Persiapan Hari Nusantara, Pemko Pariaman Adakan Rapat Bersama Kemenko Maritim


Walikota Pariaman Genius Umar memberikan sambutan pada Rapat Persiapan hari Nusantara Tahun 2019 di Balairung Pendopo Walikota Pariaman

dewi | 18 November 2019

Kominfo Kota Pariaman---Menjelang dilaksanakannya peringatan Hari Nusantara Tahun 2019, 13 Desember mendatang di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman kembali mengadakan rapat bersama Kementerian Koordinator Maritim RI hari ini bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman hari ini Senin (18/11).

Dalam sambutannya Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para undangan yang hadir saat ini dalam rangka diskusi persiapan Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 13 Desember.

“ Ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kota Pariaman yang ditunjuk sebagai tuan rumah dan tentunya pada acara yang sangat besar ini kami tidak bisa pungkiri rasa cemas dan khawatir. Namun dengan kerjasama, kita optimis bisa mensukseskan puncak Hari Nusantara Tahun 2019, “ ungkap walikota Pariaman Genius Umar.

Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Melalui Keppres No.126/2001 dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional.

“ Melalui Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri kemudian mengukuhkan 13 Desember sebagai Hari Nusantara. Untuk memperingati Hari Nusantara ditunjuklah daerah tertentu sebagai pusat perayaan, dan untuk Tahun 2019 Kota Pariaman siap menjadi tuan rumah Hari Nusantara, “ jelasnya.

Banyak kegiatan akan dilaksanakan pada pelaksanaan Hari Nusantara. Mulai tanggal 7 dan 8 Desember 2019 rencananya akan ada mancing mania yang digelar di sepanjang perairan Padang dan Pariaman, Bakti sosial tanggal 11 dan 12 Desember 2019 dilaksanakan di Pantai Gandoriah, Nusantara Expo tanggal 9 s.d 13 Desember 2019.   

” Memperingati Hari Nusantara ini banyak kegiatan yang dilaksanakan seperti bakti sosial dengan kegiatan pengobatan gratis, pelayanan alat kontrasepsi dan aksi bersih pantai. Nusanatara expo dilakansakan dengan kegiatan pameran kemaritiman, potensi daerah, BUMN dan BUMD dan industri kreatif, “ tambahnya.

Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Kosmas Harefa mengatakan Hari Nusantara sebagai pengingat jati diri bangsa Indonesia sebagai Negara Maritim dan Negara Kepulauan terbesar didunia serta menjadi pendorong dan penyemangat baru bagi pemerintah dan segenap rakyat Indonesia untuk menjadikan Pembangunan Kelautan sebagai Pengarusutamaan Pembangunan Nasional.

" Kita punya misi dalam melaksanakan kegiatan ini, diantaranya tersosialisasinya prinsip-prinsip Indonesia sebagai negara kepulauan, Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang memiliki wawasan dan Budaya Bahari, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kelautan, Terwujudnya sistem pertahanan keamanan yang dapat mempertahankan kedaulatan NKRI, " ungkapnya.

Adapun tujuan pelaksanaannya adalah Menempatkan Laut sebagai sumber yang potensial dan menjadi perekat budaya maritim, Berperan aktif mewujudkan stabilitas dan keamanan dikawasan asia tenggara dan asia timur, Berperan aktif mewujudkan stabilitas dan keamanan dikawasan asia tenggara dan asia timur, Pencanangan pengembangan berbagai industri kelautan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional  dan  Mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

" Saat ini kesiapan kota Pariaman sebagai Tuan Rumah sudah 50 persen. Tentunya ini harus kita dukung bersama mengingat ini bukan saja tentang Kota Pariaman, melainkan adalah Agenda Nasional," jelasnya mengakhiri.(dewi lestari)

 

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kota Pariaman Siap Menjadi Tuan Rumah RAKERWIL I...
    20 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • 84 Orang Warga Kota Pariaman Terima Sertifikat Tanah...
    20 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • 12 0rang Uda Uni Kabupaten Sijunjung, berwisata ke...
    19 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Liburan Ke Kota Pariaman, Mr. Moon Hoyong Dari...
    19 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Dukung Muhammadiyah Kembangkan Pendidikan Islam Di...
    18 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Dukung Puspa Indah Ikuti Ajang LIDA...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Wirid Bulanan Perdana di Tahun 2020, Mardison Mahyuddin...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Gadis Bersuara Merdu Ini Akhirnya Tampil di LIDA...
    17 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Paparkan Study Kelayakan Pelabuhan Penyebrangan Sunur...
    16 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kejari Aceh Singkil Lakukan Studi Banding Ke Kejari...
    16 Januari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • HASIL SANGGAHAN PELAMAR TERHADAP SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON...
    30 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI ADM CPNS 2019
    17 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • Penetapan Tiga (3) Besar Nominasi Jabatan Tinggi Pratama...
    5 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • FUN TRIATHLON / EXECUTIVE RELAY
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • DUATHLON PELAJAR
    21 November 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN...
    14 November 2019
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Food Truck Festival 2019
    18 Desember 2019
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JPT PRATAMA DILINGKUNGAN...
    23 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Kedua Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan...
    22 Oktober 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perpanjangan Jadwal Pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Paratama...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>