Pj. Walikota Pariaman Dengarkan Pandangan Umum Fraksi terhadap Nota Keuangan Walikota tentang RAPBD TA 2024


Rika | 8 November 2023

Kominfo Kota Pariaman --- Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia dengarkan penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Nota Keuangan Walikota tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Pariaman Tahun Anggaran 2024 pada Rapat Paripurna DPRD Kota Pariaman di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Pariaman, Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (8/11).

Rapat paripurna ini, dipimpin langsung Ketua DPRD, Harpen Agus Bulyandi, Wakil Ketua DPRD, Efrizal dan Mulyadi, Anggota DPRD Kota Pariaman, perwakilan forkopimda, sekda, asisten, staf ahli, kepala OPD, kabag dan camat se-Kota Pariaman.

Menurut pandangan umum fraksi Bulan Bintang Nurani yang disampaikan oleh Romi Novialdi mengatakan bahwa dalam Nota Keuangan Walikota Pariaman tentang RAPBD Tahun anggaran 2024 ada beberapa catatan yakni dalam membuat sebuah perencanaan sebuah anggaran dilakukan berdasarkan data riil pada anggaran yang direncanakan. Besar atau kecilnya ditentukan dengan kebutuhan dari setiap OPD. Maka dalam hal ini kami menghimbau kepada Pemerintah Kota ataupun setiap OPD, dalam hal perencanaannya diperlukan keefektifan dan keakuratan perhitungan dalam perencanaan agar nantinya hasil yang diharapkan dapat terwujud sesuai dengan target dari perencanaan yang telah direncanakan.

“Untuk meningkatkan Pendapatan Daerah, agar pemerintah lebih memaksimalkan penggalian Sumber PAD terutama dari pajak daerah dan retribusi daerah terutama dari sektor unggulan daerah seperti pariwisata dan lainnya,” tukasnya.

Selanjutnya pandangan umum fraksi Nasional Demokrat yang disampaikan oleh M. Taufik menuturkan bahwa terkait dengan rancangan APBD Tahun 2024 ini, apakah telah mencakup ruang lingkup yang sesuai dengan posisi standarisasi kebutuhannya, jangan sampai pada APBD tahun Anggaran 2024 nanti, anggaran kegiatan yang telah ditetapkan berubah pelaksanaannya ataupun tidak terlaksana yang disebabkan beberapa alasan, seperti yang terjadi pada tahun anggaran sebelumnya.

“Melihat kondisi keuangan daerah yang terjadi pada setiap tahun anggaran, perlu dilakukan evaluasi berjalan antara Pemerintah Daerah dengan Lembaga Legislatif guna mengimbangi setiap pengeluaran yang didasarkan pada ketetapan anggaran yang telah disepakati,” ungkapnya.

Fraksi Golongan Karya yang disampaikan Ali Bakri memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Pariaman yang selalu berbuat yang terbaik dalam kinerja penyusunan APBD untuk keperluan pembangunan sarana umum dan keperluan berjalannya roda pemerintahan guna memacu pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai daerah yang tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan memenuhi APBD, tentulah sumber pendapatan daerah bertumpu kepada dana transfer pusat (APBN), pajak daerah dan retribusi daerah serta pengelolaan kekayaan daerah dan lainnya,” ucapnya.

Sementara pandangan umum fraksi Gerakan Indonesia Raya, Fitri Nora menginginkan kepada eksekutif semoga Tahun Anggaran 2024 nanti tidak terjadi defisit seperti beberapa tahun belakangan ini. Kami berharap kepada tim TAPD untuk dapat melakukan pola penganggaran ini dengan prinsip kehati-hatian agar tidak terjadinya defisit kembali.

“Kepada Eksekutif kami meminta dan harus di prioritaskan semua Gaji Pokok maupun tunjangan bagi semua pegawai ASN, Non ASN, THL dll yang ada di Pemko Pariaman ini harus dianggarkan sebagai plafon prioritas. Jangan sampai terjadi kembali seperti pada tahun pengangaran Tahun 2023 ini”, terangnya.

Selanjutnya fraksi Partai Persatuan Pembangunan yang disampaikan Azman upaya apa yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengatasi terjadinya defisit pada RAPBD Tahun Anggaran 2024, apa kiat dan strategi yang mesti dilakukan.

“Kami juga menanyakan apa langkah yang telah dilakukan oleh Pemko Pariaman terkait bagaimana mengatasi kabut asap dan beradaptasi dengan perubahan iklim yang ekstrim ini,” ulasnya.

Fraksi Keadilan Demokrat yang disampaikan oleh M. Yasin terkait pembangunan Masjid Terapung dan Kapal Perang Teluk Bone 511, yang saat ini masih belum jelas. Apa rencana dan tindak lanjutnya untuk tahun ini.

“Selain itu, pada kondisi saat ini banyak ditemukan kondisi sarana dan prasarana  pendidikan dasar kita sangat menyedihkan.  Saat ini banyak ditemukan lokal, sarana ibadah dan MCK yang rusak. Kami berharap meninjau kembali 5 hari sekolah, karena memiliki dampak bagi masyarakat luas,” tuturnya.

Pada nota keuangan Wali Kota Pariaman yang disampaikan kemaren, dijelaskan bahwa perkiraan Pendapatan Daerah tahun 2024 sebesar Rp.656.349.961.228 dan perkiraan Belanja Daerah sebesar Rp.673.154.195.237 dan jika dibandingkan maka terjadi defisit sebesar Rp.16.804.234.009, dan defisit tersebut dapat  ditutupi dengan pembiayaan netto dari hasil penerimaan pembiayaan. (rika)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj. Wali Kota Pariaman
    29 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>