Perluas Sagasaja, Wako Genius MoU dengan Unand


Juned | 28 September 2022

Kominfo Kota Pariaman --- Untuk memperluas kerjasama dalam program unggulan Pemerintah Kota Pariaman, Sagasaja (Satu Keluarga Satu Sarjana), Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Pemko Pariaman dengan Universitas Andalas (Unand).

Untuk MoU ditandatangani langsung oleh Genius Umar selaku Wali Kota Pariaman, dengan Rektor Universitas Andalas, Prof. Yuliandri dan untuk PKS, ditandatangani oleh  Sekdako Pariaman, Yota Balad, dengan Wakil Rektor 1 Universitas Andalas, Prof. Dr. Mansyurdin bertempat di Ruang Senat Lantai 4 Rektorat Universitas Andalas, Kota Padang, Rabu (28/9).

Penandatanganan MoU dan PKS ini juga dihadiri oleh Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit, Plh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Hertati Taher, Kabag Pemerintahan, Murfida, Kabag Kesra, Syamsuardi dan disaksikan oleh Civitas Akademika dari Universitas Andalas.

"Dengan adanya kerja sama ini, impian kami untuk berkolaborasi dengan Unand yang dekat dari Kota Pariaman, dapat kita wujudkan, sehingga kita dapat memantau dan mengevaluasi anak-anak kita yang berkuliah disini," ujarnya.

Genius juga mengatakan bahwa sebelumnya, Pemko Pariaman melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, telah menguliahkan 14 orang anak-anak kurang mampu, ke Unand ini dalam program Sagasaja, sejak bulan Agustus 2022 yang lalu.

"Yang terpenting kita berbuat dahulu baru seremonial belakangan, dimana tujuan kita adalah untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman, karena kami menyadari hanya dengan pendidikan kita dapat memutus lingkaran kemiskinan di kota Pariaman," tukasnya.

Lebih lanjut Genius mengungkapkan bahwa, banyak program dari setiap OPD untuk pengentasan kemiskinan, bahkan ada yang saling tumpang tindih, dengan adanya program Sagasaja ini, lintas sektor akan saling berkolaborasi, mengeroyok bersama program ini, mulai dari Baznas, pemko dan perbankan, sehingga akan lebih tepat sasaran dan dirasakan langsung manfaat nya oleh mamasyarakat, ulasnya.

"Kami menyadari bahwa berbagai program pengentasan kemiskinan yang ada tidak menurunkan angka kemiskinan secara signifikan, karena itu perlunya intervensi pemerintah dalam bidang pendidikan, sehingga setelah mereka tamat nanti, mereka dapat bekerja dan menjadi pengungkit keluarga nya keluar dari kemiskinan," ungkapnya.

Lulusan S3 IPB ini juga menuturkan pihaknya memilih bekerja sama dengan universitas dan Perguruan Tinggi vokasi, yang mengajarkan keahlian, selain dengan Universitas dan Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Indonesia.

"Kita telah bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, Politeknik Transportasi Darat Bali, dan Telkom University, sejak dimulai Tahun 2018 yang lalu, sampai tahun 2022 ini, sudah ada 257 mahasiswa kita yang kita kuliahkan di berbagai universitas dan Perguruan tinggi tersebut," tutupnya. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Bersihkan Genangan Air di Pinggir Jalan, Genius Umar...
    27 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar dan Rombongan Pemko Pariaman, silaturahmi dengan...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikuti Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se Indonesia...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Target Dua Juta Pengunjung, Pemko Pariaman Launching CoE...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikut bermain Futsal, Genius Umar ajak generasi muda...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Tantang SMA N 2 Untuk Buat Event...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Berikan Bantuan Ayam Hasil Pokir Dewan
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • 4507 KPM di Kota Pariaman Terima BLT BBM,...
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Lepas Kontingen PGRI Kota Pariaman
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Apresiasi Dusun Padang Tampaik, Desa Marunggi...
    23 November 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN