Pertama di Kota Pariaman, Desa Sikapak Barat Launching Kalibrasi Arah Kiblat


Tim ahli Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag Kota Pariaman sedang melakukan Kalibrasi arah kiblat di Kantor Desa Sikapak Barat Kecamatan Pariaman Utara, Jumat (14/12).

Erwin | 14 Desember 2018

Kominfo Kota Pariaman --- Desa Sikapak Barat Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman menggelar Launching Kalibrasi Arah Kiblat Penyelenggara Syariah Kakankemenag Kota Pariaman, Jumat (14/12) di Kantor Desa Sikapak Barat.

Kakankemenag Kota Pariaman, Muhammad Nur, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Launching Arah Kiblat di Desa Sikapak Barat ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Pariaman.

"Kita akan sosialisasikan ini ke masyarakat di Kota Pariaman bahwa Desa Sikapak Barat merupakan desa pertama yang melaksanakan launcing arah kiblat", terangnya.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan upaya kita bersama untuk menentukan arah kiblat yang benar, karena kiblat merupakan acuan utama bagi umat islam didunia ketika akan melaksanakan shalat.

Persoalan pentingnya arah kiblat dalam ibadah sholat ialah sudah disepakati oleh para ulama dari empat madzhab syafi'i, hanafi, maliki dan hambali, yang menyatakan bahwa menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sah sholat.

Dikatakannya juga bahwa jika ternyata dari pengujian tersebut ditemukan arah kiblat selama ini kurang tepat, pengurus masjid dan mushala tidak perlu mengubah bangunan dan cukup menggeser posisi sajadah ke arah yang tepat”, tambahnya.

Namun begitu, lanjut M Nur, meski sudah banyak perbaikan masih ada rumah ibadah yang kiblatnya salah dan penyimpangan mulai satu derajat hingga 10 derajat.

“Jika kiblat menyimpang satu derajat saja maka akan terjadi pergeseran arah mencapai 100 kilometer dan kalau penyimpangannya 10 derajat shalat tak lagi menghadap kiblat (ka’bah) melainkan ke Ethiopia, tukasnya.

Ia berharap dengan adanya kalibrasi ini masyarakat dan pejabat desa yang melaksanakan sholat mendapat arah kiblat yang benar dan tepat, karena kiblat merupakan syarat sahnya sholat.

“Semoga amal ibadah sholat kita akan lebih mantap nilainya di mata Allah, aamiin.

Sementara itu, Kepala Desa Sikapak Barat diwakili Ketua KAN Syafrizal, mengatakan kegiatan ini merupakan kesepakatan kami dengan masyarakat desa mengingat dan menimbang arah kiblat yang masih simpang siur.

Sebelumnya, Kankemenag Kota Pariaman sudah mengkalibrasi (pengukuran) arah kiblat di mesjid dan mushalla yang ada di Desa Sikapak Barat, alhasil terdapat pergeseran arah kiblat di mesjid Muhammadiyah Desa Sikapak Barat.

Sementara itu, ahli Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag Kota Pariaman Ikhlas mengatakan bahwa berdasarkan pengamatan pada Jumat (14/12) siang di Kantor Desa Sikapak Barat ini, ternyata ditemukan hasil ada perbedaan arah kiblat yakni sekitar 6 derjat ke arah utara, dari sebelumnya 6 derjat mengarah ke barat yaitu Lintang 0 derjat 34, 644 = 0 derjat 34’ 38, 64” dan Bujur 100 derjat 07, 736 = 100 derjat 7’ 44, 16”.

“Masyarakat juga dapat melakukan uji kiblat pada 27 Mei karena posisi matahari tepat berada di atas ka'bah, ini kesempatan untuk menguji ulang apakah arah kiblat shalat selama ini sudah benar," sebutnya.

“Peristiwa ini hanya terjadi dua kali dalam setahun yakni pada tanggal 27 mei dan 16 juli sekitar pukul 16.18 wib atau pada waktu zuhur untuk kota mekkah”, tutupnya.

Tim BHR ini terdiri dari 6 orang petugas yang terdiri dari operator dan analisis kalibrasi dengan Penyelanggara Syariah dari Kakankemenag Kota Pariaman sebagai pengarah dan penanggungjawab.

Usai acara Launcing Arah Kiblat di Kantor Desa Sikapak Barat, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kankemenag Kota Pariaman kepada Desa Sikapak Barat sebagai desa pertama yang melaksanakan Launcing Kalibrasi Arah Kiblat di Kota Pariaman.(win)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>