Pertama Dikota Pariaman, Sekolah Serahkan Siswanya Keorang Tua dan Sambut Siswa Baru


dewi | 27 Juni 2020

Kominfo Kota Pariaman---Setelah enam tahun menyelesaikan proses pendidikan dasar dan dinyatakan lulus oleh pihak sekolah untuk tahun ajaran 2019/2020, Kepala Sekolah SDN 19 Kota Pariaman AzralAzral Malvinas menyerahkan kembali siswa kelas VI SDN 19 secara simbolis kepada orang tua/wali murid dan menyambut siswa kelas satu yang baru bergabung di SD tersebut. Penyerahan dan penyambutan dilaksanakan di SDN 19 Kota Pariaman hari ini sabtu (27/6).

“Sekolah sudah menyelesaikan pekerjaannya dari jenjang SD, maka kembali hak asuh atau hak pendidikan diserahkan kembali ke orang tua, untuk dilanjutkan ke tahapan lebih tinggi ke jenjang SMP. Pada acara ini sekaligus kami laksanakan penyambutan terhadap siswa kelas satu yang baru bergabung,” ungkapnya.

Simbolis penyerehan siswa dan penyambutan siswa baru disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Yurnal, Ketua Komite SDN 19 Kota Pariaman Mahyareti dan Pengawas gugus satu Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman kartini serta seluruh orangtua/walimurid kelas enam SDN 19 Kota Pariaman.

“Penyerahan dan penyambutan siswa baru pada era new normal ini kami laksanakan tetap berpedoman pada protokol kesehatan layanan. Penyerahan dan penyambutan kita bedakan waktu pelaksanaannya sehingga tidak terlalu ramai. Penyambutan siswa baru ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan kepada orangtua/walimurid seperti apa dan bagaimana SDN 19 Kota Pariaman, agar semua walimurid/orangtua bisa faham dan mengerti ketika bergabung dan menitipkan anaknya di sekolah, “ tambahnya.

Azral melanjutkan, pemerintah daerah melalui Disdikpora telah menganggarkan baik melalui dana BOS maupun beasiswa, untuk mendorong orang tua siswa dan peserta didik terus bersemangat melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman Yurnal saat memberikan sambutan mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada SDN 19 Kota Pariaman yang telah bersedia mengadakan kegiatan ini.

“Ini kegiatan baru dan pertama di Kota Pariaman. Meskipun di tengah pandemi covid-19 namun kita tetap harus menjaga agar selalu menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan dan itu telah dilakukan oleh pihak sekolah sebelum acara ini dimulai, “ ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Yurnal juga menjelaskan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pariaman terhadap dunia pendidikan seperti adanya program sagasaja (satu keluarga satu sarjana), bantuan keuangan khusus kepada SMA/SMK yang menyekolahkan warga Kota Pariaman sehingga masyarakat Kota Pariaman yang anaknya bersekolah di SMA/SMK tidak dipungut biaya bulanan langsung dari orangtuanya namun telah dibantu oleh Pemerintah Kota Pariaman dan kartu pariaman pintar.

“Untuk 2 (dua) kegiatan pemerintah telah berjalan sampai saat ini, sementara untuk kartu pariaman pintar akan kita launching pada awal Bulan Juli ini. Ini merupakan bantuan beasiswa kepada anak - anak SD dan SMP di Kota Pariaman yang belum mendapatkan beasiswa dari kartu indonesia pintar, “ terangnya.

Terkait dengan tahun ajaran baru 2020/2021, Yurnal menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Diketahui sampai saat ini pemerintah pusat belum mengeluarkan surat edaran, terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah di era kehidupan normal baru. 

“Sekolah tahun ajaran baru dibuka, Iya. Keputusan resmi belum dikeluarkan namun kita sudah membuat skenario pembelajaran untuk sekolah direncanakan tanggal 13 Juli 2020 dengan sistem pembelajaran dibagi 2 (dua). Kelompok A belajar disekolah seminggu dan kelompok B dirumah. Seminggu kemudian bergantian. Jam sekolahpun kami skenariokan hanya sampai jam 10.00 Wib, “ tambahnya.

Ia berharap pandemi covid-19 ini cepat berakhir sehingga semua anak - anak bisa mendapatkan pendidikan dengan sewajarnya. Kepada anak yang hari ini diserahkan kembali ke orangtuanya untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, rajin belajar dimanapun bersekolah dan untuk yang baru bergabung, ayo bersama kita didik anak kita menjadi anak yang bertaqwa dan sukses dimasa depannya.(dewi lestari)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>