PENTINGNYA PERANAN PENYULUH AGAMA DESA DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT


Drs.H. Syaiful Azhar , Kasi Bimas Kemenag Kota Pariaman

angga | 21 Maret 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Sesuai dengan visi dan misi Walikota terpilih Genius Umar yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kehidupan  umat beragama di Kota Pariaman, Tahun 2019 sudah mulai terealisasi.

Hal ini dapat dilihat dari sudah adanya para penyuluh agama desa yang ditempatkan di desa dan kelurahan masing-masing. Penyuluh agama desa ini dinilai peranannya sangat penting sekali karena mereka mempunyai tugas untuk memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat sekaligus menghambat masuknya paham-paham keagamaan yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam Kemenag Kota Pariaman Syaiful Azhar diruangan kantornya ketika dilakukan wawancara dengan beliau Kamis (21/3).

Beliau mengatakan, “disetiap desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman sudah ditempatkan satu orang penyuluh agama desa yang sudah lolos seleksi tertulis dan wawancara yang dilakukan oleh Kemenag Kota Pariaman, jadi dari tiga orang per masing-masing desa dan kelurahan yang direkomendasikan untuk mengikuti seleksi dan ujian tersebut oleh kepala desa atau lurah mereka hanya satu orang yang dipilih untuk menjadi penyuluh agama desa tersebut”.

“Secara umum dalam tes tertulis dan wawancara tersebut mereka sudah harus mempersiapkan diri mereka sebaik-baiknya untuk bisa lolos sebagai penyuluh agama desa, seperti mereka harus mempunyai wawasan keagamaan yang luas, wawasan kebangsaan, beriman, mempunyai akhlak dan berbudi pekerti yang baik, agar bisa terjun dan berbaur langsung dengan masyarakat secara baik jika lolos seleksi nanti”, ujarnya.

Beliau juga menyampaikan selain bertugas untuk menerapkan program pemerintah tentang magrib mengaji dan subuh mubaroqah yang sepenuhnya sudah dilimpahkan ke desa dan kelurahan masing-masing, penyuluh agama desa ini juga bertugas untuk memberikan atau melaksanakan bimbingan keagamaan melalui majelis taklim maupun pendidikan keagamaan non formal seperti memberantas buta Al-quran, dan penyalah gunaan narkoba.

Harapan beliau kedepannya supaya penyuluh agama desa ini bisa amanah menjalankan tugas yang diberikan kepada mereka sebaik-baiknya, dan mereka juga harus menerapkan dan mengamalkan pada diri mereka masing-masing tentang apa yang mereka sampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan mengikuti petunjuk dan ajakan yang mereka sampaikan sehingga program pemerintah pun bisa terwujudkan. (tachie)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN