PEMKO PARIAMAN ADAKAN UNBK PAKET C


Walikota Pariaman Genius Umar saat memonitoring UNBK Paket C di SMPN 4 Pariaman, Jumat (12/4/2019).

Erwin | 12 April 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Pelaksanaan UNBK Paket C ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga di Kota Pariaman, demi mewujudkan program unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana “, ujar Walikota Pariaman Genius Umar saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMA (Paket C) yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ar-Raudah Pariaman di SMPN 4 Pariaman, Jumat (12/4/2019).

Kita patut berbangga karena Kota Pariaman dihadiri langsung oleh pihak Kemendikbud pusat Kasubdit Kesetaraan dan Pendidikan Berkelanjutan Dr. Sukamto dalam rangka memonitoring pelaksanaan UNBK di Kota Pariaman ini.

Lebih lanjut, Genius mengatakan bahwa untuk bisa mengisi jawaban pada soal UNBK ini betul-betul murni dari kemampuan dan pengetahuan peserta, peserta tidak bisa mencontek satu sama lain karena tiap soal ujian masing-masing berbeda.

Kita berharap pelaksanaan UNBK ini berjalan baik. Nanti akan kita lihat perkembangan UNBK Paket C ini kedepannya. Kemudian kepada penyelenggara diharapkan lebih gencar lagi mencari anak yang putus sekolah ke desa-desa, sehingga tujuan dari Pemko Pariaman dalam rangka memutus mata rantai kebodohan dan kemiskinan di Kota Pariaman dapat tercapai.

Penyelanggara harus terapkan kedisiplinan dan tepat waktu kepada peserta, sesuai aturan pendidikan kesetaraan yang dikeluarkan Direktorat Pendidikan Kesetaraan Kemendikbud pusat.

Kepala Sub Direktorat Kesetaraan dan Pendidikan Berkelanjutan Kemendikbud, Dr. Sukamto dalam kunjungannya tersebut mengatakan pada hari ini kami memonitoring pelaksanaan UNBK bagi peserta didik Paket C di Kota Pariaman untuk dapat memastikan bahwa ujian berlangsung dengan baik dengan integritas yang tinggi.

Karena secara nasional, kita mentargetkan partisipasi ujian nasional ini 100 persen UNBK. Tetapi memang ada beberapa yang tidak bisa UNBK karena mereka berada di lapas, jadi masih ada sekitar 0,05 persen yang ujian pakai kertas di lapas karena mereka memang tidak mungkin dibawa kesekolah yang ada komputernya karena prosudernya cukup rumit.

Terimakasih dukungan dari SMPN 4 Pariaman yang sudah memfasilitasi untuk peserta dari kesetaraan untuk ikut ujian di SMPN 4 Pariaman yang memiliki fasilitasi lab komputer yang cukup baik.

Sekarang ini kita menggunakan sistem berbagai sumber daya sehingga fasilitas pemerintah bisa digunakan oleh semua warga masyarakat. Tidak ada lagi sekat formal dan non formal baik SMP atau SMA. Untuk penyelengaraan UNBK Paket C ini bisa menggunakan fasilitas SMP maupun SMA dan Paket B pun bisa menggunakan fasilitas dari sekolah SMA.

Kita berharap kedepan pendidikan kesetaraan di indonesia semakin berkualitas dan berintegritas, artinya berkualitas dari segi pembelajarannya yang terdokumentasi dengan baik. Kita ada aplikasi Dapodik jadi perkembangannya bisa kita pantau melalui aplikasi tersebut.

Kemudian dari segi integritas, ujiannya harus jujur dan berintegritas tinggi karena pendidikan kesetaraan ini proses pembelajarannya fleksibel maka ujiannya harus ketat, maka perlu kita perketat quality control nya.

Sementara menurut Kepala Bidang Dikmas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Pria Sapta Mulia mengatakan pelaksanaan UNBK Paket C di Kota Pariaman Tahun 2019 ini diselenggarakan di tiga sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 156 orang, 79 di SMPN 4 Pariaman, 43 di SMPN 3 Pariaman dan 34 di SMPN 7 Pariaman. Kita bekerjasama mengenai data dengan Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Dikbud Padang sehingga lahirlah peserta untuk pelaksanaan UNBK Paket C ini.

Dan kita berharap nanti, supaya penyelanggara dengan Pustekkom Dikbud Padang dan Kemendikbud itu intens dalam bentuk koordinasi dan dalam pelaksanaannya kita sesuaikan dengan aturan dan ketentuan sesuai dengan panduan pos yang ada.

Sementara itu, Ketua PKBM Ar-Raudah Pariaman Sofiawati ketika diwawancarai di SMPN 4 Pariaman mengatakan penyelanggara UNBK Paket C Kota Pariaman Tahun 2019 ini adalah PKBM Ar-Raudah Pariaman, SKB Pariaman dan PKBM Primadona dengan jumlah peserta sebanyak 79 orang. Pelaksanaan UNBK ini berlangsung selama empat hari mulai 12 April s/d 15 April 2019.

“ Kita sebagai penyelanggara masih menompang ke sekolah formal, karena terkendala sarana dan prasarana yang masih terbatas. Alhamdulillah kita diberi kesempatan oleh SMPN 4 Pariaman untuk bisa bergabung sebagai sekolah penyelenggara “, ujarnya.

Kita berharap kepada pemerintah daerah kedepan untuk lebih memperhatikan bagaimana PKBM di Kota Pariaman ini bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Lebih lanjut, Sofiawati mengatakan bahwa jumlah anak-anak yang putus sekolah di indonesia khususnya Kota Pariaman lebih banyak yang mengikuti UNBK dibanding sekolah formal. Rata-rata usia peserta UNBK di Kota Pariaman 80 persen usia sekolah dan 20 persen usia diatas sekolah.

" Alhamdulillah untuk mereka yang usia tidak sekolah setelah ikut UNBK sudah banyak yang bekerja, mereka memang sangat membutuhkan ijazah untuk tingkatan gaji yang lebih tinggi. Kemudian untuk yang usia sekolah, mereka juga butuh UNBK untuk melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi ",tutupnya. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN