaan Sistim Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) Tahun 2021, dan acara tersebut di dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman  Ahmad Zakri.

Kepala Bagian Organisasi  Sekretariat Daerah Kota Pariaman Lia Lestari sebutkan dalam acara yang digelar di ruang rapat Bappeda Jumat (19/3/21), rakor ini diadakan dengan tujuan untuk mewujudkan pengawasan dan partisipasi masyarakat yang efektif, mewujudkan keterpaduan informasi pelayanan publik, dan mencegah terjadinya penyalahgunaan kewenangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Untuk melakukan monitoring evaluasi dalam informasi pelayanan publik pada SIPPN, ada beberapa indikator yang harus di monitoring antara lain, Kepemilikan Akun, Pengisian Profil Instansi, Pengisian Pelaksana, Pengisian Jenis Layanan, Pengisian Maklumat Pelayanan, Pengisian SK Standar Pelayanan atau SK Pengelolaan.

Adapun langkah-langkah yang harus dilalui terkait dengan SIPPN ini adalah dengan cara Membuat Akun Instansi, Menunjuk Admin dan Sub Admin Instansi, Menyiapkan materi informasi untuk diinput pada aplikasi yang diakses melalui domain http://sipp.menpan.go.id/, dan Menginput serta melakukan updating informasi pada SIPPN.

Kemudian untuk Materi Informasi tersebut meliputi, Profil Penyelenggara, Profl Pelaksana, Standar  Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Penilaian Kinerja, dan Penyediaan Berita. Untuk Profil Penyelenggara terdiri dari, nama penyelenggara, jenis penyelenggara, jenis layanan, alamat penyelenggara,  nomor telepon, email, dan jumlah pelaksana. Profil Pelaksana juga terdiri dari, nama pejabat, jabatan, kompetensi pelaksana, nomor telepon, dan foto.

Untuk Standar Pelayanan terdiri dari, produk layanan, persyaratan, mekanisme atau prosedur, waktu pelayanan, biaya, dan pengelolaan pengaduan. Kemudian Maklumat Pelayanan  merupakan komitmen atau janji Penyelenggara, untuk menyediakan pelayanan yang berkualitas. Kemudian ada juga Penilaian Kinerja yaitu, Dokumen hasil kegiatan program kerja instansi pemerintah yang memiliki unit pelayanan, dan terakhir adalah Penyediaan Berita, yaitu Penyelenggara wajib menyediakan informasi dalam bentuk pemberitaan mengenai kejadian aktual yang berkaitan dengan pelayanan publik dan dikemas secara menarik. (tc)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Konsultasi Program Kebudayaan, Wali Kota Pariaman Yota Balad...
    21 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Usulkan Sekolah Rakyat di Kota Pariaman, Yota Balad...
    21 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Adakan Workshop Penyusunan Pohon Kinerja dan...
    21 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Tabuik Pariaman Meriahkan HUT TMII ke 50
    20 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Lantik Mulyadi Sebagai Ketua Kwarcab 0316...
    18 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Audy Joinaldi Lantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang 0316...
    18 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Terima kunjungan Pengadilan Agama Pariaman, Yota Balad Instruksikan...
    17 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Pilot Projek Pemungutan Pajak Pusat dan...
    16 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Pimpin Apel Gabungan, Yota Balad ingatkan ASN tentang...
    16 April 2025
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad - Mulyadi Support Efriadi, Berjalan Kaki...
    15 April 2025
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • DAFTAR PESERTA, JADWAL DAN LOKASI SELEKSI KOMPETENSI PENGADAAN...
    21 April 2025
    Selengkapnya >>
  • PENERIMAAN BIMBINGAN BELAJAR SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2025
    18 Maret 2025
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PRASANGGAH PENGADAAN PPPK TAHAP II...
    14 Februari 2025
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI PASCA SANGGAH CPNS 2024 PEMERINTAH KOTA...
    21 Januari 2025
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL KELULUSAN CPNS PEMKO PARIAMAN TA 2024
    11 Januari 2025
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PPPK GURU DAN PEMBERKASAN PPPK
    6 Januari 2025
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Selkom PPPK 2024
    30 Desember 2024
    Selengkapnya >>
  • DAFTAR PESERTA, JADWAL, DAN LOKASI SELEKSI KOMPETENSI BIDANG...
    6 Desember 2024
    Selengkapnya >>
  • JADWAL DAN LOKASI UJIAN PPPK 2024
    29 November 2024
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS di...
    18 November 2024
    Selengkapnya >>